IdBlogNetwork

Selalu ada hal baru dalam Anti Aging Medicine


Salah satu hal yang menarik dalam mempelajari Anti Aging Medicine adalah kita selalu diinformasikan mengenai hal-hal terbaru. Baik itu penemuan terbaru, obat terbaru dan lain sebagainya.

Ciri khas dalam bidang ini, adalah para pelakunya (umumnya dokter) sering 'mencoba-coba' pengobatan terbaru yang memang masih berada dalam penelitian (on going study).
Dan serunya lagi, percobaan tersebut, sering kali untuk pertama kali dilakukan pada diri mereka sendiri.

Ini yang membedakan pengobatan konvensional dengan anti aging medicine. Memang jika ditanya, apakah ini lebih baik atau tidak, tidak ada yang bisa menjawab. Sebagai seorang dokter konvensional, adalah kemutlakan untuk selalu memberikan terapi yang telah terbukti dan masuk dalam daftar indikasi obat tersebut. Jika penelitian suatu obat masih berlangsung adalah sangat bijaksana untuk menunda pemberian obat tersebut kepada pasien. Belum terbukti secara signifikan!!

Tetapi hal yang berbeda, bisa kita temui pada dokter-dokter anti aging. Tanpa ragu-ragu mereka mencoba sesuatu hal yang kadangkala hanya berdasarkan penelitian kecil-kecilan. Salah satu contohnya adalah memanfaatkan obat untuk penyakit gula metformin, pada saat orang tersebut belum masuk kategori menderita penyakit gula. Gunanya konsumsi metformin tersebut adalah untuk mencegah seseorang (umumnya yang mempunyai riwayat keluarga ataupun mengalami obesitas) jatuh ke dalam status menderita diabetes melitus.

Yang lain adalah memanfaatkan Growth Hormone, mengobati "sindrom" penuaan (anti aging).
Mungkin terasa aneh, bahwa dokter-dokter anti aging yang berusia sekitar 40-an sudah mulai menggunakan Growth Hormone. Siapa yang tidak kepengin mengikuti rekan-rekan mereka yang sudah mulai menggunakan dahulu?


Stem Cell

Hal baru lainnya yang penulis temui sewaktu memoderatori Doktor Farmakologi (ahli obat-obatan) dari USA, dr Boenyamin Setiawan (seperti tampak dalam foto di atas) adalah diperkenalkan dengan binatang yang bernama newt. Sungguh luar biasa binatang ini. Berbeda dengan cecak yang hanya bisa menumbuhkan ekor jika putus atau bahkan dengan salamander yang hanya bisa menumbuhkan kakinya jika mengalami cedera, binatang kecil newts ini bisa menumbuhkan tungkai, mata bahkan tulang belakangnya.
Stem Cell yang sedang dipelajari dan dikembangkan saat ini, berusaha untuk mencapai ke arah sana.
Nantinya, jika salah satu organ kita rusak (misalnya liver, ginjal, dll.), maka dengan mudah, para dokter akan menggantinya dengan organ yang sama, milik kita sendiri, hasil pengembangan stem cell.

Tidak ada komentar: