IdBlogNetwork

Teras Buku Penyakit Degeneratif - Delta FM 94.4, Bandung

Kembali penulis bisa menyapa para penggemar buku Seri Kesehatan Keluarga terbitan Elexmedia Komputindo. Setelah menempuh sekitar 3 jam perjalanan santai dari Jakarta, sampailah penulis ke lingkungan Delta FM 94,4 Bandung. Penulis disambut dengan ramah oleh host acara Teras Buku, Gilang Pambudhi.
Acara Teras Buku yang merupakan kerjasama Delta FM Bandung dengan Elexmedia Bandung, berlangsung setiap hari Selasa mulai pukul 4 hingga pukul 5 sore.



Sambutan yang meriah
Haus akan informasi kesehatan, bisa terlihat dari banyaknya pertanyaan yang masuk. Begitu sesi pertanyaan via SMS dibuka, langsung diserbu oleh para pendengar. Banyak pertanyaan yang dilontarkan sehubungan dengan materi yang disajikan seperti tentang penyakit jantung, diabetes, kolesterol, alzheimer/pikun, dll.
Saking antusias pendengar, malah ada yang menanyakan, apakah penulis masih single atau tidak? Apa hubungannya coba?

Semakin banyak yang sudah menyadari pola hidup sehat

Prinsipnya sich menurut penulis, sudah banyak orang saat ini yang peduli terhadap kesehatan. Pola hidup sehat sudah banyak diketahui orang.
(kalau Anda belum mengetahuinya, bisa membaca buku "Penyakit Degeneratif" ini, yang bisa dicari di toko-toko buku terkemuka di kota Anda)
Situasi ini memang sudah cukup bagus. Sekarang tinggal bagaimana menyemangati diri kita sendiri untuk mengambil kebulatan tekad. Mulai hari ini juga, berlatih (secara bertahap tentu), minimal 30 menit sehari.

Perlu beberapa parameter dengan alat ukur
Tentu kita harus berlatih dengan baik dan benar, seperti yang bisa dibaca pada buku ini. Modal atau alat-alat untuk mempermudah latihan kita, bisa dicari di toko-toko alat olahraga, termasuk bagaimana mengevaluasi hasil latihan, seperti:
- alat untuk mengukur prosentase kadar lemak tubuh kita (dibandingkan otot)
- alat untuk mengukur denyut jantung kita saat berolahraga
- alat untuk mengukur jauhnya kita berjalan atau kalori yang kita bakar
- alat untuk mengukur usia biologik kita
- dll.
Dengan menggunakan alat-alat tersebut di atas, kita jadi lebih mudah berolahraga dan tahu berada pada jalur yang benar.
Pengalaman penulis dengan alat pengukur denyut jantung, olahraga kita menjadi tidak capek dan lama, karena dilakukan pada zone latihan.

Jangan sampai menimbulkan gejala
Bayangkan saja, masih menurut buku tersebut, banyak penyakit degeneratif yang sudah bisa 'diketahui' sejak awal-awal bahkan sejak tanda dan gejalanya belum muncul. Jadi pertanyaan seperti, "apa sich tanda dan gejala penyakit kencing manis itu?", merupakan suatu tanda kesadaran yang terlambat. Mestinya -dengan kemajuan teknologi kedokteran saat ini- beberapa penyakit degeneratif 'sudah bisa diramalkan' jauh-jauh hari sebelumnya.
Dengan demikian tindakan pencegahan sudah bisa dimulai dan diharapkan penyakit tersebut -kalau mungkin- tidak akan dialami hingga usia tua.

Kapan sebaiknya waktu, tenaga dan uang digunakan?
Jangan sampai seperti yang dihadapi oleh seorang artis terkenal yang menderita kanker paru derajat 4. Dalam satu wawancara di infotainment, artis tersebut berkata, sekarang ini dia harus menjaga makanan dan mulai menjalani pola hidup sehat. Menurut saya, sebaiknya kita melakukan hal tersebut pada saat kita sehat, BUKAN nanti pada saat kita sakit. Sama-sama perlu biaya, tetapi mana yang lebih menyenangkan?
Bagaimana pendapat Anda?

BTW, buku "Penyakit Degeneratif" itu ditulis dengan gaya novel lho, jadi mudah memahami termasuk mereka yang belum mengerti sama sekali mengenai kesehatan.
Salah satu artikel yang menarik Diabetes & Puasa.
Jangan sampai ketinggalan memilikinya.

Cara memilikinya dengan mudah, bisa menghubungi (langsung di antar ke rumah):
Direct Selling Elexmedia
Telp.: +62-21-5851473
Facs.: +62-21-5326219, 53699066
E-mail: elexklub@elexmedia.co.id atau desy@elexmedia.co.id

Buku Seri Kesehatan Keluarga terbitan Elexmedia Komputindo yang lain:
- Penyakit Ginjal dan Hipertensi
- Kanker, Antioksidan dan Terapi Komplementer

7 komentar:

Ronald T.Gultom mengatakan...

Buku Dr.Erik yang berjudul "Penyakit Degenerative" sudah saya beli dan sebagian besar saya sudah baca. Isinya memang sangat bermanfaat khususnya untuk mengenali sejak dini jenis-jenis penyakit degenerative, serta cara pencegahannya.

Khususnya sejak Ayah saya yang baru saja meninggal dunia karena gagal jantung, saya semakin menyadari betapa pentingnya mendeteksi penyakit-penyakit degenerative sejak awal. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati dan untuk dapat mencegah penyakit memang dibutuhkan pengetahuan yang comprehensive tentang penyakit apa saja yang perlu dicegah dan bagaimana cara pencegahannya.

Bravo P'Erik, keep writing. I am waiting for a new book.

Erik Tapan mengatakan...

Dear Bung Ronald,
Pertama-tama turut berduka cita atas kepergian Ayah Anda.

Sangat senang jika buku tersebut bisa membantu (ada manfaatnya bagi) Anda dan orang yang Anda sayangi.

Pepatah lama yang masih cukup baik: "Mencegah lebih baik (dan murah) dari pada mengobati".

Tentu murah pada jaman ini bukan berarti tidak ada biayanya sama sekali.

Tetapi tetap, kalau sakit ongkosnya jauh-jauh lebih mahal.

Selamat untuk Anda dan mereka yang sudah mulai menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan agar tidak jatuh sakit.

Salam sehat selalu,
Erik Tapan

Anang mengatakan...

Selamat atas peluncuran bukunya dokter, semoga bisa memberikan pencerahan bahwa pentingnya menjaga kesehatan terhadap munculnya bahaya penyakit Degeneratif, lebih-lebih dengan kondisi keadaan lingkungan kita dewasa ini.

Erik Tapan mengatakan...

Banyak terima kasih Anang.

thelewdangel.com mengatakan...

ayah saya dulu meningal karena serangan jantung padahal sepengetahuan saya, ayah saya tidak pernah punya penyakit jantung....
kira2 apa ya mas yang menyebabkan serangan jantung itu terjadi

Erik Tapan mengatakan...

Turut berduka cita atas meninggalnya Ayahanda.
Sedikit informasi dari saya, serangan jantung bisa merupakan akibat dari penyakit yang menahun, seperti hipertensi yang sering disebut silent killer.

Dari namanya saja "silent killer" atau pembunuh gelap, tentu kita tidak bisa mengetahui apakah seseorang sudah akan kena serangan jantung atau tidak. Satu-satunya cara agar tidak di-killer secara silent, adalah dengan rajin memeriksakan kesehatan kita semua.
Semoga pertanyaan dari Anda bisa menginspirasi kita semua untuk rajin medical check up.

islahudin mengatakan...

Ada berapa jenis penyakit yg dibahas di buku ini pak???