IdBlogNetwork

Presentasi Informatika Kedokteran di FK Universitas Diponegoro Semarang


Berawal dari diskusi dengan Huda Toriq, mahasiswa pejabat Biro Infokom Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kedokteran Umum UNDIP, akhirnya berkesempatan juga penulis mengunjungi, berdiskusi dan sharing pengalaman mengenai Informatika Kedokteran dengan pihak FK UNDIP. Acara ini dilaksanakan disela-sela kunjungan penulis ke kota Semarang, guna meliput Muktamar PB IDI yang ke-26, pada Hari Sabtu, 2 Desember 2006, bertempat di Gedung Dekanat FK UNDIP.

Sebagai tuan rumah adalah Dr. Muhammad A. Sungkar SpPD SpJP, Kepala Center for Information and Technology (CIT) FK UNDIP, sebuah unit khusus yg bertanggungjawab langsung kepada Dekan dalam masalah pengembangan IT.


Banyak hal yang dibicarakan, yang diawali dengan presentasi mengenai Pengenalan Informatika Kedokteran di dunia dan Indonesia. Khususnya oleh-oleh yang penulis peroleh dari Taipei Taiwan, tempat diselenggarakannya Konferensi Asia Pacific Association fo Medical Informatics (APAMI).

Sungguh suatu kehormatan bagi penulis, berkenan hadir -ditengah-tengah kesibukannya-, Dekan FK UNDIP, Dr Soejoto, SpKK

Banyak terima kasih kepada segala pihak yang telah berkenan menerima penulis. Maju terus Informatika Kedokteran Indonesia.
Di bawah ini, foto penulis (+ Huda Toriq) depan Gedung Dekanat FK UNDIP


6 komentar:

stella martini mengatakan...

Iya dong, dokter-dokter jaman sekarang kudunya akrab sama kemajuan teknologi juga, termasuk internet. Banyak banget loh manfaatnya. Sekali lagi, salut buat usaha dr. Erik Tapan yang ga kenal capek.

cakmoki mengatakan...

Yth, dr. Erik Tapan,
Wah, salut dok berkenan keliling demi informatika kedokteran. Kapan nih ada agenda ke Samarinda ?
Maju terus, semoga sukses ...
cakmoki
:)

huda mengatakan...

Wah, saya dulu sudah posting comment ternyata belum masuk ya?
Terimakasih, Pak atas kesempatan yang diluangka kemarin. Bagaimana, Pak, sudah ada follow upnya dengan Pak Sungkar?

Asta Qauliyah mengatakan...

Salam kenal....

Anonim mengatakan...

A salute for your concern. Keep on track!
Salam kenal dok saya dapat link-nya dari Dani

Ady

Adeline mengatakan...

Kalau tertarik dengan informatika, etc... check this out http://www.kgu.de/alm/oncosurge/index.htm, trus klik "Decision Model".

Intinya, metastasis ke liver dari colon ca, kan satu2nya treatment adalah liver resection, padahal ini berbahaya sekali dan cuma sekitar 10% pasein yg resectable. Nah, kalo klik decision model, one can put in the patient's data, dan setelah itu akan diproses dan bisa dikasih expert comments, apakah resectable ato ga. Keren kan?