IdBlogNetwork

Launch situs Sahabat Ginjal, Plaza Indonesia Jakarta, 17 Januari 2007

Adalah sangat manusiawi, seseorang yang telah didiagnosa suatu penyakit akan mencari segala macam cara untuk terbebas dari penderitaannya itu. Apalagi jika penyakit tersebut oleh dokter dikatakan, tidak bisa disembuhkan lagi!! Contohnya penyakit ginjal kronik.Pelbagai cara pasti ditempuh pasien PGK agar bisa 'terlepas' dari penderitaannya. Sayangnya para penderita mudah sekali terjerumus kepada hal-hal yang menurut penulis, justru lebih memperparah penyakitnya tersebut. Tadinya proses dialisa (umum disebut dialisa, meskipun istilah ini sangat ditentang para dokter) masih akan lama dilakukan, namun dengan mengikuti cara-cara yang tidak benar tersebut, menjadi lebih cepat terjun ke proses dialisa.


Kisah inipun belum berakhir, meskipun sudah waktunya, pasien akan berjuang lebih keras lagi untuk tidak melakukan dialisa ini. Ini disebabkan ada pendapat -yang salah- bahwa sekali di-dialisa akan didialisa terus. Padahal proses dialisa yang dilakukan pada waktunya akan mengurangi komplikasi yang bisa terjadi, hingga menyelamatkan jiwa penderita.


Hal-hal semacam di ataslah yang menjadi dasar dari di-launch-nya website sahabatginjal.com. Acara yang berlangsung di Plaza Indonesia, dihadiri pelbagai wartawan media cetak maupun elektronik.



Tampak dalam foto: Bpk Herman Widjaja, Direktur Marketing PT Kalbe Farma Tbk bersama dengan DR Dr Tunggul D. Situmorang SpPD, KGH, Dipl/M.Med.Sci (Nephrology), dari RS PGI Cikini yang menjelaskan mengenai Fungsi Ginjal dan Terapi Pengganti Ginjal. Menurut Direktur Ketua RS PGI Cikini tersebut, saat ini selain hemodialisa dan transplantasi, Peritoneal Dialisa (CAPD) harus diperhitungkan bagi penderita PGK tahap akhir.

Acara tersebut terselenggara berkat kerjasama:
- PT Kalbe Farma Tbk
- Journal Cermin Dunia Kedokteran


Buku yang membahas mengenai Ginjal.





Foto bersama Panitia Penyelenggara + Nara Sumber

Tidak ada komentar: