IdBlogNetwork

Menunggu Dialisis Gratis


Hari ini, penulis diundang menghadiri acara Indonesian Peritoneal Dialisys College 2007. Acara yang berlangsung selama 2 hari tersebut dihadiri sekitar 450-an dokter-dokter yang berkecimpung dalam bidang ginjal dari seluruh Indonesia. Ada dokter spesialis penyakit dalam, dokter bedah dan dokter-dokter umum yang bekerja dan meminati bidang nefrologi (ilmu yang mempelajari ginjal).

Tampak hadir dalam acara yang bergengsi ini, Ketua Umum PERNEFRI (Perhimpunan Nefrologist Indonesia), dr Suhardjono, pakar CAPD, dr Tunggul D Situmorang dan pembicara tamu, dr Zaki Morad bin Mohamad, Elected President Asia Pacific Nephrologist Association dari Malaysia.

Hal yang menarik yang bisa ditiru Indonesia, di banyak negara Asia/Australia, ternyata biaya dialisa (baik hemo maupun peritoneal), ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah, sebut saja Malaysia, Hongkong, dll.
Kapan yha di Indonesia?
Nggak usah muluk-muluk deh, pembebasan (keringanan) pajak alat-alat dialisis saja, sudah lumayan meringankan penderita para penyandang Penyakit Ginjal Terminal.

Kelompok Pasien Penderita
Hal menarik lainnya, adalah pertanyaan dari salah seorang dokter (dari Bali) atas sharing pengalaman dari dr Zaki, bahwa di Malaysia ada kelompok pasien/penderita yang 3 bulan sekali mengadakan pertemuan dan tamasya bersama.
Tampaknya banyak yang belum mengenal IKCC yha?
IKCC adalah organisasi nir laba dari para penderita ginjal dan mereka yang peduli, yang aktif mengadakan pertemuan sebulan sekali dan mengadakan tamasya (outing), setahun sekali.

Untunglah ada dr Tunggul yang langsung mempromosikan organisasi IKCC ini.
Bravo....

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya pria usia 36th,sehat jasmani dan rohani,senang berolah raga.Bersedia mendonorkan ginjal dengan ikhlas,saya tidak menentukan biaya asal pantas dan sesuai.secepatnya...Resus Golongan darah 0 positive.
Website:
Name: sukandar
Telp: 087852255050
Email: sukandar_xt@yahoo.co.id