IdBlogNetwork

Pemanfaatan IT pada PIT IKA IDAI 2007


Penulis berkesempatan menghadiri PIT IKA III IDAI 2007, yang acara ilmiahnya mulai dilaksanakan, Senin 7 Mei 2007. Secara umum, acara yang diadakan di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini berlangsung sangat sukses. Peserta yang hadir diluar perkiraan panitia. Menurut panitia, jumlah peserta sampai tgl 6 Mei sore tercatat 2.399 orang, terdiri dari 1.703 dokter spesialis anak/spesialis lain, 343 peserta PPDS, 248 dokter umum dan dokter gigi, serta 62 mahasiswa S1 kedokteran - bidan - perawat.

Kalau ada pembaca yang bertanya-tanya, koq angka-angka yang diberikan begitu detail? Ini disebabkan pihak panitia telah menerapkan -menurut penulis- software pendaftaran yang cukup canggih. Tidak hanya di bagian pendaftaran saja, dalam acara ilmiah sehari-hari pun diterapkan hal itu. Setiap peserta yang ingin memasuki ruang sidang ilmiah, diharuskan meng-scan bar code yang ada pada tag name peserta. Jadi semacam sistem absen elektronik.


Cara ini tentu 'mengharuskan' peserta rajin-rajin meng-scan tag namenya (baca: hadir), sebab kalau tidak menurut rumor yang beredar jika angka absen kurang dari 80%, maka sertifikat tidak akan diberikan. Sertifikat ini penting bagi para dokter untuk memperoleh ijin praktek yang harus diperbaharui setiap 5 tahun.


Perlu diketahui banyak acara yang berlangsung secara paralel, sehingga peserta sebaiknya menentukan terlebih dahulu topik-topik yang sesuai dengan minatnya agar bisa tahu ruangan mana yang harus dimasukinya.
Bayangkan ribetnya kalau hal ini mengandalkan absensi manual.
Selamat untuk panitia dan dunia kedokteran.

Diramaikan oleh peserta pameran
Salah satu acara yang cukup menyegarkan saat menghadiri sidang adalah mengunjungi stand-stand pameran. Stand pameran kali ini selain dari perusahaan farmasi juga diramaikan dengan produsen susu. Maklum peserta sebagian adalah dokter anak.

Begitu mendarat di Bandara, Sari Husada sudah menyambut kita. Banner dan spanduk mereka ada di mana-mana. Maklum menurut cerita, emang Yogya adalah daerahnya produsen susu tersebut.

Cerita lain yang berkesan sewaktu menghadiri acara yang disponsori oleh Kalbe Nutritional. Semua peserta diberi tas kerja (semacam tas notebook) yang cantik.

Tak lupa, penulis menyambangi stand MSD, untuk menanyakan lebih lanjut mengenai GARDASIL yang spektakuler itu.

Di bawah ini, foto penulis bersama salah satu peserta pameran.

7 komentar:

dani iswara mengatakan...

kira2 tersedia ngga ya pak akses (online) ilmu acara2 serupa utk yg gak sempat ikut..

tentang 'PIT anak' di google cuman nemu situsnya IDAI di halaman awal2..

apakah selama ini memang tidak ada semacam rangkuman hasil pertemuan ilmiah sejenis ya pak..

cara lain (offline) yg gampang sih: pinjem arsip sodara/temen :D
[scr bukan utk dapetin kredit akreditasi IDI] :D

Erik Tapan mengatakan...

Dear Dani,
Anda di Yogya khan?
Waktu itu saya melihat ada satu vendor yang 'merekam' semua acara dan menjual-nya dalam bentuk CD-ROM maupun DVD-ROM.

Coba kontak panitia di FK UGM.

Semoga membantu dan terima kasih telah mampir ke blog saya.

Saya melihat blog Anda cukup aktif dan ramai, meskipun pindah lagi.

Salam Blogger

Astri mengatakan...

kayaknya memang masih belum terlintas di pikiran para pembesar untuk membuat kegiatan yang online.
Symposia CD baik untuk PIT 3 maupun Konika XIII tahun 2005 di Bandung dijual oleh panitia setelah acara PIT berakhir.
Website acara PIT www.pitika3idai.com
O,ya, saya juga buat blog baru yang isinya jadwal acara kedokteran. Monggo mampir, barangkali ada yang sesuai dengan jadwal.
http://acarakedokteran.blogspot.com

Fromjakarta with Love mengatakan...

Dear Pak Dokter..?

Usul teknologi dikit boleh donk ? jangan kebanyakan ndengerin salesman teknologi deh..bingung..bingung ntar, mana yang mau diterapkan, Udah Paling bener BLOGnya Pak Dokter ini dikomplitin infonya...misal : Dokter Bedah Kulit...Prof.XXX...RS. EDANWIS...Kualifikasi M=Mahal (biar pasiennya cepet sembuh dok !) Yang mau Promosi obat boleh dibuat bisnis tempelan di BLOG tapi suruh mbayar...emangnya yang input data gratis...bisa bangkrut yang punya BLOG...sekalian buat ngembangin sistem HOTSPOT buat info komunikasi antar KLINIK dan Telpon Genggam Para Pasien (Pasien udah mau mati...suruh antre 5 jam, cuma nungguin komunikasi doang..gak efisienlah, di Baoding Cina 40 Km dari Beijing ada RS Tua tapi dokternya Profesor semua, Th 1996 saya kesana utk kerjasama bisnis, ngeliat RS-nya aja udah ogah banget, Kemaren th 2005 saya mampir lagi ternyata kedatangan saya sudah ditunggu pada antrean no 1000 dengan jam kedatangan 10 lebih 5 menit...saya brangkat 15 menit sebelumnya, dan langsung bisa ketemu...tidak menyebalkan ? kenapa ? karena infonya masuk ke HP saya melalu sistem WAN (Wide Area Network)...nggak antre kaya dokter sini...yang depan dipanggil, yang blakang mati pasiennya..wis kesel Pak..! abis golep kalah, mending ngeblog dulu deh !


Salam

From Jakarta With Love.

abdul soleh mengatakan...

tolong pak dibuat juga tentang penyakit stroke(mati sebelah),maksud kami :cara merawat orang yang stroke supaya bisa kembali normal

penggalih mengatakan...

kenapa g coba pake finger print aj??? BarCode...lumayan...cool..dok..skalian aja e-register pke Debit Card via e-banking..mumetz!@#$%^&*()

dokterearekcilik mengatakan...

Salam kenal........ saya dateng di PIT Jogja...tapi belum kenal pak erik :) lama gak posting ??? sibuk yaaa