IdBlogNetwork

Dapur UniQ - unique & hygienic cuisine gallery - Kota Jababeka - Cikarang


Atas undangan Janti SW, berkunjunglah penulis ke Dapur UniQ di Jababeka Cikarang. Penulis telah lama mengenal pemiliknya, melalui dunia maya. Sejak awal berdirinya MLDI (Mailing List Dokter Indonesia), sekitar tahun 1996, Janti sebagai member MLDI cukup aktif memposting e-mail di MLDI yang membernya memang selain para dokter, juga banyak yang non dokter. Meskipun bukan dokter, tetapi sebagai pemerhati kesehatan, pengetahuannya tentang nutrisi, kesehatan maupun herbal boleh diadu.

Hobbynya mengkomposisikan bahan2 makanan/minuman menjadi menu-menu unik dan sehat yang bermanfaat bagi tubuh dan bukan hanya 'asal kenyang'. Selama ini, resep-resep canggih Janti hanya bisa dirasakan oleh para keluarga, saudara dan kenalannya yang sempat mampir ke rumahnya di Jakarta Timur.
Baru sekarang ini, karena desakan pelbagai pihak (sahabat serta anaknya, Didit dan suami, Tirta yang berkemeja abu-abu) resep-resep tersebut bisa dicicipi masyarakat luas melalui Dapur UniQ resto cafe gallery.
Resep-resepnya dikomposisikan sedemikian rupa untuk mendapatkan nilai tambah agar tetap awet sehat dan awet muda.

Inilah beberapa menu unik & sehat kreasi Janti:

  1. Bamboo Chicken Rice: nasi ayam yang dikukus dalam buluh bambu dan disajikan untuk dinikmati langsung dalam bambu tsb. Terinspirasikan dari serial Jewel in the Palace (Jang Geum, yang piawai dibidang kuliner juga dibidang kesehatan).
  2. Pasta Oncomia: pasta angel hair dengan taoge, tahu dan saus oncom. Idenya timbul dari taoge goreng Bogor. Nama saus oncom dalam menu ini (ONCOMIA) adalah 'hadiah' dari Dr. Kartono Mohamad (salah satu nara sumber MLDI) yang sangat menyukai rasa pasta unik dan sehat tsb.
  3. Herbs Rice; Garlic Rice dan Hot Chili Rice: nasi berbumbu yang 'tampil beda' dengan dilengkapi sayuran & sepasang 'sate lilit khusus' pada batang sereh.
  4. Snacks istimewa: Brownies anti-aging yang dibuat tanpa telur, tanpa gula dan dikomposisikan dari bahan utama almond serta buah2an dan coklat Belgia.
  5. Ada lagi Tape panggang Keju 3 Negri yang juga tanpa telur, tanpa gula dan kejunya benar-benar dari 3 negara.
  6. Macam2 KombuCha : ini teh hasil fermentasi yang sudah ber-abad2 lalu dikenal sebagai minuman kesehatan di Jepang & Tiongkok dan menyebar sampai ke Rusia, Jerman serta negara2 lainnya. Rasanya memang bukan seperti teh biasa bahkan manfaatnya sangat luar biasa; ada yang refreshing, yang relaxing, yang revitalizing, bahkan yang enhancing the libido dan yang paling disukai ibu-ibu adalah yang reversing the clock alias anti-aging.
  7. Minuman antioksidan seperti Aloe Vera cocktail dan juga Coconut Ginger yang dikombinasikan dari unsur YIN & YANG.

Kembali ke Dapur UniQ; jika anda membaca di spanduk yang tertulis seperti ini : Resto, Cafe, Gallery; memang benar. Dalam Dapur UniQ, selain anda bisa menyantap berbagai makanan & minuman unik dan sehat maupun yang anti-aging ( kreasi sendiri yang tidak akan anda temukan di tempat lain).


Andapun bisa menikmati lukisan2 & patung2 karya seni para seniman Indonesia yang cukup beken.

Tapi bagi anda yang tidak tahan untuk tidak merokok, kalau ingin mampir ke Dapur UniQ harus rela menunda kenikmatan merokok anda sampai keluar dari resto karena cafe anti-aging ini TIDAK MEMPERBOLEHKAN samasekali adanya asap rokok.

Dalam blog ini ditampilkan foto-foto berkesan saya (bersama sahabat saya Yon yang ber-kemeja putih), saat mengunjungi Dapur UniQ yang benar-benar unik.

Jika Anda ingin merasakan suasana yang benar-benar anti aging, segeralah berkunjung ke Dapur UniQ. Temukan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Alamat:
Dapur UniQ
RestoCafeGaleri
Ruko Roxy Jababeka
Jl. Kasuari Raya blok C-5
Telp.: 021-893.5.893

12 komentar:

Ronald T.Gultom mengatakan...

Wah....sangat inovatif, Dapur UniQ telah memberikan pilihan utk orang-orang yg kepingin awet muda dgn mengkonsumsi makanan/minuman unik.

Mestinya sekalian posting daftar harganya pak.... btw itu cafe utk golongan menengah ke atas atau menengah ke bawah yah? soalnya jangan sampai menunya bikin awet muda tapi harganya malah bikin orang cepet tua ....hehehe.

fromjakarta with love mengatakan...

wah, pengen ngrasain juga sehat dengan makanan..coba kalau P.eric ajak-ajak mungkin lebih nikmat rame2 makannya.

Kapan-kapan saya undang ke dapur saya dengan sajian berbagai rasa dengan kandungan poison diet yang tinggi buat ibu2 pencinta langsing...heee,,,menu hidangan PLAYBOY (gambar kelinci makannya cuma daun2an sama wortel padahal abis makan malah ngemil terus...kapan kurusnya...) abis gitu pada rame2 suntik kurus ke dokter...laris lagi dokternya kaan ?

salam

Vina Revi mengatakan...

seandainya Dapur Uniq buka cabang di Bandung ...

imcw mengatakan...

laparrrr

Erik Tapan mengatakan...

# Ronald T Gultom,
Halo apakabar?
Seperti kata pepatah, no pain no gain, begitu pula pola hidup sehat.
Jika hal ini dilakukan saat kita berada di alam yang masih bersih (kebetulan kemarin, penulis baru mengunjungi air terjun), tentulah relatif tidak semahal jika kita berada di kota-kota besar yang penuh polusi.

Mengakses Cafe Anti Aging di luar kota, pada prinsipnya menurut saya lebih murah biayanya dibandingkan cafe itu ada di tengah kota Jakarta.

Bukan begitu Bu Janti?

Salam,
Erik Tapan

Erik Tapan mengatakan...

# fromJakartawithLove
Kunjungan saya kemarin ke Puncak, sempat mencicipi sate kelinci juga lho. Sayang satenya sangat alot.
Ini kelinci benaran lho, bukan 'kelinci-kelincian'.

Thank you sudah posting di blog saya.

salam,
Erik Tapan

Erik Tapan mengatakan...

# Vina
Oooohhh....Vina di Bandung toch.
Wah mesti nanya sama yang empunya Dapur Uniq itu.
Tapi bukankah Cikarang itu pertengahan antara Jakarta dan Bandung?

BTW, wajah Vina (seandainya benar seperti yang difoto), mengingatkan saya ke siapa yha.

Thank you juga sudah mampir dan berani meninggalkan posting di blog ini. Secara banyak yang datang dan baca, tanpa meninggalkan jejak gitu lho.

Erik Tapan

Erik Tapan mengatakan...

#IMCW
Untuk ts dr Made dari Bali. Bukankah kalau di Bali banyak makanan-makanan yang anti aging?
BTW, saya September kemungkinan akan hadir pada acara Anti Aging.
Sampai ketemu yha.

Salam,
Erik Tapan

Bimo Septyo Prabowo mengatakan...

menggugah selera

Anang Pangestu mengatakan...

menunya bukan sll vegetarian ya...

sibermedik mengatakan...

Gmn klo ruang istirahat&praktek dokter ada fasilitas Netmeeting???
ntar kan klo mo konsul pasien tgl call aja kan???

Btw,Dok..salam kenal..
kalau lg blogwalking jangan lupa kunjungi blog saya ya:
www.sibermedik.wordpress.com
www.medikamentosa.blogspot.com

ata mengatakan...

hmm jadi pengen nyoba :D