IdBlogNetwork

Info tentang Terapi Pengganti Ginjal

Dear Pembaca yang tercinta
Mungkin ada di antara kita (atau mungkin keluarga kita), bermasalah dengan ginjalnya. Sampai-sampai diminta oleh dokter untuk menjalani terapi cuci darah (hemodialisis). Perasaan pertama tentu bingung dan kalau bisa jangan sampai dech. Di hadapan kita (atau keluarga kita), tentu terbayang kegiatan yang rutin, 2 kali setiap minggu harus ke rumah sakit.

Meskipun nanti setelah menjalani hemodialisis, perasaan ini akan berkurang jauh, namun saat ini bisa dikatakan bahwa hemodialisis atau cuci darah BUKANLAH satu-satunya cara menanggulangi Gagal Ginjal Terminal. Masih ada pelbagai cara.

Cara-cara apakah itu?
Selengkapnya, termasuk biaya-biaya yang umum dikeluarkan, bisa baca di Majalah Intisari bulan Juni 2007. Selain tulisan tentang Renal Replacement Therapy atau Terapi Pengganti Ginjal, dimana Cuci Darah / Hemodialisis hanya merupakan salah satu cara, dalam majalah tersebut juga ada kesaksian dari mereka yang telah menjalaninya.

Jangan sampai ketinggalan dan kehabisan, silakan baca majalah Intisari bulan Juni 2007.
Tujuan penulisan Terapi Pengganti Ginjal (TPG) di majalah Intisari adalah agar pembaca bisa mengenal jenis-jenis TPG yang lain, sehingga bisa menentukan jenis yang paling baik dan cocok dari sisi pasien.

6 komentar:

huda mengatakan...

Nulis di intisari juga ya dok?

Erik Tapan mengatakan...

Ya dikit-dikit-lah Huda.
Gimana kabar Anda?
Salam untuk Anda di Semarang yha.

Erik Tapan

Fromjakarta with Love mengatakan...

Hallo Pak Dokter, aku bagian kontroversi ajalah...ndukung dikit tapi nggak dukungnya juga dikit, sisanya dukungan buat yang laen yang butuh dukungan saya juga.... Rupanya Pak Dokter itu penulis juga toh ...? hebaatt tenan. tapi kenapa mesti nulis di INTISARI lagi, kan ada BLOG ini..? saya beli intisari aja udah ogah Pak...gak kliatan posturnya, kalau dulu majalah paling kecil, lha kalau sekarang yang lebih kecil2 ikutan nimbrung di pinggiran..yak opo rek ?!
Mending tulisannya di POSTING SENDIRI lalu kemudian di Intisari Juga, lalu kemudian lagi majalah intisarinya yang ikut promosi di BLOG ini....jangan kebalik yang promosi Pak Dokter...njelei tenan kok ! Promosi=Donation gitu boss !

hanyaaa....saraann ! kok

Salam hormat dan saya coba cari intisarinya...saya ketarik tanpa cuci darah, biar kalau ada temen sakit bisa ngobatin gratis.

Erik Tapan mengatakan...

Thank atas masukkannya Pak.
Salam sehat.

Merry mengatakan...

Saya baru baca blog ini. Saya butuh banget info tentang alternatif lain selain cuci darah. Tapi udah nyari2 tapi nggak dapet lagi intisari bulan Juni.
Mo nanya nih Pak Dokter, apa penderita ginjal yg kadar kreatininnya 14 mg/100ml sudah harus cuci darah ?
Saya butuh banget infonya, tolongin ya Pak, please........

Anonim mengatakan...

Pak dokter, ayah saya penderita gagal ginjal sudah 5 bulan ini dan cuci darah seminggu 2x - sebelumnya juga penderita diabetes & suntik insulin sehari 2x sudah berjalan 10 th. Saya butuh informasi mengenai problem yg ada pada ayah saya, setiap habis cuci darah selalu cegugan & menggigil bisa sampai 2 hari & susah makan & mual2x terus, bgmn mengatasi cegugan^& yg lainnya itu dok? Tolong dok infonya thx...