IdBlogNetwork

Siaran Anti Aging di Sonora FM



Gara-gara menulis tentang Anti Aging di Menu Sehat, penulis dipanggil untuk 'mempertanggungjawabkan' tulisan tersebut. Bersama dengan Redaktur Pelaksana, Ibu Lily Wibisono, kami diwanwancarai oleh pihak Sonora, Mas Eddy.

Intinya, ilmu Anti Aging masih perlu terus disosialisasi. Kebanyakan dari kita ingin untuk awet muda terus dan tidak sakit-sakitan di masa tua, namun banyak yang belum tahu, caranya bagaimana. Banyak yang termakan mitos-mitos yang kurang bisa dipertanggungjawabkan. Untuk itulah buku Anti Aging terbitan Intisari mencoba memberikan penjelasan mengenai Anti Aging secara menyeluruh. Dalam buku yang dilepas di pasaran seharga Rp. 27.000, berisi lengkap topik-topik anti aging disertai bonus 30 resep masakan anti aging.

Di bawah ini, sesuai janji saya, saya sertakan beberapa tanya jawab (terutama yang belum terjawab) yang dikirim via SMS saat acara berlangsung:


Pertanyaan no. 17:
Ali usia 43th, di Tomang Jakbar, bertanya: Pinggang saya sering sakit karena lama mengendarai mobil setiap hari. Buah apa yang baik untuk pinggang saya, terima kasih.

Jawab:
Pak Ali, untuk 'memperbaiki' sakit di pinggang, kita mesti mengetahui akar permasalahannya. Jika hal itu disebabkan karena ketegangan / kecapaian otot semata, disarankan Pak Ali untuk melakukan strecthing terlebih dahulu sebelum berkendara. Selain itu bisa juga menggunakan bantal penyangga agar posisi tubuh saat duduk lebih ergonomis (sesuai dengan postur yang normal).
Cara lain yang bisa ditambahkan, tambahkan porsi latihan penguatan pinggang saat berolahraga. Semoga dengan demikian keluhan pinggang bisa segera hilang. Jika dengan hal ini belum juga teratasi, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lanjutan.

Pertanyaan no. 20:
Janti usia 66 tahun di Tomang Jakbar bertanya: Setiap hari sehabis sarapan minum 1 obat pencahar + enzim pencernaan, apakah hal ini baik untuk kesehatan? Selain itu juga saya mngkonsumsi pelbagai vitamin dan glucosamin, bagaimana pendapat dokter? Terima kasih.

Jawab:
Ibu Janti, secara tak sadar, Anda sudah termasuk dalam kelompok praktisi Anti Aging. Namun, seperti yang pernah saya sampaikan, Anti Aging sebaiknya dilaksanakan secara baik dan benar. Contohnya, kenapa Anda mesti minum obat pencahar secara rutin? Apakah hanya sebagai pencegahan saja atau pengobatan karena masalah BAB Anda?
Jika Anda mempunyai masalah BAB, coba Anda lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak serat seperti pepaya dan teman-temannya dan juga minum sereal. Beberapa resep kreatifitas dari bahan yang saya sarankan bisa dibaca di buku Anti Aging terbitan Intisari. Selain itu, Anda juga harus membiasakan diri untuk terus aktif (berjalan) atau olahraga ringan lainnya.
Vitamin dan Glukosamin, sepanjang hal itu memang sudah diketahui kurang, tak masalah untuk dikonsumsi.

Pertanyaan no. 26:
Bpk Iqbal, 60 tahun di Bekasi menanyakan: Saya sehat lahir bathin. Ketika di Jepang dengan suatu perangkat yang ditempelkan ke jari-jari tangan. Dokter Jepang tersebut mengatakan bahwa usia biologis saya seperti 40 tahun. Saya ragu Dok, apa saya bisa ditest lagi di sini. Trims.

Jawab:
Memang saat ini banyak sekali ditawarkan alat-alat pengukur usia biologik. Sampai saat ini saya belum lihat di Indonesia, alat ukur yang cukup komprehensif dan akurat. Kalau Bapak bisa memberikan ke saya model seperti apa yang dilakukan di Jepang, tentu saya bisa mencarinya.

Pertanyaan no. 28:
Elvana, 23 tahun di Caringin bertanya: Apa yang harus saya konsumsi untuk mencegah penuaan? Biasanya orang gemuk suka dianggap lebih tua. Bagaimana pola dietnya? Trims.

Jawab:
Info makanan yang bisa mencegah penuaan dini, silakan membaca buku Anti Aging terbitan Intisari. Dalam buku tersebut, banyak ditampilkan informasi dan menu masakan yang anti aging. Soal kegemukan, dari sisi keindahan itu relatif. Ada yang mengatakan gemuk itu indah dan sedap dipandang, ada juga yang tidak. Namun dari sisi kesehatan, kegemukan itu dipandang sebagai suatu penyakit. Jadi cepat-cepatlah para orang gemuk untuk berusaha menjadi kurus sebelum timbul pelbagai macam penyakit.

Pertanyaan no 29:
Linawati, 29 tahun di Tangerang, bertanya: Diet yang sehat dan baik itu bagaimana? Apakah suplemen makanan itu baik untuk kesehatan tubuh?

Jawab:
Untuk diet yang sehat dan baik, bisa baca buku Menu Sehat edisi Anti Aging terbitan Intisari. Suplemen itu baik jika memang tubuh kita kekurangan. Segeralah cek di laboratorium terdekat apakah Anda memerlukan suplemen atau tidak.

Pertanyaan no. 41:
Lany, 54 tahun di Bekasi bertanya: Tangan kerut-kerut banyak, bagaimana solusinya?

Jawab:
Kekerutan disebabkan ada sesuatu yang kurang dengan kulit Anda. Apakah kurang lembab, zat kolagennya rusak, dll. Segeralah berkonsultasi dengan dokter estetik atau dokter kulit untuk menemukan solusi masalah ini.

Pertanyaan no. 46:
Teddy, 51 tahun di Sunter, menanyakan: saya sering bermasalah dengan pinggang & minum food suplemen. Apa makanan alamiah pengganti yang cocok menurut dokter?

Jawab:
Masalah pinggang, banyak penyebabnya. Dari yang sederhana hingga yang serius. Alangkah baiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan penyebab dan penyelesaiannya. Untuk makanan pengganti alamiah, bisa dibaca di buku Anti Aging terbitan Intisari.
Jika dari hasil tes laboratorium konsumsi makanan tersebut masih kurang, tidak ada salahnya menambah dengan food suplemen.

Pertanyaan no. 49:
Wina, 57 tahun di Kedoya, bertanya: Saya mau tanya, Buku Menu Sehat Anti Aging ini no berapa dan harga berapa?

Jawab:
Terima kasih atas pertanyaannya. Buku Menu Sehat edisi Anti Aging aalah edisi 7/III/07, terbit bulan Juni dengan harga Rp. 27.000. Bisa diperoleh di toko-toko buku Gramedia dll.

Tidak ada komentar: