IdBlogNetwork

Seminar Internasional dengan video conference, Sabtu 3 November 2007

Pernah menghadiri seminar internasional menggunakan video conference? Wuih canggih. Salut untuk penyelenggara Pusat Studi Informatika Kedokteran dengan Perhimpunan Informatika Kedokteran Indonesia (PIKIN). Acara Pertemuan Ilmiah ke-7 dari Pusat Studi Informatika Kedokteran Universitas Gunadarma ini mengangkat tema "The Role of Medical Informatics in Healthcare dan Current Medical Technology".

Dengan dihadiri oleh sekitar 300 peserta, seminar yang menghadirkan pakar-pakar informatika kedokteran internasional berjalan sukses. Dua pembicara dari luar negeri yang memberi presentasi adalah
- Prof KC Lun dari Singapura
- Prof M Paindavoine dari Perancis
Diikuti oleh pembicara tuan rumah: DR NS Salahuddin.

Prof KC Lun membawakan topik mengenai Perkembangan Informatika Kedokteran di Asia (Health Informatics in the Asia Pacific) dan Containing acute disease outbreak.

Acara tanya jawab
Dari sisi partisipasi, acungan jempol pantas diberikan kepada Universitas Brawijaya Malang yang 'berani' melontarkan pertanyaan terlebih dahulu. Padahal jumlah peserta dari Unibraw hanya sekitar 10 orang. Koq dikit amat peminat Informatika Kedokteran di Malang yha?

Dari info yang diperoleh penulis, sebenarnya acara ini bisa disaksikan oleh seluruh universitas negeri di Indonesia menggunakan fasilitas INHERENT yang sudah ada di banyak universitas terutama Universitas Negeri. Sayang kehadiran 2 pakar internasional Informatika Kedokteran kurang dimanfaatkan oleh peminat Informatika Kedokteran di daerah-daerah non Jabodetabek.

Bantuan pemotret profesional untuk membidik layar tv plasma
Penulis seperti biasa, memantau terus simposium ini untuk diinformasikan di blog ini. Beruntung sewaktu penulis ingin memotret tv plasma yang menayangkan video conference, duduk di samping penulis sejawat dokter Wilya dari FKG Moestopo. Awal-awal hasil foto sangat jelek, namun tak kenal lelah, Wilya menuntun penulis 'menggunakan' kamera NOKIA yang canggih. Jadi foto-foto dalam blog ini semuanya hasil jepretan menggunakan kamera handphone Nokia.
Minimal dengan hasil maksimal......


Acara unik dan internasional ini mendapat dukungan penuh dari Departeman Kesehatan dan Departemen Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Acara berakhir dengan pembagian door prices dari PT Kalbe Farma Tbk.

Foto mereka yang menerima door prices

8 komentar:

Ijang mengatakan...

Semoga bisa bener bener berguna di daerah. Konsultasi dari daeerah biar lebih lancar. Btw semoga peningkatan teknologi seperti ini tidak mengorbankan dana obat askeskin yang udah terlambat hampir setahun. Kuatirnya pemerintah pengen mencapai teknologi canggih tapi masalah yg mendesak spt pengadaan obat di daerah diabaikan :) semoga aja tidak salah :(

titin mengatakan...

sayang masih mahal utk angkat tekhnologi ini agar lebih memasyarakat

Yusuf Alam Romadhon mengatakan...

luar biasa dok..
terus terang saya iri dengan pengalaman Anda...
kapan ya bisa..

Erik Tapan mengatakan...

# Ijang
Justru saat ini konsentrasi pemerintah lebih ke arah kuratif (mudah-mudahan kesimpulan saya).
Pembangunan pusat-pusat pengobatan boleh-boleh dan sah-sah saja, namun alangkah baiknya juga kita perlu menekankan pembangunan bidang preventif, misalnya: edukasi (melalui pelbagai teknologi).

Layaknya seseorang yang menderita sakit, perlu diobati, namun jangan lupa juga melindungi orang tersebut dan teman-temannya dari jatuh sakit .

Inilah gunanya pemanfaatan teknologi informasi yang mestinya relatif lebih murah harganya dibandingkan hasil yang diperoleh.

Erik Tapan mengatakan...

# Yusuf Alam Romadhon
Kapanpun kalau kita mikir terus, suatu saat pasti akan tercapai.

Ada video yang bagus mengenai RAHASIA ALAM ini.

Mudah-mudahan rasa iri yang ditimbulkan tersebut adalah rasa iri yang positif.

perdosrijatim mengatakan...

wah terobosan antar dimensi ruang dan waktu semoga...ini tidak hanya menjadi trend tetapi menjadi acuan bagi kita semua untuk maju terutama dokter di daerah.

Salam kenal pak erik....ini adalah kunjungan pertama dari blog perdosri jatim....:D

Erik Tapan mengatakan...

Blognya di mana yha kalau boleh tahu?

sibermedik mengatakan...

dok gmn kbr?
dah saya posting lama banget kok belum mampir?