IdBlogNetwork

Seminar Aplikasi Pembelajaran Jarak Jauh, Pusat Studi Jepang Kampus UI Depok, 24 Januari 2007


Telemedicine, sudah sering didengung-dengungkan di Indonesia, namun aktifitas nyatanya masih bisa dihitung dengan jari. Tak kurang sudah 4 kali penulis diminta untuk membagi pengalaman mengenai Telemedicine, yaitu pada acara:



  1. Simposiun Nasional Telemedicine yang diselenggarakan oleh Panitia Lulusan Dokter FK UI, Hotel Sahid, 9 Agustus 2003

  2. Simposium Nasional Telemedicine, FK Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 10 Juli 2004

  3. Simposium Telemedicine, FKUI, Jakarta 20 Mei 2006

  4. Sidang Ilmiah V Pusat Studi Informatika Kedokteran Universitas Gunadarma, Jakarta 10 November 2006


Aktifitas telemedicine di Tahun 2007
Presentasi secara fisik dilakukan di Pusat Studi Jepang Kampus UI Depok, namun acara ini juga disiarkan langsung (teleconference) menggunakan jalur INHERENT ke- 32 Universitas di seluruh Indonesia. Para pembicara seminar kali ini terdiri dari:


INHERENT
Inherent atau Indonesia Higher Education Network adalah satu infrastruktur telekomunikasi yang dikelola oleh Depdiknas RI, mencakup 32 perguruan tinggi di Indonesia.
Wah.... makin dekat saja yha aplikasi telemedicine di Indonesia.

Dilanjutkan dengan Teleconference antar benua
Selesai sholat dan makan siang, acara kembali dilanjutkan dengan Teleconference yang membahas mengenai Flu Burung. Teleconference ini menghubungkan kota-kota seperti: Manila, Bangkok, Nagasaki, Kuala Lumpur, Jakarta, Beijing, Canberra, California. Acara yang memanfaatkan jaringan APAN (Asia Pacific Advance Network Medical Group) ini merupakan salah satu bagian dari TEIN 2 dipancarkan ke seluruh Indonesia memanfaatkan jaringan Inherent.

Topik yang diangkat adalah: "Bird Influenza: Cooperation in Asia beyond fields and geography". Wakil dari Indonesia dalam teleconference kali ini adalah Prof Dr. Hadiarto Mangunnegoro SpP(K) dan dr Ali Sungkar. Pembicara yang lain:
- National Hospital of Pediatrics (Hanoi): Nguyen Thanh Liem
- Chulalongkorn University (Bangkok): Pornarong Chotiwan
- Nagasaki Universitu (Nagasaki): Tetsu Yamashiro
- Peking University (Beijing): Jiang Gu
- Australia National University (Canberra): Andrew Howard
- Stanford University (USA): Young-Sung Lee

Penyelenggara acara
Acara yang diselenggarakan oleh FKUI ini, merupakan kerjasama antara Universitas Indonesia dengan pihak-pihak seperti:
- Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia
- Institute Teknologi Bandung (ITB)
- Perhimpunan Informatika Kedokteran Indonesia (PIKIN)
- CISCO
- Hewlett Packard (HP)

Launch situs Sahabat Ginjal, Plaza Indonesia Jakarta, 17 Januari 2007

Adalah sangat manusiawi, seseorang yang telah didiagnosa suatu penyakit akan mencari segala macam cara untuk terbebas dari penderitaannya itu. Apalagi jika penyakit tersebut oleh dokter dikatakan, tidak bisa disembuhkan lagi!! Contohnya penyakit ginjal kronik.Pelbagai cara pasti ditempuh pasien PGK agar bisa 'terlepas' dari penderitaannya. Sayangnya para penderita mudah sekali terjerumus kepada hal-hal yang menurut penulis, justru lebih memperparah penyakitnya tersebut. Tadinya proses dialisa (umum disebut dialisa, meskipun istilah ini sangat ditentang para dokter) masih akan lama dilakukan, namun dengan mengikuti cara-cara yang tidak benar tersebut, menjadi lebih cepat terjun ke proses dialisa.


Kisah inipun belum berakhir, meskipun sudah waktunya, pasien akan berjuang lebih keras lagi untuk tidak melakukan dialisa ini. Ini disebabkan ada pendapat -yang salah- bahwa sekali di-dialisa akan didialisa terus. Padahal proses dialisa yang dilakukan pada waktunya akan mengurangi komplikasi yang bisa terjadi, hingga menyelamatkan jiwa penderita.


Hal-hal semacam di ataslah yang menjadi dasar dari di-launch-nya website sahabatginjal.com. Acara yang berlangsung di Plaza Indonesia, dihadiri pelbagai wartawan media cetak maupun elektronik.



Tampak dalam foto: Bpk Herman Widjaja, Direktur Marketing PT Kalbe Farma Tbk bersama dengan DR Dr Tunggul D. Situmorang SpPD, KGH, Dipl/M.Med.Sci (Nephrology), dari RS PGI Cikini yang menjelaskan mengenai Fungsi Ginjal dan Terapi Pengganti Ginjal. Menurut Direktur Ketua RS PGI Cikini tersebut, saat ini selain hemodialisa dan transplantasi, Peritoneal Dialisa (CAPD) harus diperhitungkan bagi penderita PGK tahap akhir.

Acara tersebut terselenggara berkat kerjasama:
- PT Kalbe Farma Tbk
- Journal Cermin Dunia Kedokteran


Buku yang membahas mengenai Ginjal.





Foto bersama Panitia Penyelenggara + Nara Sumber

Anti Oksidan untuk mencegah Penuaan


Semakin hari, masyarakat semakin berminat dengan cara hidup sehat. Tak kurang 60-an anggota Dharma Wanita Depnakertrans RI, menyimak 'ilmu-ilmu' bagaimana bisa hidup sehat hingga akhir hayat.


Setelah presentasi yang memakan waktu sekitar 1 jam, acara diskusi berlangsung dengan serunya. Banyak yang menanyakan -sehubungan dengan produk-produk antioksidan yang saat ini berada di pasar- bagaimana cara mengetahui apakah antioksidan yang akan dikonsumsi bermanfaat atau tidak?

Karena begitu beraneka ragam jenis-jenis antioksidan, tentu tak mudah menjawab hal ini secara langsung. Satu-satunya cara 'membuktikan' antioksidan yang ditawarkan seseorang (atau perusahaan) berkhasiat atau tidak, ialah dengan cara menanyakan langsung kepada produsen produk tersebut. Apakah produsennya mempunyai suatu cara / metode untuk mengukur sebelum dan sesudah konsumsi?

Cara inilah yang kemudian (jika belum yakin) ditanyakan kepada para ahli yang berkompeten dan independen.

Cara yang lain, mintalah selalu Uji Klinik dari produk tersebut. Uji Klinik adalah test dari produk tersebut yang dilakukan pada sekelompok orang. Uji Klinik yang baik adalah jika telah terpublikasi pada journal ilmiah kedokteran yang terpercaya.
Marilah kita menjadi konsumen yang cerdas.
Buku yang menjelaskan sekilas mengenai Anti Oksidan.