IdBlogNetwork

Member Gathering Sales-Marketing Group


Sungguh suatu komunitas yang berkembang jika satu milis bisa mengadakan gathering atau yang lebih dikenal dengan Kopi Darat. Tepat tanggal 24 Februari 2007, bertempat di restoran Marche Kuningan Jakarta, Sales-Marketing Group, milis internasional yang membahas topik seputar Sales dan Marketing mengadakan gathering. Peserta yang berjumlah sekitar 40 orang, disuguhi oleh materi yang menarik, diantaranya topik "Entering Blogosphere". Selain acara yang mengajak para peserta untuk nge-blog, juga ditampilkan 10 pemenang posting yang paling banyak dan bermutu di milis tersebut.

Jalannya Acara

Setelah dibuka oleh pemilik milis Bpk. Solomon S Pribadi, acara pertama adalah pemaparan beberapa kesalah penulisan dalam bahasa Inggris oleh pakarnya Bahasa Inggris, Mr. Harianto R Widjaja.
Acara demi acara mengalir dengan lancarnya yang diselingi oleh pemberian 'ratusan' door prize.
Acara puncak berupa pemaparan apa itu blog serta demo pembuatan blog oleh Emanuel Setio Dewo dan Bpk. Harianto.


Sekali lagi, selamat untuk Milis Sales Marketing Group.

Sales-MarketingGroup is an e-group for sales and marketing persons. We welcome you - from all countries in the world - to join us to share, do networking by SHARING on the NET and get benefits from it. Let's grow together!

Our existing members are working in many fields, such as:
advertising - airport - bank - branding - building construction/consultant - consumer goods - education - event organizer - freight forwarding - garment - general supplier - hotel - information technology - insurance - magazine - pharmaceutical - radio - real estate - restaurant - telecommunications - television - tour and travel - training - etc.

They are from:
Albania - Australia - Canada - China - Hongkong (China) - India - INDONESIA (mostly) - Italy - Japan - Malaysia - Nigeria - Philippines - Romania - Russia - Singapore - Slovakia - Taiwan - Turkey - UK - USA.

Cities in Indonesia:
Balaraja - Bandung - Banyumas - Batam - Bogor - Cilegon - Denpasar (Bali) - JAKARTA (mostly) - Medan - Padang - Pontianak - Semarang - Surabaya - Yogyakarta.

Mostly are managers.

This is a "bilingual" discussion forum: in ENGLISH (recommended) and INDONESIAN language.

Sidang Ilmiah VI Pusat Studi Informatika Kedokteran Universitas Gunadarma


Beberapa kali penulis pernah mengikuti acara Informatika Kedokteran di Luar Negeri (karena di Indonesia belum terlalu sering).
(dalam foto ki - ka, tampak: Moderator, Drg Paulus Januar dan Dr Ali Sungkar)

Selalu dalam angan-angan penulis, kapan yha di Indonesia bisa seperti ini?
Ternyata...... teman-teman terkasih pecinta Informatika Kedokteran, hal itu baru saja terjadi.
Yup benar. Peristiwa yang suasananya sudah mirip dengan acara-acara Informatika Kedokteran Internasional, baru saja diselenggarakan oleh Pusat Studi Informatika Kedokteran Universitas Gunadarma di Kampus A, Jl. Kenari Jakarta Pusat.


Tema dan pembicara
Mengusung tema "Pembelajaran Informatika Kedokteran di Lingkungan Pendidikan Tinggi Kesehatan di Indonesia", Sidang Ilmiah VI dari Pusat Studi Informatika Kedokteran (satu-satunya di Indonesia) Universitas Gunadarma ini menghadirkan para pembicara yang terdiri dari pakar-pakar akademisi Informatika Kedokteran seperti:
  • Dr Ali Sungkar SpOG, Direktur IT Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
  • DR Drg Paulus Januar MS, Kepala Laboratorium Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof Dr Moestopo (beragama)
  • Besral dan Artha Prabawa, Staf Pengajar Biostatistika dan Informatika Kesehatan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

Pada akhir acara, Dr Ilham Patu dan penulis diminta untuk sharing pengalaman soal Perhimpunan Informatika Kedokteran Indonesia (PIKIN). Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh penulis untuk bercerita sedikit mengenai kunjungan penulis ke Kongres APAMI 2006 di Taipei Taiwan.

Resume
Menurut pembicara pertama, Dr Ali Sungkar SpOG, beberapa bidang yang terkait dengan Informatika Kedokteran adalah: Teknologi Informasi, Bioinformatika, Informatika Pencitraan, Informatika Klinik, Informatika Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Manajemen Organisasi. Sedangkan beberapa manfaat Informatika Kedokteran adalah:
  • Pengelolaan pasien, catatan medis, sistem perjanjian dan otomatisasi kegiatan rumah sakit
  • Pengelolaan pengetahuan dokter (explicit and tacit knowledge) serta sharingnya
  • Terintegrasinya beberapa layanan masyarakat berhubungan dengan kesehatan (data medis, apotik, asuransi, lab, dsbnya)
  • Deteksi dan penyembuhan penyakit secara cepat (dini) --> bioinformatics
  • Penemuan obat --> bioinformatics

Pada kesempatan kedua, DR Drg Paulus Januar MS menjelaskan mengenai Informatika Kedokteran Gigi. Paulus menjelaskan bagaimana peran informatika kedokteran dalam bidang kedokteran lebih khusus lagi dalam bidang kedokteran gigi. Menjelaskan mengenai materi yang perlu diberikan pada pendidikan informatika kesehatan bagi mahasiswa bidang kesehatan, Paulus memberi contoh, antara lain:
  • Ketrampilan dasar komputer: pengelolaan file, pemrosesan kata, mencetak, akses internet dan surat elektronik
  • Penelusuran literatur: pencarian sumber kepustakaan, pengetahuan tentang database dan penelahaan informasi secara kritis (misalnya berdasarkan prinsip kedokteran berbasis bukti/evidence based medicine)
  • Komunikasi dan jaringan informatika: pemanfaatan surat elektronik, milis, situs web, blog, dan jaringan informatika
  • Penggunaan perangkat lunak pendidikan: perangkat lunak kuliah, animasi praktik, dan sebagainya
  • Penggunaan sistem informatika kesehatan: bentuk elektronik rekam medis, hasil pemeriksaan, resep elektronik, penelaahan interaksi obat dan sebagainya
  • Penggunaan perangkat lunak di bidang kesehatan untuk diagnosis, animasi perawatan, asesmen faktor risiko dan sebagainya
  • Manajemen informasi: menggunakan dan menyusun database, spreadsheet dan sebagainya
  • Presentasi elektronik: membuat slide presentation untuk ceramah, presentasi kasus, pendidikan kesehatan masyarakat, dan sebagainya
  • Penggunaan perangkat lunak statistik untuk pengolahan data statistik dasar, biostatistik dan analisis inferensial

Pada presentasi ketiga, secara duet dibawakan oleh Besral dan Artha Prabawa. Menurut mereka, saat ini pada Program Studi Pasca Sarjana Ilmu Kesehatan Kekhususan Informatika Kesehatan Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia sudah terdapat 141 prototipe software aplikasi sistem informasi di bidang kesehatan masyarakat. Beberapa contoh yang dipaparkan pada acara ini adalah:
  • Sistem Informasi Surveilens Malaria karya Totok Joko Maryanto, 2004
  • Sistem Pemasaran Berbasis Rekam Medis Rumah Sakit karya Hozizah, 2004
  • Sistem Informasi Tenaga Kerja Kesehatan Indonesia ke Luar Negeri karya Ida Ayu AM Putri, 2004
Maju terus Informatika Kedokteran Indonesia.

Mencari Emergency Lamp yang handal

Peristiwa pemadaman listrik baru-baru ini, tepatnya di rumah saya, Sabtu 3 Februari 2007, membuat saya menyadari ada yang tidak beres dengan salah satu Emergency Lamp (EL) di rumah saya. Saya punya 2 EL.

Dua-duanya sebenarnya sudah cukup lama. Yang pertama berusia sekitar 10 tahun, sedangkan yang lebih mudah baru berusia 3 tahunan. Yang lama bentuk cukup minimalis dengan lampu yang terdiri dari 2 noen kecil. Karena memang sudah lama, saya -waktu itu- merencanakan untuk mencari lagi satu EL yang lebih baru untuk ditempatkan pada kamar tidur utama. Sayangnya, model lama tersebut sudah tidak ada, sehingga saya membeli model yang agak baru, lampunya terdiri dari neon bundar. Model baru ini mempunyai LED yang akan menyala jika listrik dalam batereinya sudah penuh (fulll charge). Kelihatannya lebih canggih.

Apa yang terjadi
Saat sedang enak-enaknya tidur pada Sabtu 3 Februari tersebut, dini hari listrik padam. Sekitar pukul 5 pagi, saya melihat EL yang terakhir sudah tidak menyala sedangkan EL lama masih menyala. Itu artinya daya tahan baterei EL baru sudah tidak sekuat EL yang lama. Padahal dua-duanya mengalami perlakuan yang sama, yaitu saya colok terus menerus ke listrik sepanjang hari/bulan/tahunan.

Penasaran dengan apa yang terjadi pada EL baru, saya baca peringatannya:

CAUTION:
1. PLEASE SELECT AC SOURCE BEFORE PLUGING TO THE SOCKET.
2. RECHARGE FOR 24 HOURS BEFORE FIRST OPERATION.
3. RECHARGE THE LATERN EVERY 4 MONTHS TO RETAIN BATTERY POWER EVEN NOT IN USE.
4. KEEP LATERN AWAY FROM DIRECT SUNLIGHT AND HIGH HUMIDITY

Persoalannya sekarang, apakah daya baterei yang ada dalam EL baru sudah merosot akibat saya charge terus menerus meskipun lampu LED indikator sudah menunjukkan penuh?

Menurut saya, jika listrik kita tidak padam-padam, artinya kita harus mencabut EL tersebut. EL tersebut harus senantiasa dalam keadaan terputus hubungan dengan Listrik.
Betapa merepotkan......

Mengapa pada EL baru tersebut tidak sekalian saja dibuat tombol on-off saja, sehingga saya tidak perlu mencabut jika batereinya sudah penuh. Colokannya khan agak susah dijangkau karena berada di belakang lemari.
Atau yang paling ideal (seperti EL yang lama), colok saja terus dilistrik, kalau listrik padam, akan nyala sendiri. Tanpa peduli apakah batereinya sudah penuh atau tidak.

Mohon saran dari rekan-rekan pembaca, karena EL jenis pertama sudah tidak ada di pasaran lagi (import?), kira-kira pembaca punya saran EL yang ideal untuk saya: bisa colok terus menerus ke listrik tanpa merusak atau mengurangi daya/power ketahanan EL tersebut.

Kebiasaan menurunkan buku

Pada tanggal 7 Februari 2007, saya membaca satu e-mail di milis yang ditulis oleh Henri Perwira Negara, seperti di bawah ini:

Saya adalah mahasiswa kedokteran yang baru kuliah satu semester.
Saya tahu kuliah di kedokteran harus dengan niat tulus, ikhlas dan sungguh-sungguh.
Selain itu, saya dituntut untuk menguasai materi kedokteran secara menyeluruh karena hal ini menyangkut hajat hidup orang banyak.
Untuk itu saya mohon bimbingan, masukan,nasehat, saran dari senior-senior dalam menjalani kuliah di kedokteran.

Selain itu, saya juga mohon informasi ilmu kedokteran apakah yang harus saya kuasai terlebih dahulu. Juga mengenai buku-buku apa saja yang harus saya miliki.
Atas perhatian senior-senior semua, saya ucapkan terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr Wb


Jawaban / komentar saya:
Dear Henri dan rekan-rekan lainnya.
Saya punya pengalaman yang ada hubungannya dengan hal yang ditanyakan.
Sejak SMA hingga FK, saya selalu menerima 'bingkisan' dari kakak kelas.
Kalau di SMA, setiap kali masuk tahun ajaran baru kita diberi sepaket buku. Buku tersebut harus dijaga dan dikembalikan pada akhir tahun ajaran untuk digunakan oleh adik-adik kelas kita.Tentu buku tersebut telah dijilid dan disampul sebaik mungkin.Tetapi intinya, ini merupakan keharusan karena aturan dari SMA saya.

Fakultas Kedokteran
Nah masuk FK, hal ini tidak menjadi keharusan hanya sudah di'ajarkan' sewaktu masa OPSPEK (Plonco). Setiap Cama (begitu disebut), mempunyai satu kakak mentor. Jika ada apa-apa, kita selayaknya bertanya kepada ybs. Biasanya (tidak ada keharusan), kita menerima 'limpahan buku' dari kakak mentor kita.

Yang lucu, adalah kebiasaan saya yang selalu menggaris bawahi (atau memberi tanda/stabilo), pada materi-materi yang keluar pada waktu ujian. Suatu hari, adik kelas saya (yang diberi buku-buku), bertanya kepada saya, koq pertanyaan ujiannya itu sama dengan materi yang saya telah garis bawahi? Setelah saya cerita, apa arti garis-garis bawah tersebut, sejak saat itu di menjadi rajin memperhatikan bahan-bahan yang telah saya garis bawahi / stabilo.
Semoga cerita ini bisa menjadi inspirasi bagi Henri.
Selamat join.
Erik Tapanhttp://eriktapan.blogspot.com

======
Sebagai catatan:'Mentor' saya saat ini sudah jadi Ahli Kulit sedangkan adik kelas saya sudah selesai pendidikan Spesialis Rehabilitas Medik.
Anda punya pengalaman yang serupa atau hampir mendekati?

Perkembangan terakhir di Blog ini

Sudah lama tidak menulis di blog ini, membuat beberapa rekan penulis jadi bertanya-tanya. Baik lewat japri maupun terang-terangan seperti yang disampaikan oleh sejawat saya dr Dani Iswara.

Memang benar, beberapa keasyikan langsung (tidak di dunia maya!!) membuat saya tidak sempat meng-upload isi blog ini. Diantaranya, jalan-jalan bersama teman-teman se-perjuangan ke Ciwidey Jawa Barat. Kita menginap di Patuha Resort dan sempat menjajal Kawah Putih.



Rekan-rekan,
Banyak terima kasih atas 'peringatannya'. Di hari yang dipenuhi oleh air di mana-mana saat ini, 'tetangga-tetangga' sudah pada mengungsi semua, saya meluangkan waktu untuk meng-utak-atik blog ini.

Cukup kaget juga bahwa ada tambahan yang bermakna di blog ini, yaitu feature 'label'. Jadi para pembaca blog ini bisa dengan mudah, memilih tulisan-tulisan yang sesuai dengan minat masing-masing.

Feature yang baik ini, saya tempatkan di frame sebelah kanan blog ini dengan judul "Label". Silakan dimanfaatkan dan ditunggu komentarnya.



Catatan:
Dengan mobil sedan, saya terobos tadi pagi, lautan air setinggi ban mobil. Untung masih bisa selamat. Puji Tuhan.

Sekarang lagi nggak bisa ke mana-mana. Nge-net saja.... :-)

Mudah-mudahan nanti sore, bisa dengan selamat di sampai di rumah.


Foto banjir di Pulo Mas (atas)


(sumber foto di atas: www.suarapembaruan.com)


Foto-foto jalan yang sering saya lalui sehari-hari (hik...hik...hik...)
Berikut disampaikan beberapa foto yang saya temui di internet:

http://mojomaru.blogspot.com/
Jl. Kayu Putih Raya


Jl. Kayu Putih Raya


Perempatan Kelapa Gading - Kayu Putih - Perintis Kemerdekaan - Pulo Gadung

Gereja Kristen Indonesia Kayu Putih

Ray White Kayu Putih




http://bialoglowy.blogspot.com/

(perempatan Coca Cola, klik gambar utk perbesar)


(Jl. Perintis Kemerdekaan - view ke Pulo Mas dari Kelapa Gading)


Jl. Kayu Putih Raya


Jl Kayu Putih Raya (lagi)