IdBlogNetwork

Anti Aging, Komnas Lansia n what next?

Berkecimpung di dunia anti aging (dan terus menerus berusaha memperkenalkan pada masyarakat luas) membuat penulis diajak untuk ikut menghadiri meeting-meeting Komnas Lansia. Meeting yang sering diadakan di Kantor Depsos di Salemba tersebut membahas bagaimana memberi masukan kepada pemerintah 'menangani' para lansia. Yang dimaksud di sini tentu untuk mereka (lebih khusus) yang sekurang-kurangnya berusia 65 tahun dari golongan ekonomi tidak mampu. Jadi sifatnya lebih umum.

Namun tak pelak juga turut dibahas tentang bagaimana caranya agar pada usia lanjut kita tetap aktif dan berkarya alias active ageing.

Lama-lama koq sudah tidak kelihatan bedanya lagi antara gerontologi dan anti aging medicine ya?


Foto ini saat penulis bersama anggota Komnas Lansia lainnya bertemu dengan Wapres RI. Dalam sambutannya Wapres mengusulkan agar aktifitas Komnas Lansia/Depsos tidak hanya mendukung panti-panti jompo saja tapi mengusahakan sosialisasi budaya bangsa kita sendiri seperti: rumah yang dihuni keluarga besar (extended family), pemanfaatan tenaga/pemikiran dari para pensiunan dan lain sebagainya. Prinsipnya mengusahakan bagi mereka yang tergolong lansia untuk tetap aktif berkarya di keluarga dan masyarakat sekitarnya. Justru lanjut Wapres, pihak luar banyak yang saat ini kembali ke konsep extended family dalam satu rumah dibandingkan dengan menitipkan para lansia ke panti-panti jompo. Jadi dalam satu atap ada 3 generasi: anak, bapak/ibu dan kakek/nenek-nya.


Artikel lain mengenai KOMNAS LANSIA:


Dapur UniQ - unique & hygienic cuisine gallery - Kota Jababeka - Cikarang


Atas undangan Janti SW, berkunjunglah penulis ke Dapur UniQ di Jababeka Cikarang. Penulis telah lama mengenal pemiliknya, melalui dunia maya. Sejak awal berdirinya MLDI (Mailing List Dokter Indonesia), sekitar tahun 1996, Janti sebagai member MLDI cukup aktif memposting e-mail di MLDI yang membernya memang selain para dokter, juga banyak yang non dokter. Meskipun bukan dokter, tetapi sebagai pemerhati kesehatan, pengetahuannya tentang nutrisi, kesehatan maupun herbal boleh diadu.

Hobbynya mengkomposisikan bahan2 makanan/minuman menjadi menu-menu unik dan sehat yang bermanfaat bagi tubuh dan bukan hanya 'asal kenyang'. Selama ini, resep-resep canggih Janti hanya bisa dirasakan oleh para keluarga, saudara dan kenalannya yang sempat mampir ke rumahnya di Jakarta Timur.
Baru sekarang ini, karena desakan pelbagai pihak (sahabat serta anaknya, Didit dan suami, Tirta yang berkemeja abu-abu) resep-resep tersebut bisa dicicipi masyarakat luas melalui Dapur UniQ resto cafe gallery.
Resep-resepnya dikomposisikan sedemikian rupa untuk mendapatkan nilai tambah agar tetap awet sehat dan awet muda.

Inilah beberapa menu unik & sehat kreasi Janti:

  1. Bamboo Chicken Rice: nasi ayam yang dikukus dalam buluh bambu dan disajikan untuk dinikmati langsung dalam bambu tsb. Terinspirasikan dari serial Jewel in the Palace (Jang Geum, yang piawai dibidang kuliner juga dibidang kesehatan).
  2. Pasta Oncomia: pasta angel hair dengan taoge, tahu dan saus oncom. Idenya timbul dari taoge goreng Bogor. Nama saus oncom dalam menu ini (ONCOMIA) adalah 'hadiah' dari Dr. Kartono Mohamad (salah satu nara sumber MLDI) yang sangat menyukai rasa pasta unik dan sehat tsb.
  3. Herbs Rice; Garlic Rice dan Hot Chili Rice: nasi berbumbu yang 'tampil beda' dengan dilengkapi sayuran & sepasang 'sate lilit khusus' pada batang sereh.
  4. Snacks istimewa: Brownies anti-aging yang dibuat tanpa telur, tanpa gula dan dikomposisikan dari bahan utama almond serta buah2an dan coklat Belgia.
  5. Ada lagi Tape panggang Keju 3 Negri yang juga tanpa telur, tanpa gula dan kejunya benar-benar dari 3 negara.
  6. Macam2 KombuCha : ini teh hasil fermentasi yang sudah ber-abad2 lalu dikenal sebagai minuman kesehatan di Jepang & Tiongkok dan menyebar sampai ke Rusia, Jerman serta negara2 lainnya. Rasanya memang bukan seperti teh biasa bahkan manfaatnya sangat luar biasa; ada yang refreshing, yang relaxing, yang revitalizing, bahkan yang enhancing the libido dan yang paling disukai ibu-ibu adalah yang reversing the clock alias anti-aging.
  7. Minuman antioksidan seperti Aloe Vera cocktail dan juga Coconut Ginger yang dikombinasikan dari unsur YIN & YANG.

Kembali ke Dapur UniQ; jika anda membaca di spanduk yang tertulis seperti ini : Resto, Cafe, Gallery; memang benar. Dalam Dapur UniQ, selain anda bisa menyantap berbagai makanan & minuman unik dan sehat maupun yang anti-aging ( kreasi sendiri yang tidak akan anda temukan di tempat lain).


Andapun bisa menikmati lukisan2 & patung2 karya seni para seniman Indonesia yang cukup beken.

Tapi bagi anda yang tidak tahan untuk tidak merokok, kalau ingin mampir ke Dapur UniQ harus rela menunda kenikmatan merokok anda sampai keluar dari resto karena cafe anti-aging ini TIDAK MEMPERBOLEHKAN samasekali adanya asap rokok.

Dalam blog ini ditampilkan foto-foto berkesan saya (bersama sahabat saya Yon yang ber-kemeja putih), saat mengunjungi Dapur UniQ yang benar-benar unik.

Jika Anda ingin merasakan suasana yang benar-benar anti aging, segeralah berkunjung ke Dapur UniQ. Temukan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Alamat:
Dapur UniQ
RestoCafeGaleri
Ruko Roxy Jababeka
Jl. Kasuari Raya blok C-5
Telp.: 021-893.5.893

Siaran Anti Aging di Sonora FM



Gara-gara menulis tentang Anti Aging di Menu Sehat, penulis dipanggil untuk 'mempertanggungjawabkan' tulisan tersebut. Bersama dengan Redaktur Pelaksana, Ibu Lily Wibisono, kami diwanwancarai oleh pihak Sonora, Mas Eddy.

Intinya, ilmu Anti Aging masih perlu terus disosialisasi. Kebanyakan dari kita ingin untuk awet muda terus dan tidak sakit-sakitan di masa tua, namun banyak yang belum tahu, caranya bagaimana. Banyak yang termakan mitos-mitos yang kurang bisa dipertanggungjawabkan. Untuk itulah buku Anti Aging terbitan Intisari mencoba memberikan penjelasan mengenai Anti Aging secara menyeluruh. Dalam buku yang dilepas di pasaran seharga Rp. 27.000, berisi lengkap topik-topik anti aging disertai bonus 30 resep masakan anti aging.

Di bawah ini, sesuai janji saya, saya sertakan beberapa tanya jawab (terutama yang belum terjawab) yang dikirim via SMS saat acara berlangsung:


Pertanyaan no. 17:
Ali usia 43th, di Tomang Jakbar, bertanya: Pinggang saya sering sakit karena lama mengendarai mobil setiap hari. Buah apa yang baik untuk pinggang saya, terima kasih.

Jawab:
Pak Ali, untuk 'memperbaiki' sakit di pinggang, kita mesti mengetahui akar permasalahannya. Jika hal itu disebabkan karena ketegangan / kecapaian otot semata, disarankan Pak Ali untuk melakukan strecthing terlebih dahulu sebelum berkendara. Selain itu bisa juga menggunakan bantal penyangga agar posisi tubuh saat duduk lebih ergonomis (sesuai dengan postur yang normal).
Cara lain yang bisa ditambahkan, tambahkan porsi latihan penguatan pinggang saat berolahraga. Semoga dengan demikian keluhan pinggang bisa segera hilang. Jika dengan hal ini belum juga teratasi, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lanjutan.

Pertanyaan no. 20:
Janti usia 66 tahun di Tomang Jakbar bertanya: Setiap hari sehabis sarapan minum 1 obat pencahar + enzim pencernaan, apakah hal ini baik untuk kesehatan? Selain itu juga saya mngkonsumsi pelbagai vitamin dan glucosamin, bagaimana pendapat dokter? Terima kasih.

Jawab:
Ibu Janti, secara tak sadar, Anda sudah termasuk dalam kelompok praktisi Anti Aging. Namun, seperti yang pernah saya sampaikan, Anti Aging sebaiknya dilaksanakan secara baik dan benar. Contohnya, kenapa Anda mesti minum obat pencahar secara rutin? Apakah hanya sebagai pencegahan saja atau pengobatan karena masalah BAB Anda?
Jika Anda mempunyai masalah BAB, coba Anda lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak serat seperti pepaya dan teman-temannya dan juga minum sereal. Beberapa resep kreatifitas dari bahan yang saya sarankan bisa dibaca di buku Anti Aging terbitan Intisari. Selain itu, Anda juga harus membiasakan diri untuk terus aktif (berjalan) atau olahraga ringan lainnya.
Vitamin dan Glukosamin, sepanjang hal itu memang sudah diketahui kurang, tak masalah untuk dikonsumsi.

Pertanyaan no. 26:
Bpk Iqbal, 60 tahun di Bekasi menanyakan: Saya sehat lahir bathin. Ketika di Jepang dengan suatu perangkat yang ditempelkan ke jari-jari tangan. Dokter Jepang tersebut mengatakan bahwa usia biologis saya seperti 40 tahun. Saya ragu Dok, apa saya bisa ditest lagi di sini. Trims.

Jawab:
Memang saat ini banyak sekali ditawarkan alat-alat pengukur usia biologik. Sampai saat ini saya belum lihat di Indonesia, alat ukur yang cukup komprehensif dan akurat. Kalau Bapak bisa memberikan ke saya model seperti apa yang dilakukan di Jepang, tentu saya bisa mencarinya.

Pertanyaan no. 28:
Elvana, 23 tahun di Caringin bertanya: Apa yang harus saya konsumsi untuk mencegah penuaan? Biasanya orang gemuk suka dianggap lebih tua. Bagaimana pola dietnya? Trims.

Jawab:
Info makanan yang bisa mencegah penuaan dini, silakan membaca buku Anti Aging terbitan Intisari. Dalam buku tersebut, banyak ditampilkan informasi dan menu masakan yang anti aging. Soal kegemukan, dari sisi keindahan itu relatif. Ada yang mengatakan gemuk itu indah dan sedap dipandang, ada juga yang tidak. Namun dari sisi kesehatan, kegemukan itu dipandang sebagai suatu penyakit. Jadi cepat-cepatlah para orang gemuk untuk berusaha menjadi kurus sebelum timbul pelbagai macam penyakit.

Pertanyaan no 29:
Linawati, 29 tahun di Tangerang, bertanya: Diet yang sehat dan baik itu bagaimana? Apakah suplemen makanan itu baik untuk kesehatan tubuh?

Jawab:
Untuk diet yang sehat dan baik, bisa baca buku Menu Sehat edisi Anti Aging terbitan Intisari. Suplemen itu baik jika memang tubuh kita kekurangan. Segeralah cek di laboratorium terdekat apakah Anda memerlukan suplemen atau tidak.

Pertanyaan no. 41:
Lany, 54 tahun di Bekasi bertanya: Tangan kerut-kerut banyak, bagaimana solusinya?

Jawab:
Kekerutan disebabkan ada sesuatu yang kurang dengan kulit Anda. Apakah kurang lembab, zat kolagennya rusak, dll. Segeralah berkonsultasi dengan dokter estetik atau dokter kulit untuk menemukan solusi masalah ini.

Pertanyaan no. 46:
Teddy, 51 tahun di Sunter, menanyakan: saya sering bermasalah dengan pinggang & minum food suplemen. Apa makanan alamiah pengganti yang cocok menurut dokter?

Jawab:
Masalah pinggang, banyak penyebabnya. Dari yang sederhana hingga yang serius. Alangkah baiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan penyebab dan penyelesaiannya. Untuk makanan pengganti alamiah, bisa dibaca di buku Anti Aging terbitan Intisari.
Jika dari hasil tes laboratorium konsumsi makanan tersebut masih kurang, tidak ada salahnya menambah dengan food suplemen.

Pertanyaan no. 49:
Wina, 57 tahun di Kedoya, bertanya: Saya mau tanya, Buku Menu Sehat Anti Aging ini no berapa dan harga berapa?

Jawab:
Terima kasih atas pertanyaannya. Buku Menu Sehat edisi Anti Aging aalah edisi 7/III/07, terbit bulan Juni dengan harga Rp. 27.000. Bisa diperoleh di toko-toko buku Gramedia dll.

Mengurus Surat Kompetensi di KDDKI


Umumnya kalau berurusan dengan pihak yang hanya satu-satunya, kesulitan sudah terbayang di hadapan kita. Seakan-akan pameo "kalau bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah", menjadi spirit kerja mereka.
Mau apalagi? Kalau banyak pihak, memang kita bisa memilih, tetapi kalau hanya dengan mereka kita mesti berurusan? Cukup mengusap-usap dada saja.

Oleh sebab itu, hal yang pertama ada di pikiran saya -sewaktu diminta mendampingi rekan saya- betapa ruwet dan menyebalkan nantinya, jika akan mengurus surat kompetensi, khususnya kompetensi Dokter Umum.

Bayangkan, kita hanya bisa mengurus di satu tempat, yaitu -waktu itu saya belum tahu di mana- di Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI). Surat Kompetensi ini, diperlukan teman sejawat saya, guna pembuatan STR (Surat Tanda Registrasi) dari KKI (Konsil Kedokteran Indonesia).


Berbeda 180 derajat
Ternyata, pembaca yang tercinta, bayangan saya itu terbalik 180 derajat. Saat menelpon mereka untuk menanyakan apa-apa saja yang diperlukan, dijawab dengan penuh keramahan. Begitu pula saat memasukkan berkas, senyum ada di mana-mana di ruangan Sekretariat Kolegium Dokter Umum dan Dokter Keluarga Indonesia (KDDKI). Pesan petugasnya, tolong dicek tanggal sekian, kalau sudah jadi atau belum. Waktunya kalau nggak salah sekitar 2 mingguan.
Pas pada tanggal yang ditentukan, belum sempat di-cek, teman saya itu sudah terima SMS yang menyatakan bahwa surat Kompetensinya sudah selesai.
Akhirnya berangkatlah saya bersama teman saya tersebut untuk mengambil Surat Kompetensi Dokter Umum tersebut.

Wah....wah..... sudah beda sekarang yha?

Bravo, begitu donk. Salut untuk KDDKI dan PB IDI.
Sekarang teman saya akan mencoba mengurus surat di KKI dan Dinas Kes. Apakah akan mengalami hal yang sama pula? Mari kita tunggu jawabannya!!!
Tenang saja...... kamera foto terus saya bawa....
Dalam foto terlihat betapa baik dan ramah pelayanan yang diberikan.

Kalau ada pembaca yang punya pengalaman mengurus sesuatu, silakan tulis di kolom komentar blog ini.

Shooting Jendala Dunia, Acara Internet di Metro TV



Hari ini -sesuai dengan perjanjian- datang ke rumah saya, teman-teman dari Metro TV, khususnya team yang memproduksi acara Jendela Dunia.

Ceritanya, karena tertarik dengan aktifitas saya berinternet dan mengenalkan internet kepada para dokter, mereka akan menanyakan segala aktifitas saya untuk mengenalkan internet kepada para dokter/tenaga kesehatan.


Jam 9:00 tepat (buset tepat banget datangnya), Pak Novan, dkk. telah hadir di depan rumah. Acara dimulai dengan beres-beres tempat acara. Kemudian diadakan survei untuk melihat kira-kira di mana tempat yang paling baik untuk dilakukan shooting.

Ternyata yang menjadi pilihan adalah ruang tamu. Dari siaran yang katanya hanya berlangsung 10 menitan, shootingnya itu memakan waktu 1,5 jam lebih. Hasilnya bagaimana belum tahu karena mesti di edit lagi.

Senin, 11 Juni 2007, team dari Indra TV News 'bela-bela-in' mendampingi saya saat mempresentasikan mengenai Informatika Kedokteran di RS Annisa Cikarang. Berikut foto-foto 'kenekatan' mereka hingga akhir acara.

Ternyata untuk menampilkan suatu acara, proses shootingnya tidak mudah juga. Banyak terima kasih untuk Production House dan Metro TV. Mudah-mudahan apa yang diharapkan dari saya bisa terpenuhi. Salut untuk Anda yang kerja dengan semangat dan bersungguh-sungguh (profesional).




Majalah Menu Sehat edisi Anti Aging, telah terbit


Dear pembaca,
Banyak dari kita yang menyamakan Anti Aging dengan produk-produk kosmetik saja. Ternyata tidak demikian, Anti Aging lebih luas dari kosmestik semata. Itulah yang dijelaskan dalam majalah Menu Sehat edisi Anti Aging. Selain berisi info mengenai Usia Kronologik dan Usia Biologik (apa lagi itu?), Menu Sehat kali ini membahas pula hal-hal yang berkaitan dengan anti aging seperti:
  • dari mana istilah anti aging itu berasal
  • bagaimana cara mengukur Usia Biologik kita
  • mengelola stress
  • meraih wajah mulus berseri
  • cara mengirit usia 10 tahun
  • memelihara jiwa muda oleh Ibu Herawati Diah (saat ini berusia kronologik: 90 tahun dan masih aktif)
  • menghindari kejaran umur menurut budaya Jawa dan Cina
  • serba-serbi antioksidan
  • olahraga sebagai salah satu cara anti aging
  • cara pengukuran gizi yang ideal untuk anti aging
  • dll
  • BONUS: 30 resep masakan untuk TETAP AWET MUDA, antara lain: Seafood kuah segar, Ca Jamur Tiram Brokoli, Mixed Vegie Salad dan Roti Hevermout buah
Jika Anda senang memasak, kenapa tidak menyajikan masakan yang membuat orang yang Anda cintai awet muda?

Majalah ini (dicetak terbatas dan full colour) bisa diperoleh di toko-toko buku besar / kecil / loper atau bisa pesan langsung ke Unit Layanan Jual Gramedia Majalah, SMS: 0811-908680 (minimal 2 buku).

Info tentang Terapi Pengganti Ginjal

Dear Pembaca yang tercinta
Mungkin ada di antara kita (atau mungkin keluarga kita), bermasalah dengan ginjalnya. Sampai-sampai diminta oleh dokter untuk menjalani terapi cuci darah (hemodialisis). Perasaan pertama tentu bingung dan kalau bisa jangan sampai dech. Di hadapan kita (atau keluarga kita), tentu terbayang kegiatan yang rutin, 2 kali setiap minggu harus ke rumah sakit.

Meskipun nanti setelah menjalani hemodialisis, perasaan ini akan berkurang jauh, namun saat ini bisa dikatakan bahwa hemodialisis atau cuci darah BUKANLAH satu-satunya cara menanggulangi Gagal Ginjal Terminal. Masih ada pelbagai cara.

Cara-cara apakah itu?
Selengkapnya, termasuk biaya-biaya yang umum dikeluarkan, bisa baca di Majalah Intisari bulan Juni 2007. Selain tulisan tentang Renal Replacement Therapy atau Terapi Pengganti Ginjal, dimana Cuci Darah / Hemodialisis hanya merupakan salah satu cara, dalam majalah tersebut juga ada kesaksian dari mereka yang telah menjalaninya.

Jangan sampai ketinggalan dan kehabisan, silakan baca majalah Intisari bulan Juni 2007.
Tujuan penulisan Terapi Pengganti Ginjal (TPG) di majalah Intisari adalah agar pembaca bisa mengenal jenis-jenis TPG yang lain, sehingga bisa menentukan jenis yang paling baik dan cocok dari sisi pasien.