IdBlogNetwork

Cryo, salah satu alternatif pengobatan kanker tanpa pisau operasi


Jika Anda menderita kanker, kini tidak perlu takut lagi dengan pisau bedah. Kemajuan teknologi kedokteran (di Indonesia, khususnya) saat ini, sudah bisa membuat penderita kanker merasa lega karena tidak perlu lagi berhadapan dengan pisau bedah (syarat dan ketentuan berlaku sesuai dengan indikasi medis). Operasi memang tetap menjadi lini terdepan penanganan kanker, namun karena pelbagai sebab seperti ketakutan akan pisau atau hambatan psikologis menemukan dirinya akan menjadi cacad, sering ditolak pasien.

Umumnya, pasien akan menolak saat dokter memintanya untuk pembedahan tumor / kanker yang diderita. Menolaknyapun tidak secara langsung, melainkan dengan kata-kata ampuh 'dipikir-pikir dulu' atau 'mengumpulin uang'. Tetapi dijamin, sebagian besar pasien tersebut tidak akan kembali.

Saat ini, telah hadir di Indonesia teknik penanganan kanker tanpa menggunakan pisau bedah. Istilahnya cryoablation therapy, yang sering disingkat cryo saja.

Meskipun tidak semua kanker bisa disembuhkan secara tuntas dengan tindakan cryo, namun dari sisi pasien, kualitas hidupnya akan meningkat jauh.

Cryoablasi adalah penggunaan suhu ekstrim rendah (hingga 75 derajad Celsius di bawah nol) untuk menghancurkan sel kanker. Sel kanker berubah menjadi gumpalan es, begitu probe (jarum) cryo masuk dan bekerja dalam jaringan kanker.

Beberapa keuntungan dari tindakan cryo:

  1. Meminimalisir efek samping pembedahan seperti nyeri, perdarahan dan lainnya
  2. Meminimalisir kerusakan jaringan sekitar karena cryoablasi terfokus pada kanker
  3. Dapat diulang dan berjalan bersamaan dengan terapi standar seperti pembedahan, kemoterapi dan radiasi
  4. Memungkinkan reseksi tumor di dekat pembuluh darah besar karena adanya efek penghangatan oleh aliran darah
  5. Lebih efektif dari pembedahan untuk mengatasi tumor baru multiple di hepar
  6. Lebih unggul dari radiofrequency ablation untuk tumor berukuran > 5 cm
  7. Proses beku-cair cepat dan dapat mempercepat nekrosis dan merangsang respons imun pada sel tumor yang tersisa.
Beberapa cara menangani pasien
Kini, pasien-pasien di Indonesia sudah bisa memilih alternatif pengobatan (berdasarkan medis) kanker lain selain kemoterapi dan pembedahan konvensional.

10 komentar:

iman brotoseno mengatakan...

wah ngeblog disini..
Salam CC 84

Erik Tapan mengatakan...

Salam CC 84 juga.
Saya baru berkunjung ke blog Anda. Cukup menarik.
Namun, akan berkomentar kalau sudah ada waktu yha. Berat soalnya bacaannya.
Salut...

Daniel Witanto mengatakan...

Wow, sudah ada lho di Indonesia, hebat ya, semoga kita makin maju terus, pantang mundur..

Erik Prabowo mengatakan...

Salah satu alternatif yang menarik. Namun perlu diingatkan kepada pasien agar jangan kemudian menganggap pengobatan ini adalah yang terbaik dan bisa menjadi alternatif bagi semua penyakit keganasan. Karena keganasan itu sangat bervariasi dengan berbagai variasi penanganannya pula.

Dibutuhkan multi modalitas dalam penanganan suatu keganasan, bukan hanya pembedahan, tergantung jenis sel dan stadium. Mungkin untuk suatu jenis keganasan seperti Basalioma (salah satu kanker kulit) hal ini bisa jadi modalitas yang superior karena sifat basalioma yang lokal destruktif dan sangat jarang metastasis ( menyebar jauh). Tapi untuk Kanker payudara? Dengan ukuran 2 cm saja potensial menyebarnya sudah sedemikian besar, ditambah jika ternyata pembesaran kelenjar getah bening +, tentunya pembedahan masih yang terbaik, dan terapi setelahnya baik radiasi lokal maupun kemoterapi tentunya tergantung stadiumnya, dengan pembedahan yang bervariasi pula mulai dari BCT (mempertahankan payudara) sampai dengan mengangkat seluruh payudara, namun setahu saya di dunia barat pisau masih menjadi pilihan.

Pada akhirnya karena kompleksnya keganasan itu maka konsultasi dengan dokter anda adalah yang terbaik. Cryo adalah alternatif dari berbagai modalitas terapi bukan pengganti.

Erik Tapan mengatakan...

# Daniel Witanto
Banyak trims atas kunjungannya. Rupanya ts pengamat lingkungan hidup juga yha.
Boleh donk bagi-bagi ceritanya.

salam kota hijau,
Erik Tapan

Erik Tapan mengatakan...

# ts dr Erik
Trims atas masukkannya ts dr Erik. Ini khan memang bidang TS.
Saya mohon bimbingannya.

Salam,
Erik (juga).

Anonim mengatakan...

wah, ada di indonesia? dimana bisa dijalankan cryo ini?

tolong infonya

Anonim mengatakan...

cryosurgery itu melibatkan enucleation tidak ya? bagaimana dengan cryoenucleation? apa hanya bisa untuk tumor mata saja?

Anonim mengatakan...

apakah dengan cryo ini ada kemungkinan pembuluh darah disekitarnya pecah?
kalau pecah apakah memang ada kemungkinan pecah karena akibat dr cryo atau kesalahan dokter...
karena secara logika pembuluh darah tidak akan pecah kalau tidak disenggol...

mohon infonya
thx

indra roesman mengatakan...

Cryoablation apa bisa utk kanker ginjal stadium 3? Mohon informasi dirumah sakit mana ..ayah saya penderita kanker ginjal sekarang berada dimalang..jg berapa estimasi biayanya...