IdBlogNetwork

Permen Karet Probiotik untuk menghilangkan ( obat ) plak & karies


Barangkali Anda (sama seperti penulis) termasuk orang yang sangat kesal dengan plak atau karang gigi. Meskipun sudah berkali-kali dibersihkan, namun tetap saja muncul dan muncul lagi.
Atau Anda punya masalah dengan gigi yang berlobang.
Segala cara sudah dilakukan untuk terbebas dari gangguan kesehatan rongga mulut, namun kelihatannya belum efektif juga.

Salah satu penyebabnya menurut Prof Boedy Oetomo dari FK UI, adalah karena perubahan pola makan saat ini yaitu kita sering mengkonsumsi "makanan modern" yang terdiri dari banyak gula (karbohidrat).

Masih menurut Prof Dr drg H Boedy Oetomo Roeslan MBiomed, akibat perubahan pola konsumsi tersebut, keseimbangan flora normal rongga mulut bisa saja terganggu. Artinya kalau dahulu para orangtua dan nenek moyang kita selalu terjaga kesehatan rongga mulutnya, hal ini disebabkan karena adanya keseimbangan pertumbuhan antara bakteri jahat (yang didominasi Streptococcus mutans) dengan bakteri baik (al. Lactobacillus reuteri).
Seperti diketahui Streptococcus mutans adalah penyebab utama pembentukan karang gigi (plak) dan lubang pada gigi (karies).


Solusinya
Hal menarik lain yang penulis peroleh pada acara Grand Dentistry Indonesia - II di Hailai Ancol, Minggu 6 Juli 2008 yang baru lalu tersebut. Ternyata saat ini di Indonesia telah hadir permen karet probiotic untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Terbebas dari gangguan karang gigi dan lubang.

Preparat yang diberi nama Biogaia tersebut, merupakan permen karet yang diimpor dari Swedia


Uji Klinik yang dilakukan oleh Prof Boedy membuktikan bahwa:

  1. Pada pasien yang diberi permen karet yang mengandung Lactobacillus reuteri, terjadi penurunan prosentasi ginggivitis dan plak baik pada hari ke-14 maupun ke-28.
  2. Terlihat bahwa penurunan Indeks Plak pada kelompok Lactobacillus reuteri lebih tajam dibandingkan Xilitol dan Sorbitol bahkan pada hari ke-14 kelompok pasien xilitol terjadi peningkatan Indeks Plak.
Catatan:
Hasil uji sendiri pada penulis (sejak tgl 14 - kini), terlihat bahwa karang gigi sudah mulai berkurang.
Selamat tinggal karang gigi. :-)

6 komentar:

yacob mengatakan...

info yg menarik. Pak dokter Erik, apakah permen karet tsb sdh banyak dijual di Jkt seperti di apotik biasa atau di Century, dll?
Berapa harganya ya?

Thanks.

Erik Tapan mengatakan...

Dear Yacob,
Produk ini bisa ditemui di apotik-apotik besar. Harganya berkisa Rp. 130.000.

LittLe LaDy mengatakan...

apotik2 besar di indoneia atau hanya d jakarta saja??

dan bisa dibeli dengan bebas??
trmakasih

Erik Tapan mengatakan...

Bisa beli di apotik koq atau toko-toko obat modern. Kalau ada kesulitan, bisa kontak saya via e-mail. Semoga bermanfaat.

indah ayu mengatakan...

apa ada jurnal2 atau publikasi lain yang membahas tentang permen karet perbiotik ini? bisa saya minta contact email anda?

terima kasih...

tiramhesuskeju mengatakan...

dok saya ingin memesan permen karet probiotik prodentis biogaia. saya sudah mengemail dokter.