IdBlogNetwork

Workshop Bio-Identical Hormone Replacement Therapy


Teman-teman sejawat dan para pembaca blog ini yang berbahagia,

Baru saja saya mengikuti Workshop Bio-Identical Hormone yang dibawakan oleh pembicara anti aging medicine internasional, S. Ali. Mohamed MD dari The Clinic for Graceful Aging, Houston, Texas.
Acara ini dihadiri oleh sekitar 50 peserta, terutama para dokter yang sedang menempuh pendidikan S2 (Master) Anti Aging Medicine.
Dr Ali memulai presentasinya dengan bercerita sekilas mengenai Anti Aging Medicine. Bagi yang sudah sering mengikuti aktifitas AAM, tentu hal ini sudah sering didengar. Untunglah, informasi ini hanya diulas sekilas.

Suasana makin hangat, ketika dokter pendiri Organisasi Anti Aging Medicine di India ini memaparkan mengenai Bio-Identical Hormone Replacement Therapy (BHRT). Hormon, menurut Dr Ali, layaknya seorang petugas pembersih ruangan ini. Saat ini semua dalam keadaan rapi. Lampu-lampu dalam ruangan ini nyala dengan baik, meja ditutup dengan taplak yang rapi. Gelas dan permen tersusun rapi di atas meja. Bagaimana kalau suatu saat, sang pelayan yang mengatur hal ini, ngambek atau ambil cuti, misalnya saat Hari Kemerdekaan?

Tentunya semuanya akan kacau balau. Proses cuti pelayan tersebut-lah yang disebut dengan proses aging, analogi sang dokter.

Selama ini banyak yang berpikir, bahwa usia-lah penyebab penurunan fungsi-fungsi tubuh manusia. Ternyata sebaliknya, penurunan kadar hormon-lah yang menyebabkan gangguan pada usia lanjut. Dengan adanya suplemen hormon dari luar tubuh, tentu kondisi/penyakit yang umumnya dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia, tidak akan dialami lagi.
Jenis hormon yang paling baik menurut dr Ali adalah Bio-Identical. Bio-idential means that the hormones are an exact atom-to-atom match to the hormones produced by the human body (dalam bahasa aslinya agar tidak salah).

Tubuh akan mengenali molekul BHRT dan memperlakukannya sama seperti hormon yang diproduksi oleh kelenjar manusia (ovarium, tiroid ataupun kelenjar adrenal).

Penyebutan Hormon berdasarkan cara kerja

Agar lebih mudah mengingat, Dr Ali memperkenalkan gelar-gelar tertentu kepada beberapa hormon seperti:


  1. Tiroid = The metabolic Hormone
  2. Estrogen = The primary Female Hormone
  3. Progesteron = The Hormone of Pregnancy
  4. Testosteron = The Hormon of Desire
  5. DHEA = Immune System Booster Hormone
  6. Melatonin = The Sleep Hormone
  7. Human Growth Hormone = in Childhood: Growth Hormone, in Adult = Healing Hormone
  8. Cortisol = The Stress Hormone


Acara sesudah makan siang

Sesudah makan siang, para peserta dikejutkan dengan pertanyaan menantang dari dr Ali,
"What do these ladies (Princess Diana, Broke Shields, Marie Osmond and Andrea Yates) have in common?".
Dr Ali kemudian menjelaskan bahwa mereka yang disebutkan itu, menderita apa yang disebut dengan Post Partum Depression. Sayangnya, saat itu belum banyak yang mengetahui bahwa sindrom tersebut bisa diatasi dengan Bio-Identical Hormone Replacement Therapy. Akibatnya para dokter menangani gejala sindroma tersebut dengan pelbagai obat-obat depresi / anti stress. (baca link Baby Blues di bawah).


Beberapa kondisi/keadaan/penyakit yang bisa diterapi dengan BIHRT
Menurut pembicara Anti Aging Medicine International tersebut, kekurangan level hormon dalam tubuh manusia bisa menyebabkan gangguan yang berarti baik pada wanita maupun pria. Beberapa di antaranya adalah:

  • Pada wanita:
    Pre-menstrual Syndrome (PMS), Fibrocystic breast disease, Uterine fibroids, Endometriosis, Polycystic ovarian syndrome (PCOS), Post Partum Depression, Premature ovarian failure (POF), Infertility, Allergies, Hypo-thyroidism peri and post-menopause

  • Pada pria:
    Hypo-thyroidism, Allergies, Sexual Dysfunction, Andropause and Mood Disorders


Contoh-contoh kasus
Pada sesi terakhir dari workshop ini dipaparkan contoh-contoh kasus yang pernah ditangani oleh Dr Ali. Hal ini disambut dengan antusias oleh para peserta yang sebagian besar sudah berpraktek dan menerapkan anti aging medicine. Diskusi seru pun terjadi.
Begitu serunya diskusi yang terjadi, hingga tak terasa workshop yang steril dari sponsor product manapun ini sudah harus berakhir sekitar pukul 5 sore. Wajah puas nampak dari para peserta dokter-dokter anti aging medicine.

Catatan:
Workshop sehari ini terselenggara berkat kerjasama American Academy of Anti-Aging Medicine (A4M), Center for Study of Anti-Aging Medicine (CSAAM) FK Udayana bersama dengan Perkumpulan Kedokteran Anti-Penuaan Indonesia (PERKAPI/ISAAM). Selain di Jakarta, workshop ini juga akan diadakan di Surabaya (12 Agustus) dan Bali (14 Agustus).

Artikel-artikel mengenai Baby Blues (Post Partum Depression):
  1. Membebaskan isteri dari Baby Blues
  2. Post-Partum Depression: Bila Bahagia berubah menjadi Benci
  3. Nita (mantan penderita Baby Blues menulis kisahnya)
  4. Buku Broke Shields

2 komentar:

Angling mengatakan...

Dok, saya sangat tertarik dengan istilah mendokterkan internet dan menginternetkan dokter karena dengan begitu jangkauan pelayanan seorang dokter bisa menjadi tak terbatas baik oleh waktu maupun tempat. DOk,saya mau tanya bagaimana cara menjadi seorang dokter keluarga? apa ada pendidikan spesialisasi di bidang tersebut di Indonesia? Karena yg saya tahu di luar negeri spesialisasi bidang tsb sudah populer.. Oiya,kita tukeran link ya,Dok.. Trmksh
-Angling
http://online-medicalstore.blogspot.com

Anonim mengatakan...

greetings..
maaf, dimana saya dpt membeli bio-identical di Indonesia?

from:gracelyblue@yahoo.com