IdBlogNetwork

Untuk pertama kalinya dikukuhkan Guru Besar dalam bidang Informatika Kedokteran

Sabtu, 24 Januari 2009 bisa disebut tanggal bersejarah bagi mereka yang bergerak di bidang Informatika Kedokteran. Pada tanggal tersebut bertempat di Auditorium Universitas Gunadarma di Depok Jawa Barat, telah dikukuhkan Guru Besar bidang Informatika Kedokteran. Siapa lagi kalau bukan Doktor Epidemiologi Klinik, dr Johan Harlan.
(catatan: bagi yang ingin jadi guru besar, sesuai dengan ketentuan Depdikbud, minimal harus sudah menjadi Doktor)

Penulis bersama dengan Pak Johan tergabung dalam suatu organisasi yang disebut dengan Perhimpunan Informatika Kedokteran Indonesia (PIKIN). Prestasi (baca: pengabdian) Pak Johan memang luar biasa. Selain menjadi Kepala Pusat Studi Informatika Kedokteran Universitas Gunadarma, Pak Johan juga pernah menerbitkan buku ajar mengenai Informatika Kesehatan. PS IK Gunadarma sendiri sangat getol mengadakan acara ilmiah mengenai Informatika Kedokteran. Sampai suatu waktu pernah mengundang mantan Presiden IMIA (International Medical Informatics Association), Prof KC Lun dari Singapura untuk berbicara di Universitas tersebut. Acara ini diteruskan via INHERENT (fasilitas teleconference di universitas) ke beberapa Universitas di Indonesia.

Selain itu, saya baru membaca riwayat hidup Pak Johan, ternyata beliau adalah lulusan terbaik dari SMA Kanisius Jakarta (1967 - 1969). Wah nggak nyangka ternyata Pak Johan anak Canisius College juga.
Foto: saat Prof Dr dr Johan Harlan (kanan) diwawancarai media cetak dan elektronik seusai acara. Beliau didampingi oleh Prof Dr Busono Soerowirdjo yang juga dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap Universitas Gunadarma bidang ilmu Teknik Elektro.

Selamat bagi kedua Prof yang baru saja dikukuhkan.

2 komentar:

Ronald T.Gultom mengatakan...

Bravo untuk Dr.Johan Harlan,

Sebagai salah seorang anggota PIKIN dan juga pengamat serta praktisi informatika kesehatan, saya ikut bangga dengan adanya seorang guru besar (pertama di Indonesia) di bidang informatika kedokteran.

Sebetulnya saya jg dapat undangan pelantikannya namun krn ada halangan jadi tidak bisa hadir. Karena itu thanks buat Dr.Erik yg telah menayangkan informasinya dlm blog ini sehingga saya dpt mengikuti berita yg uptodate.

Salam sukses utk para praktisi bidang Informatika kedokteran.


>> Ronald T. Gultom <<

haurissa mengatakan...

Proficiat dr. Johan.
Sesama Kanisian bangga nih =)

AMDG