IdBlogNetwork

The easy way to access Blackberry internet service abroad

To avoid a complicated procedures for apply blackberry internet access in foreign country with local providers (for example in Singapore with Starhub, we have to spare time for 3 hours each for subscribe and unsubscribe the services, so total of 6 hours), now I am using XL, the provider, who has a roaming facility cost-saving package in some countries. For postpaid package (BES), the procedure is pretty easy, just asked XL to open international access only. Thus, wherever we are as long as we choose a appropriate  local provider in the country, the cost is only  25,000 IDR / day, even (now) is free until December 31st, 2010.

Layanan akses blackberry murah meriah tanpa ribet di luar negeri

Bagi beberapa orang, layanan blackberry sudah tidak bisa ditinggalkan. Dengan gadget tersebut, seseorang bisa terus terhubung dengan kantor maupun dengan teman-temannya. Untuk itulah, setiap kali saya memperoleh oleh rejeki ke luar negeri, saya selalu berusaha mencari tahu bagaimana caranya agar bisa menggunakan layanan blackberry yang paling efisien dan praktis. Maklum, masih sensitive price user.

Tulisan berikut menceritakan bagaimana kita (yang masih sensitive price users) bisa menggunakan layanan blackberry murah meriah tanpa ribet. Mudah-mudahan cerita ini ada manfaatnya bagi Anda yang merencanakan akan ke luar negeri juga. Saat  tulisan ini di-publish, layanan tersebut (roaming di LN) telah gratis, artinya tanpa biaya.

Untuk menghindari terulangnya akses blackberry (BB) yg cukup ribet bersama provider lokal di luar negeri (waktu di Singapura dengan provder Starhub, kami mesti menghabiskan waktu masing-masing 3 jam di gerai mereka, untuk subscribe dan unsubscribe service. Jadi total 6 jam terbuang percuma untuk hal ini), maka jauh-jauh hari sebelumnya, saya sudah menggunakan provider XL yang katanya ada fasilitas roaming harga paket hemat di beberapa negara. Bagi paket pascabayar kantoran (BES), prosedurnya cukup mudah. Pastikan dulu roaming international sudah dibuka. Dengan demikian di mana pun kita berada, asalkan memilih provider lokal di negara tersebut yang sudah memiliki kerjasama dengan XL, biayanya hanya dikenakan Rp. 25.000 / hari.


Thanks God berkat doa dan restu dari teman-teman, akhirnya saat yang ditunggu datang juga. Kami mendapat kesempatan mengunjungi Hongkong. Berbeda dengan teman-teman lain segroup, saya dan isteri dengan santai menggunakan BB sama seperti di Jakarta. Email kantor (saya menggunakan BES) maupun BBm serta update status FB, Twitter dan Foursquare sekalipun bisa dilakukan dengan mudah.

Sesaat setelah mendarat di Hongkong, teman-teman se-group lainnya, sibuk membeli kartu lokal dan saling miss call, untuk mencatat nomor baru (temporary) mereka, sementara kami cukup memilih SmarTone, provider lokal yang bekerjasama dengan XL. Begitu mengetahui kami belum mengganti nomor lokal,  kemudian ada yang mengingatkan kami. "Hati-hati lho, tagihannya nanti bengkak". Lalu bermunculan cerita bahwa tagihan blackberry bisa bengkak hingga jutaan bahkan puluhan juta rupiah jika kita berani-berani mengakses internet  dan berBBM dari luar negeri. Bahkan -ini yang patut disayangkan, mungkin karena sosialiasinya kurang- teman-teman kami yang memiliki nomor XL pun, tidak berani menggunakan fasilitas tersebut.

Yang lebih mengejutkan, ternyata untuk menelpon ke nomor lokal, kami tidak perlu menggunakan kode nomor internasional lagi. Jadi dengan XL, seakan kami memiliki nomor lokal di Hongkong. Tapi dengan jujur kami mesti mengatakan, bahwa fasilitas SMS (yang ditujukan ke nomor lokal Hongkong) tidak bisa berfungsi alias SMS yang kami kirim tidak bisa diterima.


Program promosi hingga akhir tahun 2010
Agar lebih valid, berikut kami sampaikan informasi dari XL mengenai program mereka bagi yang sering atau memiliki rencana akan ke luar negeri hingga akhir tahun 2010 ini.

Penawaran gratis BlackBerry Internasional roaming data bagi pelanggan XL  BlackBerry ini tersedia di 7 operator di 7 negara yang menjadi anggota Axiata Group serta jaringan partner internasional XL, yaitu Malaysia (Celcom), Singapura (M1), Kamboja (Hello), Bangladesh (Robi), Sri Lanka (Dialog), Hongkong (SmarTone),dan  Jepang (Softbank), berlaku untuk pelanggan XL yang menggunakan kartu XL  Prabayar dan XL  Pascabayar


Untuk pelanggan baru XL BlackBerry One bulanan yang yang menggunakan kartu XL Prabayar bisa secara otomatis menikmati fasilitas gratis internasional roaming selama 3 hari pertama yang berlaku di 7 negara begitu mengaktifkan layanan XL BlackBerry dengan tarif hanya Rp. 99.000/bulan. Pelanggan tidak akan dikenakan biaya apapun untuk mengaktifkan layanan roaming internasionalnya. Fasilitas gratis roaming ini berlaku selama 3 hari pertama di negara yang dikunjungi serta untuk maksimal 3 kali kunjungan di negara tujuan dalam jangka waktu 30 hari atau sebulan. Untuk hari ke-4 dan seterusnya di setiap kunjungan akan dikenakan tarif roaming normal (Rp. 50.000/hari, erik)


Sementara bagi pelanggan XL BlackBerry yang menggunakan kartu XL Pascabayar, fasilitas gratis internasional roaming  bisa dinikmati selama 9 hari dalam jangka waktu 30 hari di 7 negara yang termasuk dalam daftar program bebas internasional roaming ini. Untuk hari ke-10 dan seterusnya, akan dikenakan tarif roaming normal. (Rp. 25.000/hari, erik)


Bagi pelanggan baru, cara mendapatkan fasilitas gratis layanan internasional roaming ini sangat mudah. Pelanggan cukup kirim SMS dengan menuliskan “BB(space)BULAN" lalu kirim ke 568. Setelah menerima notifikasi, jawab dengan ketik YA dan kirimlagi ke 568. Pelanggan akan mendapatkan notifikasi lagi yang menginformasikan bahwa dalam 24 jam layanan XL BlackBerry-nya akan aktif. Dengan aktifnya layanan XL BlackBerry, otomatis pula akan aktif fasilitas roaming internasional. Layanan Blackberry Roaming akan otomatis dihentikan saat pelanggan tiba di Indonesia.


Fasilitas gratis internasional roaming data ini merupakan inovasi layanan pertama di dunia, dan berlaku mulai 13 Oktober - 31 Desember 2010.

Tulisan ditulis saat billing statement telah diterima, dasar nggak percayaan ya.

4 komentar:

Alris mengatakan...

Saya berharap suatu saat bisa menggunakan BB di luar negeri, sehingga tips/informasi dari mas Erik ini memberikan manfaat nyata bagi saya. Kunjungan pertama saya ke blog menarik dan penuh informasi ini. Salam kenal dan sukses selalu.
(ALRIS)

Erik Tapan mengatakan...

Terima kasih Bung Alris. Doa saya menyertai Anda, sehingga cita-cita Anda bisa tercapai.

Okti Li mengatakan...

sayang Taiwan tdk termasuk ya? :(

iHermanescence mengatakan...

Blackberry ini akses internetnya menggunakan BIS dari RIM. XL, Telkomsel, dll hanya sebagai penyalur.
Jadi jika BIS error, ya otomatis semua gadget Blackberry akan error.