IdBlogNetwork

KH Said Aqil Siraj yang humoris


Acara Pers Conference Qurban 1 Milyar Extra Joss mempertemukan saya dengan Prof Dr KH Said Aqil Siraj MA. Sungguh tidak disangka, ternyata orangnya kocak. Banyak joke-joke (yang kalau dipikir dalam maknanya), terlontar dari pria yang saat ini menjadi  Ketua Umum Pengurus Besar Nadhdlatul Ulama periode 2010 - 2015.

Tak pelak, acara yang diselenggarakan di kantor PB NU Matraman Jakarta serta dihadiri oleh puluhan wartawan serta tamu undangan lainnya  menjadi cair dan penuh gelak tawa. Berkali-kali pria kelahiran Cirebon, 3 Juli 1953  menjelaskan kepada audience beberapa istilah dari Bahasa Arab. Berikut penjelasaran ringkas mengenai acara tersebut dilengkapi dengan tips merayakan Idul Adha dari sisi kesehatan.



Qurban 1 Milyar Extra Joss: Perwujudan Jiwa Laki Berani
Bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LazisNU), PT Bintang Toedjoe, produsen Extra Joss menyelenggarakan acara yang diberi nama Qurban 1 Milyar Extra Joss.
Acara tesebut diselenggarakan pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1432, yang jatuh pada Ahad 6 November 2011, berupa pemotongan sapi di 90 titik masjid / pesantren NU di 90 kota di Indonesia.

Buat teman-teman yang merayakan hari raya Idul Adha, saya ucapkan Happy Eid 1432.

Tips di Hari Raya Idul Idha
Salah satu penyakit yang bisa terjadi jika kita makan lemak (yang umumnya menjadi teman daging) berlebihan dalam waktu singkat adalah penyakit yang disebut dengan GERD (Gastroesophageal Reflux), yaitu penyakit yang ditandai dengan nyeri dada dan atau mulut terasa pahit. Jika hal ini berlangsung terus
menerus/kronis, maka bisa menyebabkan terjadinya sesak napas, batuk kronis, radang hidung kronis, radang pita suara hingga ngilu pada gigi (referensi dr Ari Fahrial Syam)

Hal ini terjadi karena membaliknya isi lambung ke kerongkongan (reflux/regurgitasi).

Bagi teman/sahabat/Bpk/Ibu yang saat ini sedang merayakan Hari Raya Idul Adha, ada beberapa tips:

  1. Hindari konsumsi daging secara berlebihan dalam waktu singkat.
  2. Jangan lupa untuk tetap konsumsi buah dan sayuran meskipun daging dan santan lebih menggoda
  3. Hindari konsumsi secara bersama antara  daging & jeroannya (usus, otak, dll).
  4. Jangan tidur/berbaring langsung setelah makan. Pastikan makanan telah terserap sempurna (umumnya 2 jam, bisa lebih lama jika makanan tersebut bersama zat-zat yang memperlama pencernaan seperti: santan/lemak, alkohol, kopi dan minuman bersoda lainnya, dll.)

Semoga dengan adanya tips tersebut, kita semua bisa melewati keceriaan di hari raya tanpa menyisakan masalah kesehatan di hari-hari selanjutnya.

Tertarik dengan info2 kesehatan follow twitter @eriktapanmd #infoantiaging

Tidak ada komentar: