IdBlogNetwork

Rapat Paripurna terakhir Pengurus KOMNAS LANSIA 2008 - 2011


Gbr 1. KOMNAS LANSIA periode 2008 - 2011

Salah satu badan yang mengurus lansia adalah Komisi Nasional Lanjut Usia. KOMNAS LANSIA dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden no 52 tahun 2004. Fungsi Komnas Lansia adalah wadah koordinasi antara pemerintah dan masyarakat yang bersifat non struktural dan independen. Adapun tugasnya antara lain, membantu Presiden dalam mengkoordinasi upaya peningkatan kesejahteraan sosial Lansia serta memberikan saran dan pertimbangan kepada Presiden dalam penyusunan kebijakan upaya peningkatan kesejahteraan sosial Lansia.

Gbr 2. Diskusi serius dg Ketua Komnas Lansia yg baru :)
Setiap bulan selama dua periode (2004 - '07 & 2008 - '11), di bawah pimpinan Dra Inten Suweno (Gbr 1. duduk, kedua dari sebelah kiri), para anggota selalu mengadakan pertemuan dalam bentuk Rapat Paripurna. Setelah dua periode, sesuai dengan AD/ART yang dimiliki, demi regenerasi organisasi, para pengurus lama perlu menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada pihak lain. Artinya tidak boleh menjabat untuk periode yang ketiga kalinya. Kemarin (13/02/12) untuk terakhir kalinya para anggota Komnas Lansia periode 2008 - 2011 berkumpul seperti yang dilihat pada potret di artikel ini. Banyak selamat kami ucapkan kepada pengurus Komnas Lansia periode 2012 - 2015 di bawah pimpinan Bpk H. Toni Hartono (Gbr 1. duduk, kedua dari sebelah kanan).




Lansia terlanjur dihubungkan dengan ketidakberdayaan
Banyak hal yang saya pelajari selama mengikuti Rapat Paripurna bulanan di Kemensos Salemba Jakarta. Selain materi yang sangat bermanfaat untuk lebih memahami dunia per-lansia-an di Indonesia dan dunia, ada beberapa hal yang masih menjadi tanda tanya bagi saya pribadi. Salah satunya yang berhubungan dengan artikel Konotasi kata "lansia" seperti tulisan saya sebelumnya. Adapun pertanyaan ini tidak bermaksud meragukan kompetensi Kemensos yang selama ini sudah sangat baik, namun hanya ingin melemparkan isu yang mudah-mudahan bisa membangun demi kepentingan bangsa dan negara.

Kenapa di Indonesia urusan per-lansia-an berada dalam bimbingan/naungan Kementerian Sosial? Bandingkan dengan keadaan di luar negeri. Umumnya urusan lansia ini masuk dalam Departement Kepemudaan. Contohnya di Singapura diurus oleh Ministry of Community Development, Youth and Sport.

Mungkin itu salah satu sebab (atau akibat), masyarakat menghubungkan kata "lansia" di Indonesia dengan kelompok yang sudah tidak berguna dan perlu dukungan sosial. Bagaimana pendapat Anda?


Artikel lain mengenai KOMNAS LANSIA:


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Ulasan yg menarik. secara umum memang telah tercipta paradigma bhw lansia adalah kelompok krg produktif, lemah. Saya sendiri pria 63 th msh beraktifitas normal, cukup sehat, bugar. pendapat pribadi saya lansia perlu interaksi setara dengan kelompok usia yg lbh muda untuk lbh menstimulasi wawasan, harapan, semangat hidup. mgkn perlu "lokomotif" untuk melakukan breaktrouh merubah paragigma yg terlanjur negatif. Salam : Setiawan