IdBlogNetwork

Fwd: Menjadi Pasien Cerdas, Bisa kan?


Menjadi pasien cerdas sudah menjadi keharusan. Perkembangan pesat teknologi informasi, khususnya internet membantu masyarakat untuk mencari informasi mengenai berbagai jenis penyakit dan mendiskusikannya dengan dokter.

Jika suatu ketika Anda sakit, penting untuk mencari tahu tentang penyakit tesebut di internet, mengetahu gejala hingga opsi pengobatan yang bisa dilakukan.

Mungkin Anda pernah mengalami penyakit yang sama, berobat ke dokter berbeda, dan menerima resep yang berbeda pula, baik dalam jumlah maupun jenis. Untuk kasus ini, sebaiknya Anda bertanya mengapa bisa seperti itu.

“Jangan segan bertanya kepada dokter, karena dokter yang baik semestinya dengan senang hati mendiskusikan penyakit dan pengobatannya dengan pasien. Hubungan dokter-pasien harus dilandasi kepercayaan,” kata  Ketua Sub Komite Marketing Practices IPMG (International Pharmaceutical Manufacturer Group) Gilbert Julien pada media edukasi yang digagas Sanofi-Aventis Indonesia di Jakarta, Selasa (23/11).



Dia menyarankan pasien untuk tidak takut kepada dokter. “Jika Anda tidak paham mengenai apa yang diterangkan, Anda berhak bertanya. Jika dokter ternyata gusar saat ditanya-tanya, lebih baik mencari opsi ke dokter lain yang dengan senang hati mau menjelaskan pertanyaan Anda, terkait obat atau penyakit,” ujar Gilbert.

Sayangnya sebagian masyarakat Indonesia masih menganggap dokter adalah segalanya, ibarat ‘dewa’ yang tidak bisa dibantah. “Ini anggapan keliru dan harus diluruskan. Komunikasi yang baik akan memunculkan rasa percaya antara dokter dan pasien,” imbuhnya.

Untuk mereka yang kurang mengakses internet untuk mencari informasi, Gilbert menyarankan berkumpul bersama komunitas untuk saling berbagi pengalaman. “Dari situ biasanya akan didapat informasi mengenai penyakit serta pengobatan apa yang tersedia. Jadi Anda selalu punya pilihan,” pungkasnya.

Sumber: Go4HealthyLife

Tidak ada komentar: