IdBlogNetwork

Seminar & Workshop Ketrampilan Pengendalian TB Paru di Tempat Kerja, 11 SKP IDI

TB is a workplace issue too! It should be well managed!

It might be usefull for you or your friends

Banyak laporan bahwa TB juga sering ditularkan antar teman sekerja.

Bagi perusahaan, TB paru menurunkan produktivitas penderita dan teman sekerjanya, juga menambah biaya pengobatan pekerja dan anggota keluarganya. Namun dengan penatalaksanaan  yang efektif, pekerja dapat kembali bekerja setelah dua atau empat minggu tanpa berisiko menularkan kepada rekan kerjanya.

Program pengendalian TB di tempat kerja sangat strategis, karena pekerja dapat hadir berobat dan diedukasi secara rutin. Kompetensi dokter yang bekerja di perusahaan atau sebagai provider di ranah publik (Dokter Kesehatan Kerja) dalam pengendalian TB sangat dituntut. Di samping itu ketrampilan penatalaksanaan TB oleh dokter yang berkompeten dapat mencegah timbulnya kasus TB yang resisten terhadap berbagai obat (mixed drug resistensi/MDR).




Keunggulan  Seminar dan Workshop


  1. Peserta mempunyai kompetensi membaca foto toraks yang didapat dari hasil MCU sehingga peserta mampu membedakan foto normal, dan merujuk foto yang tidak normal untuk diagnosis dini agar dapat dilakukan penanganan segera (early diagnosis and prompt treatment).
  2. Peserta mendapatkan pengetahuan dan termotivasi untuk mendiagnosis TB paru akibat kerja dengan metode standar yang terkini, serta keterampilan melakukan terapi serta pengelolaan kasus secara medis maupun administratif di tempat kerja.
  3. Terampil mendiagnosis kasus TB. Hal ini sangat penting untuk sejawat yang melakukan rekruitment calon pekerja yang akan dikirimkan ke luar negeri, mengingat persyaratan kesehatan dari negara tujuan yang mengharuskan calon tenaga kerja bebas TB.
  4. Fasilitator adalah akademisi dan praktisi dari Departemen Pulmonologi FKUI dan Departemen K3 FKMUI serta dokter perusahaan, yang berpengalaman di bidangnya.


Hari & Tempat Penyelenggaraan

Kamis dan Jumat, 12 - 13 Juli 2012
Hotel Bidakara, Pancoran Jaksel
Penyelenggara: PP IDKI dengan FKUI / RS Persahabatan


Segera mendaftar! Tempat sangat terbatas dan mohon maaf tidak ada  pendaftaran on site. Bila TS berminat, silakan contact saya <dr_erik_tapan@yahoo.com> (jangan lupa sertakan nama TS dan instansi tempat TS bekerja) . Akan kami kirimkan second annoucement berisi brosur (info lebih detil) dan form registration.

Atas perhatian dan kerjasama TS, saya mengucapkan banyak terimakasih. Semoga kerjasama kita dapat bermanfaat dalam melindungi dan meningkatkan kapasitas kerja dan kesehatan pekerja di tanah air tercinta. Sampai jumpa di semiloka.

Testimoni peserta
Beberapa komentar yang sangat positif dari peserta workshop yang sama sebelumnya adalah sebagai berikut:
•“Bahan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan”
•“Selama 2 hari pelatihan, ilmu yang didapat melebihi harapan”
•“Jumlah peserta yang dibatasi membuat diskusi dengan fasilitator sangat efektif”

Tidak ada komentar: