IdBlogNetwork

Update pembagian Penyakit Gangguan Ginjal


Berbeda dengan pembagian / klasifikasi beberapa waktu yang lalu, saat ini penyebab gangguan ginjal (kronik) hanya dibagi atas 3 bagian saja: (1) yang disebabkan oleh penyakit kencing manis, (2) non DM dan (3) pasca transplantasi.

Hal ini disampaikan Rully MA Roesli saat memberi presentasi di Aula RS Meilia Cibubur, Sabtu 9 Juni 2012 yang lalu. Bertajuk "Pengelolaan Gagal Ginjal", Guru Besar Penyakit Dalam FK Unpad Bandung tersebut menjelaskan kepada para dokter umum, perawat dan undangan lainnya seputar Gangguan Ginjal Akut dan Kronis.

Ternyata sama dengan perjalanan Gangguan Ginjal Kronis, pembagian Gangguan Ginjal Akut pun ada progressnya, sebelum sampai pada Gagal Ginjal Akut. Hendaknya para dokter / nakes mengawasi / waspada terhadap pasien yang mengalami gangguan ginjal akut sejak dari awal, pesan Rully. Sangat penting memantau output urine yang keluar selain TNRS (tensi, nadi, pernapasan dan suhu tubuh) pasien-pasien yang dirawat karena dehidrasi, sepsi dan pasca operasi.



Sesi terakhir dari presentasi yang berlangsung selama 2 jam ini, Rully meng-update para peserta seminar dengan informasi terbaru mengenai jenis-jenis mesin hemodialisis (cuci darah). Diperkenalkan mesin HD yang sudah dimiliki RS Meilia, yang begitu canggihnya sehingga proses pembersihan bisa lebih bersih serta tidak banyak membuang zat-zat gizi yang bermanfaat (vitamin, mineral, protein, dll.).

Ditemui selesai acara, Deliana wakil dari Renalmed (penjual mesin tersebut) menjelaskan bahwa dengan menggunakan mesin ini, banyak pasien kadar HBnya tidak cepat drop sehingga bisa mengurangi penggunaan hormon epo, yaitu hormon yang bisa meningkatkan HB darah yang umum digunakan pasien-pasien gagal ginjal terminal.
Makin canggih aja nih...

Link ke informasi mengenai alat terapi pengganti ginjal yang portabel yang sempat dimention oleh pembicara.

Tidak ada komentar: