IdBlogNetwork

Rahasia Awet Muda

Di sela2 acara, mereka motret :)

Belum lama ini saya didatangi tim jurnalis dari Okezone. Diskusi cukup hangat mengenai Anti Aging atau Awet Muda berlangsung dengan cair di Klinik kami. Berikut salah satu laporannya yang mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca. Ditulis dari pandangan seorang jurnalis.

TAHUKAH Anda bahwa ternyata kita memiliki dua umur yang berbeda? Ya, kita punya umur yang disebut umur kronologis dan umur biologis. Salah satunya dapat kita buat lebih muda dan sehat.

Mungkin sebagian dari Anda belum tahu betul apa itu umur kronologis dan umur biologis. Umur kronologis adalah umur yang biasa ada di KTP kita, umur yang tidak bisa diubah ketentuannya. Sementara umur biologis adalah umur dari organ-organ yang ada di dalam tubuh kita, dan dapat berusia lebih muda atau lebih tua dari umur kronologis kita.


Itulah mengapa terkadang kita melihat beberapa orang punya uban, flek hitam, atau keriput, padahal usianya masih sangat muda, karena bisa jadi umur biologisnya lebih tua daripada umur kronolgisnya.

"Umur biologis dapat kita jadikan lebih muda atau lebih tua, caranya tentu dengan rajin berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat," ungkap Erik Tapan, dr. MHA, seorang seorang Anti-Aging Consultant.

Diungkapkan dokter yang gemar menulis ini, umur biologis yang lebih tua daripada umur kronologis dapat menimbulkan penuaan dini. Dan saat ini banyak kasus penuaan dini terjadi akibat dari gaya hidup yang tidak sehat dan pengaruh radikal bebas.

"Untuk mengukur umur biologis, Anda dapat menggunakan semacanm alat yang dapat menunjukkan umur dari organ dalam tubuh Anda secara umum, bisa juga dilakukan secara detail dengan memeriksa hormon tubuh, kekuatan otot, screening organ, dan lain-lain," tutur dr Erik.

Untuk menjaga agar umur biologis kita tetap muda dan sehat, maka kita perlu untuk melakukan gaya hidup sehat, menjaga asupan makanan, dan berolahraga secara teratur. “Metabolisme yang baik akan membantu organ-organ di dalam tubuh Anda menjadi lebih sehat dan tentu awet muda,” kata dr.Erik. (ina)
(tty)

Seperti yang dimuat di: http://health.okezone.com

Tidak ada komentar: