IdBlogNetwork

Komnas Lansia: Memaksimalkan Potensi Penduduk Lansia di Indonesia

Ketua II KOMNAS LANSIA, Bpk. H. Toni Hartono

"Mayoritas penduduk lansia (berusia sekurang-kuranganya 60 tahun) tinggal di pedesaan dengan kondisi sosial ekonomi yang masih memprihatinkan. Komitmen pemerintah dalam penanganan lansia cukup menggembirakan namun implementasinya masih memerlukan kesadaran dan kepedulian berbagai pihak yang terkait dengan penanganan lansia", demikian sambutan Ketua II Komnas Lansia  H. Toni Hartono pada Seminar Tentang Partisipasi Masyarakat dalam Meningkatkan Kesejahteraan Lansia yang diadakan di Hotel Acacia Jakarta, 20 November 2012.

2 topik penelitian yang dipresentasikan
Acara yang berlangsung setengah hari tersebut memaparkan 2 hasil penelitian yang dilakukan Pokja Komnas Lansia yaitu:

  1. Survei Partisipasi Masyarakat dalam Meningkatkan Kesejahteraan Lanjut Usia dan "Up-80"
  2. Peran Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Lanjut Usia melalui Silver College di 5 Propinsi: NTT, Malaku, SULUT, Bali & Kalteng

Disela-sela seminar, Ketua II Komnas Lansia, Toni Hartono manambahkan bahwa kita harus dapat berupaya menghadapi tantangan dan memaksimalkan kesempatan bagi penduduk lansia yang semakin meningkat jumlahnya yang akan menentukan apakah masyarakat akan memperoleh hasil positif dari umur panjangnya itu (longevity dividend).



Seperti diketahui, dari 15 negara yang saat ini berpenduduk lansia lebih dari 10 juta jiwa, 7 negara diantaranya adalah negara berkembang (termasuk Indonesia). Hal ini dicapai antara lain karena kemajuan di bidang teknologi kedokteran, perawatan kesehatan, pembangunan di bidang ekonomi. Tercatat  dengan jumlah lansia sekitar 23 juta orang (pada tahun 2010) dan diperkirakan akan meningkat menjadi 29 juta orang pada tahun 2020, usia harapan hidup penduduk Indonesia saat ini telah mencapai 71 tahun. Dengan kerjasama segenap pihak diharapkan persoalan lansia di Indonesia bisa tertangani dengan baik, apalagi dengan aktifnya Komnas Lansia saat ini di bawah kepemimpinan Bpk Toni Hartono.


Artikel lain mengenai KOMNAS LANSIA:


Tidak ada komentar: