IdBlogNetwork

Benarkah makan cabai bisa menurunkan berat badan?

Mungkinkah mereka makan cabai jadi kurus?

Akhir-akhir ini sering didengung-dengungkan mengenai manfaat cabai sebagai salah satu makanan penurun berat badan. Terakhir seperti artikel yang bisa kita baca di detik.com.

Saya kutip keterangannya:
4. Cabai
Makanan pedas dapat membantu penurunan berat badan. Tubuh akan membakar lemak ketika Anda makan makanan pedas, karena tubuh menjadi panas dan makanan pedas seperti cabai merah mengendalikan nafsu makan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga menurunkan berat badan.

Secara logika memang masuk akal. Bukankah dengan meningkat metabolisme (yang dihasilkan dari panasnya cabai) berarti tubuh membutuhkan lebih banyak kalori dengan hasilnya akan membuat tubuh lebih kurus?



Namun apa yang disampaikan pernyataan di atas itulah yang disebut dengan teori yang hanya berdasarkan percobaan di laboratorium semata atau sering disebut dengan In Vitro.

Kenyataannya jika itu dicoba pada tubuh manusia (biasa disebut dengan In Vivo), kita semua tahu apa hasilnya jika seseorang menambahkan cabai pada makanannya.

Dan anehnya, pernyataan2 seperti ini dikutip oleh berbagai situs berita Indonesia tanpa pernah berpikir apakah masuk akal atau tidak.

Bagaimana pendapat Anda?

Catatan:
Tulisan ini dibuat untuk menjelaskan bahwa adakalanya hasil yang didapat dari In Vitro bisa berbeda dengan In Vivo.


Ini Dia Nutrisi Pembakar Lemak di Tubuh Wanita
Merry Wahyuningsih - detikHealth
Jumat, 28/12/2012 09:02 WIB
Sumber:
health.detik.com/read/2012/12/28/090224/2128493/766/ini-dia-nutrisi-pembakar-lemak-di-tubuh-wanita


Jakarta, Bagi wanita, urusan berat badan sangatlah penting. Tak jarang, ada wanita yang rela melakukan apapun agar angka di timbangannya bisa turun. Dari makanan, setidaknya ada nutrisi yang bisa jadi pembakar lemak di tubuh wanita. Apa saja?

Saat liburan Natal dan tahun baru, tidak sedikit wanita yang mengalami kenaikan berat badan karena tidak teraturnya pola makan. Untuk mengatasinya, ada beberapa makanan yang dapat membakar lemak lebih cepat.

Berikut beberapa makanan yang bisa jadi pembakar lemak di tubuh wanita, seperti dilansir Boldsky, Jumat (28/12/2012):

1. Grapefruit
Buah ini merupakan sumber yang kaya vitamin C. Selain menaikkan metabolisme tubuh, juga membakar timbunan lemak dari tubuh dan juga menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL). Manfaat lain, grapefruit juga memiliki senyawa pelawan kanker seperti liminoids dan likopen.

2. Bayam
Wanita harus menyertakan sayuran hijau bayam dan lainnya seperti brokoli, asparagus karena sayuran tersebut kaya akan serat dan rendah kalori. Anda akan tetap kenyang sekaligus membakar lemak tubuh pada waktu yang sama.

3. Gandum Utuh
Gandum utuh banyak mengandung serat, antioksidan dan vitamin. Seluruh butir juga mudah dicerna, rendah kalori dan juga menyediakan nutrisi bagi tubuh.

4. Cabai
Makanan pedas dapat membantu penurunan berat badan. Tubuh akan membakar lemak ketika Anda makan makanan pedas, karena tubuh menjadi panas dan makanan pedas seperti cabai merah mengendalikan nafsu makan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga menurunkan berat badan.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan khususnya almond merupakan makanan ringan yang sehat. Makanan ini kaya akan serat, nutrisi dan vitamin. Jadi snack ini dapat mengontrol rasa lapar dan juga membakar lemak tubuh.

6. Jeruk
Buah ini efektif untuk membakar kalori. Jeruk rendah kalori dan dapat memecah timbunan lemak di dalam tubuh.


(mer/vit) 

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Katanya untuk awet muda....kalau awet muda ada benarnya. Buktinya orang Manado, meskipun sudah tua (oma2), tapi tetap cantik.

Rasmin Junus

Erik Tapan mengatakan...

Saya juga sudah pernah membaca mengenai hal tersebut (cabe untuk antioksidan). Mungkin kalau dalam bentuk suplement yang tidak pedes, manfaatnya jauh lebih efektif.
Thanks ts Rasmin.

Anonim mengatakan...

Rik, umumnya kalau makan yang pedas2 justru akan membuat seseorang makin banyak makannya. Hasilnya gemuk pastinya.

Royke Burhan

ciri ciri penyakit chikungunya mengatakan...

wah,,, boleh juga tuh dicoba,,,!
seorang artis juga sudah membuktikan, dapat melangsingkan tubuh dengan banyak mengonsumsi cabe sampai dia masuk RS...

jagat satria mengatakan...

klo obat penangkal miskin ada nda????klo ada pst laku keras