IdBlogNetwork

Jangan pandang enteng jika sakit kepala & pusing

dr Pukovisa SpS sedang menjelaskan ttg Migren
Pusing dan Sakit Kepala adalah gejala yang sudah sangat merakyat. Begitu merakyatnya gejala ini, hingga di pasar tersedia berbagai macam cara mengatasinya, mulai dari yang sudah terbukti (istilah kerennya "evidence based") hingga yang masih berupa mitos.

Untuk membekali pengetahuan para dokter, khususnya dokter umum sebagai garda terdepan pelayanan masyarakat, maka CME Departemen Neurologi FKUI/RSCM bekerjasama dengan IDI cabang Jakarta Pusat pada Sabtu, 25 Mei 2013 mengadakan acara yang diberi nama Workshop dan Mini Simposium Sehari Vertigo dan Migren di Hotel Sofyan Betawi Jakarta.


Sesi Pertama Vertigo
Dr. Freddy Sitorus, Sps(K) memulai sesi ilmiah pertama dengan menjelaskan bagaimana membedakan Vertigo Vestibuler Sentral dan Perifer, yang diikuti pemaparan Penatalaksanaan Vertigo baik yang menggunakan bukan-obat (non-medikamentosa) maupun obat-obatan (medikamentosa). Ternyata ada cara mengatasi vertigo tanpa menggunakan obat-obatan kimiawi.

Selesai pemaparan 2 ahli vertigo tersebut, para dokter mengikuti wokshop berupa cara memeriksa pasien yang datang dengan keluhan Vertigo. Kembali dengan lincahnya dr Freddy memperagakan (langsung menggunakan "pasien") bagaimana cara menganamnesis (wawancara) maupun pemeriksaan neurologisnya.


Sesi Kedua Migren
Setelah makan siang, para peserta dengan antusias mendengar penjelasan dari  dr. Pukovisa Prawiroharjo SpS mgengenai Alogaritma Praktis Diagnosis dan Tatalaksana Migren yang dilanjutkan dengan topik Etika pada Kasus Migren dan Vertigo.

Meskipun hari sudah sore, namun workshop Migren berlangsung dengan meriah berkat kepintaran dr Pukovisa dan moderator memancing minat para peserta dengan kuis-kuis menarik.

Berikut beberapa poin yang sempat di twit:


1 komentar:

spion lipat otomatis mengatakan...

informasinya bermanfaat untuk banyak orang yang bekerja kantoran seperti saya.
thank you Dok.