IdBlogNetwork

Pencegahan Kemiskinan & Asuransi Sosial Orang Tua Indonesia bersama Komnas Lansia & CAS UI

Bertempat di Hotel Borobudur Jakarta, 8 Mei 2013 yang lalu, telah dilaksanakan Southeast Asian Countries Meeting and Workshop on "Older Person's Social Security and Poverty Prevention" oleh Komite Nasional Lanjut Usia / KOMNAS LANSIA (National Commission for Older Persons (NCOP)) yang bekerjasama dengan Pusat Studi Keorangtuaan UI / Centre for Ageing Studies Universitas Indonesia (CAS-UI) Jakarta.

 Latar belakang acara ini menurut Ketua 2 Komnas Lansia, H. Toni Hartono karena melihat perubahan demografi dari negara-negara ASEAN terutama perkembangan jumlah penduduk usia lanjut. Saat ini, secara global ada sekitar 810 juta (11%) penduduk dunia berusia 60 tahun dan lebih. Diperkirakan pada tahun 2050 akan menjadi 20% yang mana pada tahun 2047, jumlah lansia akan melewati jumlah anak-anak yang berusia 14 tahun.

Direktur CAS-UI, Prof Tri Budi W. Rahardjo menambahkan, berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2010, Indonesia memiliki 4,7juta penduduk berusia 65 - 69 tahun, 3,5 juta berusia 70-74 tahun dan 3,8 juta berusia 75 tahun dan lebih. Artinya ada sekitar 12 juta penduduk Indonesia bisa dikategorikan Lansia. Sayangnya, kebanyakan dari Lansia Indonesia belum memiliki asuransi hari tua / program pensiun lainnya. 

Nara Sumber lainnya 




Nara sumber acara ini datang dari berbagai negara ASEAN seperti:

  • Ms Fiona Howell dari Kantor Wakil Presiden RI 
  • Dr H. Sulastomo, pakar jaminan sosial Indonesia 
  • Mr Uripto Widjaja, pengusaha swasta dari Yayasan Karisma Widjaja 
  • Dr Thelma Kay dari Singapura 
  • Dr Rahimah Ibrahim dari Malaysia 
  • Dr Giang Thanh Long dari Vietnam 
  • Prof Eef Hogervorst dari Inggris 
  • dll.

Dokumentasi
Dokumentasi acara ini bisa dilihat di sini atau 
 http://www.facebook.com/media/set/?set=a.10201203781682383.1073741829.1406016449 .


Artikel lain mengenai KOMNAS LANSIA:


1 komentar:

caiss cubidubibuloaloa mengatakan...

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Asuransi. Asurasi merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan keuangan, namun dikarenakan rendahnya kesadaran masyarakat dan mitos miring yang beredar di masyarakat seputar asuransi membuat masyarakat enggan untuk membeli produk asuransi.
Pertanyaan yang sering muncul di masyarakat adalah, seberapa penting asuransi di dalam kehidupan? Jawabnya adalah sangat penting. Untuk mengetahui seberapa penting asuransi, Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Asuransi yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Asuransi