IdBlogNetwork

Komnas Lansia, ternyata aturan ttg pelayanan Lansia banyak lho

dr Asviretty, Ketua Pokja II Komnas Lansia
Seminar yang diselenggarakan oleh Komnas Lansia di Jakarta 30 September 2013, menunjukkan bahwa ternyata aturan perundangan yang berkaitan dengan pelayanan untuk mendapatkan kemudahan penduduk lansia (berusia 60 tahun ke atas) itu banyak. Sayang dalam kenyataannya, belum banyak yang menerapkannya (terutama di kalangan swasta) alias belum terimplentasi dengan baik. Beberapa penyebabnya adalah: belum adanya law enforcement yang bisa saja disebabkan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai hal ini. Demikian kesimpulan setelah saya menghadiri seminar yang berjudul "Hasil Kajian Implementasi Kemudahan Penggunaan Sarana dan Prasarana Umum"

Dalam pembukaannya, Ketua  II Komnas Lansia, H. Toni Hartono mengatakan bahwa peningkatan penduduk lansi di Indonesia tergolong tercepat dibanding kelompok usia lainnya. Pada tahun 2000, prosentase penduduk Lansia adalah 7,18% dari totol penduduk dan diprediksi akan menjadi 2 kali lipat pada tahun 2020.



Mengingat banyaknya jumlah penduduk lansia, sudah saatnya baik pemerintah maupun kalangan swasta lebih peduli terhadap fasilitas umum yang sebenarnya sudah diamanatkan undang-undang. Untuk itulah melalui Pokja II Komnas Lansia yang dipimpin oleh dr Asviretty telah dilakukan Kajian Awal (Prelimenary Study) mengenai Pelayanan untuk mendapatkan kemudahan dalam penggunaan sarana & pra sarana umum bagi lanjut usia.

Berikut live report jalannya acara tersebut dari Twitter @eriktapanmd


Penulis mengusulkan agar ada kemauan dari para pelaksana/operator yang berhubungan dengan hal ini, ada baiknya dibuat sistem pemberian reward, piagam, dll.

2 komentar:

dandi mengatakan...

komentar pertama ane di blog ini :D

Erik Tapan mengatakan...

Terima kasih.