IdBlogNetwork

Seminar Peran Perguruan Tinggi dalam penanganan Lansia oleh Komnas Lansia

Tidak terasa, diakui atau pun tidak, usia harapan hidup rata-rata penduduk Indonesia sudah meningkat. Angka pada tahun ini (2013) adalah 72 tahun. Kondisi ini membuat jumlah penduduk lansia (mereka yang berusia sama atau lebih dari 60 tahun) di Indonesia meningkat. Data dari Susenas Kemensos menunjukkan bahwa  jumlah penduduk lansia berusia 80 tahun ke atas saat ini sudah mencapai 1,5 juta orang atau sekitar 7% dari jumlah penduduk lansia di Indonesia. Demikian penjelasan Toni Hartono, Ketua II Komnas Lansia saat membuka Seminar Hasil Kajian Potensi Peran Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Lanjut Usia melalui wadah Penggiat Lansia, di Hotel Acacia, Rabu 11 September 2013.

Melalui Pokja V Komnas Lansia yang diketuai oleh Prof Clara, sejak tahun lalu, telah diadakan workshop kepada 10 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia mengenai program pemberdayaan lansia melalui suatu wadah penggiat yang dinamakan Silver College.

Latar belakangnya adalah, diantara para lansia yang saat ini sudah berjumlah 23,9 juta (2010), terdapat lansia potensial dengan pendidikan yang tinggi, memiliki keahlian di bidang tertentu yang layak diberdayakan. Dengan demikian lansia potensial tersebut dapat mengamalkan ilmu dan pengalamannya serta bisa memberi makna kehadirannya sebagai warga terhormat, bukan warga renta yang sudah tidak berdaya dalam pandangan masyarakat dan keluarga.

Mereka yang mendukung Silver College
Berikut 10 propinsi yang sudah menerima sosialisasi dan bersedia join pada Program Silver College yang dimotori oleh Komnas Lansia:


  1. Nusa Tenggara Timur
  2. Maluku
  3. Sulawesi Utara
  4. Bali
  5. Kalimantan Tengah
  6. Nusa Tenggara Barat
  7. Sulawesi Tengah
  8. Jambi
  9. Sumatera Selatan
  10. Papua

2 komentar:

Sinelogix mengatakan...

Like your blog information guys
Web Designer in Bangalore

Erik Tapan mengatakan...

Thanks