IdBlogNetwork

Video Conference menggunakan ClickMeeting

Gambar 1. tampilan saat penulis mempresentasikan *.ppt
Saat ini, saya sedang mencari produk video conference yang sesuai dengan kondisi saya di Jakarta Indonesia. Setelah mencoba video conference dari TalkFusion (Video Conference menggunakan Talk Fusion), tulisan saya di bawah ini merupakan pengalaman saya menggunakan video conference ClickMeeting, pada hari ini tanggal Jumat 26 Desember 2014, sekitar pukul 12:00 WIB siang.


Product Click Meeting sering saya lihat  banner iklan- nya pada berbagai social media. Kemungkinan pihak Social Media sudah mengetahui bahwa saya sedang mencari product video conference. Jadi sebagian besar halaman social media yang saya buka, banner ClickMeeting ini pun muncul.

Baiklah tanpa berpanjang lebar lagi, saya akan membagi pengalaman saya ber video conference, dimulai dari pengalaman saya dengan mereka yang menggunakan gadget dan selanjutnya dengan mereka menggunakan notebook/komputer/MAC:


Menggunakan Gadget
Gambar 2. dr Tony (yang menggunakan HP Asus),
akhirnya berhasil melakukan video conference,
tapi suara saya delay
Dari beberapa teman yang saya undang/invite, kesimpulan saya, produk  Clickmeeting ini akan mengalami kesulitan jika ada pesertanya yang menggunakan gadget.

Beberapa orang yang saya undang tidak bisa join. Kalau pun bisa masuk dalam ruang diskusi, ada yang hanya bisa mendengar dan melihat saja. Interaksinya pun hanya bisa via chat. Paling maksimal berdiskusi dengan suara saya yang terlambat/delay. Jadi setiap kali saya berbicara, saya harus menunggu suara saya terdengar di gadgetnya.



Menggunakan Notebook / MAC
Gambar 3. Video Conference dengan White Board
Berbeda halnya jikalau teman berbicara saya menggunakan notebook/PC/MAC dengan internet akses yang mumpuni. Hasilnya pun sempurna. Kita bisa berdiskusi secara normal, audio visual. Bahkan saya bisa melakukan presentasi dengan *.ppt, menggambar maupun menulis di board-nya ClickMeeting ini.










Tips menggunakan video conference ClickMeeting
Gambar 4. Cara mengaktifkan Speaker & Kamera
Supaya diskusi dengan video conference Click Meeting bisa nyaman, perlu memperhatikan:


  • persiapkan email address dan ID diskusi karena setiap masuk room chat, peserta akan ditanya email address / account FB dan ID diskusi-nya. ID diskusi ini bisa ditanyakan ke pembuat room / conference-nya seperti gambar di bawah.
  • fasilitas peserta / presenternya lebih terbatas dibandingkan Talk Fusion, yaitu maksimal 3 (presenter) dan 5 (peserta)
  • hati-hati jika salah satu presenter ingin keluar, room-nya langsung ketutup
  • text di chatting sudah HTML (di Talk Fusion belum HTML) sehingga bisa langsung di-klik saat teman chatting kita mengirim URL/Link


Kesimpulan
Gambar 5. Jangan lupa menghafal ID meeting room
Jika ingin melakukan video conference maksimal 5 orang saja, product ini rekomendasi untuk digunakan. Harga/biaya langganan bulanannya terjangkau. Tidak ada biaya awal. Tentu saat ber-video conference, harus melakukan persiapan terlebih dahulu dan melakukannya dengan komputer/notebook.
Jika ingin ber-video conference lebih dari 5 peserta, perlu ada tambahan biaya langganannya.


Ada program video conference lainnya?

Di akhir tulisan ini, saya ingin minta masukan pembaca, kira-kira software/aplikasi/program apa yang cocok digunakan untuk ber-video conference di Indonesia?

Tulisan saya lainnya mengenai Video Conference:



Tidak ada komentar: