IdBlogNetwork

Tipe-tipe Pemimpin berdasarkan keadaan kritis

Akhir-akhir ini, kita bisa merasakan penderitaan yang dialami oleh keluarga/sahabat/rekan kerja kita di pulau Sumatera, Kalimantan bahkan Sulawesi. Penderitaan yang diakibatkan oleh pembakaran hutan untuk dijadikan perkebunan kelapa sawit. Menurut informasi, cara membakar tersebut awal-awalnya dirasakan bermanfaat dan murah, tapi pada akhirnya sampai pada keadaan yang tidak bisa ditanggulangi sehingga membuat penduduk daerah tersebut menjadi susah untuk bernapas. Mudah-mudahan penderitaan keluarga/rekan kerja kita ini bisa segera berakhir.

Sehubungan dengan hal tersebut, sebenarnya kalau kita perhatikan, tipe-tipe pemimpin dalam satu peruahaan bisa dianalogikan dengan keadaan tersebut:

1. Tipe pembakar
Pemimpin tipe ini, bisa disebut pemimpin yang bisa memberi solusi jangka pendek. Jika ada satu masalah, yang bersangkutan bisa memberikan solusinya dengan harga yang dianggap murah (efisien). Kelihatan menguntungkan saat itu. Namun sang pemimpin tipe pembakar ini belum memperhitungkan efek jangka panjangnya. Istilahnya berpikirnya kurang strategis. Hanya bisa menyelesaikan / solusi jangka pendek.


2. Tipe Pemadam
Pemimpin tipe ini sangat dibutuhkan jika keadaan sudah tidak terkendali atau krisis. Dalam istilah kedokteran, pasien sudah kritis dan harus segera masuk UGD/Unit Gawat Darurat. Sang pemimpin dengan segala sumber daya yang ada, berusaha memadamkan api yang telah menyala besar. Tentu dalam hal ini juga dibutuhkan sumber daya yang besar (all out). Berapa besar, efisien atau efektifkah, sudah tidak peduli lagi. Yang penting hutan tidak terbakar tambah parah dan masyarakat di sekitarnya bisa segera bernapas kembali. Kembali normal.

3. Tipe Pencegah
Tipe pemimpin seperti ini memang terlihat kurang “berprestasi” jikalau prestasi dinilai seberapa sering api bisa dipadamkan. Karena apa, pemimpin tipe ini lebih senang membuat sistem yang bersifat pencegahan. Umumnya tipe pemimpin seperti ini cocok (dan dihargai) pada situasi dimana api sudah padam dan situasi mulai terkendali.

Jadi menurut Anda, mana pemimpin yang ideal?

Tidak ada komentar: