IdBlogNetwork

Acara launch Sertifikasi Humas Rumah Sakit

Untuk pertama kalinya bertemu langsung dg Pak Anjari
Sebenarnya industri jasa seperti Rumah Sakit rawan sekali mengalami krisis Public Relation (PR). Tapi tahun-tahun sebelumnya sama seperti hormon estrogen melindungi kaum perempuan dari serangan jantung sebelum menopause, industri perumahsakitan terlindungi dari krisis PR karena masih ada anggapan dokter dan layanan kesehatan bersifat elitis (terpandang) sehingga pasien maupun keluarga pasien sungkan jika harus berkonfrontasi dengan pihak Rumah Sakit.

Namun seperti kata pepatah, tidak ada pesta yang tidak selesai, masa-masa “estrogen” sudah mulai hilang. Masyarakat sudah mulai berani mempertanyakan terapi yang menurut mereka kurang rasional dan tidak sesuai dengan apa yang dibaca di internet.

Melihat kondisi masyarakat seperti ini dan tak bisa dielakkan, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) melalui Kompartemen HUMAS & Marketingnya bekerjasama dengan London School of Public Relation (LSPR) serta Majalah SWA/MIX berinisiatif mengadakan Talkshow dan Gathering praktisi Humas RS yang diadakan di Rumah Sakit MMC, Jakarta Selatan, Rabu 3 Mei 2017. Topik yang diangkat adalah "The Role of Public Relations and Corporate Communications in Hospital & Clinic Industry".

Dalam sambutan membuka acara, Bpk. Kemal E. Gani, Pemred Swa Media Group menjelaskan bahwa persaingan industri healthcare tidak hanya sesama pemain dalam negeri tapi juga dengan luar negeri. Oleh karena itu, diharapkan RS benar-benar memperhatikan Marketing Communication (MARCOMM). Apalagi industri layanan kesehatan unik dibandingkan dengan industri lainnya.

Kesempatan berikutnya tampil Ketua Umum PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia) Dr. Kuntjoro Adi Poerjanto, MKes, yang mendukung dan menyambut baik adanya sertifikasi HUMAS Rumah Sakit. Kesepahaman ini bertujuan meningkatan kompetensi dan peran profesi humas RS, lanjutnya.

Sambutan terakhir sebelum acara penandatangan kerjasama Program Sertifikasi HUMAR RS, tampil DR. Andre Ikhsano, Direktur London School of Public Relation (LSPR) Jakarta.

Penandatanganan kerjasama program sertifikasi Humas RS


Penandatangan program kerjasama Sertifikasi Humas RS
Dalam kesempatan ini, seperti yang bisa dilihat pada foto di atas, telah ditandatangani kerjasama Program Sertifikasi HUMAS RS (dari kanan ke kiri):

  • Bpk Anjari Umarjianto (Kasubbag Opini Publik, Kementerian Kesehatan RI)
  • DR. Andre Ikhsano, Direktur LSP London School of Public Relation (LSPR) Jakarta
  • Dr. Kuntjoro Adi Poerjanto, MKes (Ketua Umum PERSI)
  • Bpk. Kemal E. Gani (Pemred Swa Media Group)


Talkshow  “The Role of Public Relations and Corporate Communications in Hospital & Clinic Industry” 

Tema yang diangkat dalam talkshow kali ini adalah “The Role of Public Relations and Corporate Communications in Hospital & Clinic Industry” yang menampilkan pakar Perhumasan Rumah Sakit, seperti (dalam foto dari kiri ke kanan):
  • Drg. Nailufar (VP Marketing Ramsay Sime Derby Hospital Group)
  • Ibu Maria Dewantini Dwianto ( Head of Corporate Communication PT Unilever)
  • Bpk Anjari Umarjianto (Kasubbag Opini Publik, Kementerian Kesehatan RI)
  • Dr Dini Handayani MARS (RS Awal Bros)

Semoga program ini sukses dan menciptakan praktisi-praktisi Kehumasan Rumah Sakit yang handal.

Tidak ada komentar: