HUT KOWAS 2018: Diskusi Panel Kebijaksanaan Jack Ma

Bpk Adhi (moderator), Bpk Subakat (Wardah), Penulis

Sosok Jack Ma yang begitu fenomenal membuat KOWAS mengangkatnya sebagai topik peringatan hari luang tahunnya. Lahir pada tanggal 18 Januari 2009, komunitas para pengusaha senior yang sudah berusia pensiun tapi masih aktif bekerja, setiap 2 bulan sekali rutin mengadakan acara.

Acara Sabtu, 20 Januari, 9 tahun sesudah kelahirannya yang diadakan di Kalbis Institute Pulo Mas Jakarta, menghadirkan para panelis:
  • Dr Boenjamin Setiawan, founder Kalbe Group
  • Dr AB Susanto, founder Jakarta Consulting Group
  • Bpk Indra Gunawan, Komisaris Gramedia Group


Jalannya acara
ki-ka: Bpk Indra, Dr Boen, Dr AB Susanto

Pada kata sambutannya selaku Ketua KOWAS, Pak Indra Gunawan menjelaskan mengenai keunikan dari Jack Ma yang belum banyak diketahui orang. Salah satunya, ia sering melakukan meditasi/yoga dengan posisi inversi / sirsasana. Kemungkinan karena itu Jack Ma biasa memandang dunia dengan posisi yang berbeda dengan kebanyakan orang umumnya. Itulah sebabnya pemikirannya sering out of the box.

Dr Boenjamin Setiawan, dalam pemaparannya mengatakan pada prinsipnya setuju dengan apa yang menjadi nilai-nilai inspiratif Jack Ma. Hanya ada satu hal yang tidak disetujuinya, yaitu bahwa pada usia tua, seseorang diharuskan berhenti bekerja untuk kemudian bersenang-senang. Menurut dr Boen, baginya bekerja adalah kesenangan juga.




Dr AB Soesanto menyorot bagaimana kompleksitas mengelola perusahaan / organisasi saat ini. Dengan makin berkembangnya teknologi kesehatan, menghasilkan makin panjang usia manusia. Karena itu dalam perusahaan bisa berkumpul 4 - 5 generasi dengan sifat dan pemikiran yang berbeda-beda. Ada generasi tua (yang lahir sebelum kemerdekaan), generasi baby boomer (1946 - 64), generasi x (1965 - 76), generasi y (1977 - 1997) dan generasi z (1998 -2010). Tentu tidak mudah mengelola itu agar perusahaan bisa berjalan cepat, efisien dan efektif di era penuh kompetisi saat ini.

Presentasi Online Shop
Suasana saat presentasi dengan 2 layar lebar
Selesai diskusi panel, saya diminta tampil sharing pengalaman bagaimana membangun toko daring / online shop. Seperti kita ketahui bersama, salah satu titik awal dari perusahaan Jack Ma berasal dari e-commerce atau marketplace. Nasehat saya kepada para peserta (yang separuhnya adalah kaum muda, mahasiwa dan mereka yang tertarik membangun bisnis / calon entrepreneur), harus segera action. Tanpa action kita tidak akan kemana-mana. Sumber daya melimpah di mana-mana. Seperti kata Jack Ma, pada usia muda adalah usia untuk tidak malu berbuat salah. Jatuh dan segera bangun kembali.

Disuguhi makanan yang bisa disesuaikan dengan gen kita
Selesai acara, para peserta dipersilahkan mencicipi hidangan yang bisa diolah sesuai dengan gen kita. Benar pembaca, Anda tidak salah baca, saat ini kita bisa mengkonsumsi makanan yang sudah disesuaikan dengan kondisi genetik tubuh kita. Hasilnya tubuh kita akan lebih sehat dan tidak mudah sakit. 

Pemeriksaan kesehatan gratis
Dr Erfen sedang mengecek Stress Level
Pada acara ini, juga diperkenalkan berbagai pemeriksaan kesehatan (yang kebetulan saat itu diberi gratis) seperti: pemeriksaan body age, pemeriksaan kesehatan kulit, pemeriksaan kolesterol dan pemeriksaan level stress.

Peserta pulang dengan sebagian besar peserta berhasil membawa/menggondol doorprize.

Banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang bersedia menyesponsori hingga acara ini bisa berlangsung dengan sukses.

Demikian sedikit resume dari acara KOWAS yang diadakan pada bulan Januari 2018 ini.
Acara KOWAS lainnya bisa di-googling dengan kata kunci "KOWAS Senior" tanpa tanda kutip.

Sampai ketemu di acara KOWAS berikutnya.


Foto penulis bersama Pak Adhi (Moderator) dan Pak Subakat Hadirumekso (Wardah Kosmetik)

Tidak ada komentar: