Seminar Telemedicine 2006, Aula FKUI Salemba Jakarta


Acara Telemedicine yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa FKUI hari ini, mengingatkan penulis akan tema/title blog ini, yaitu mengenai IT di bidang kedokteran. Saking larutnya penulis dengan aktifitas Anti Aging Medicine (habis enak sich :-)), sehingga akhir-akhir ini, pembaca terus menerus disuguhi cerita-cerita anti aging.

Nah, berikut disampaikan kisah penulis menjadi pembicara dalam acara yang diselenggarakan dengan sukses oleh Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Telemedicine, sudah sering didengung-dengungkan sangat urgen untuk dijalankan di Indonesia. Sayangnya perkembangan aktifitas tersebut di Indonesia seakan-akan hanya jalan di tempat saja. Memang ada satu dua senter kesehatan/kedokteran terutama di Jakarta yang penulis ketahui aktif menjalankan telemedicine, namun belum ada pihak yang secara keseluruhan merangkum aktifitas-aktifitas tersebut, kemudian secara bersama-sama melakukan share demi percepatan perkembangannyal. Istilahnya saat ini aktifitas telemedicine masih bersifat sporadis.
Akibatnya, jika ditanya apa-apa saja aktifitas telemedicine yang ada di Indonesia, agak lama menginventarisasinya.

Sangat beruntung dunia pendidikan, khususnya fakultas kedokteran tidak ikut terlena. Sejak tahun 2003, tercatat sudah tiga kali (termasuk yang terakhir ini), seminar mengenai Telemedicine diadakan.
Yang pertama, dikoordinir oleh Panita Lulusan Dokter FK UI pada tanggal 9 Agustus 20003.
Yang kedua, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan acara sejenis pada tahun 2004. Setelah vakum pada tahun 2005, kembali aktifitas seminar telemedicine diadakan kembali di tahun 2006 ini.

Jalannya acara Seminar dan Workshop Telemedicine FKUI 2006


Acara dimulai dengan presentasi penulis mengenai "Pengenalan Telemedicine serta Perkembangannya di dunia dan Indonesia". Kemudian dilanjutkan berturut-turut oleh Pak Michael Sunggiardi dari Bonet, Pak Romy dari LIPI, Pak Roy Suryo dan dr Ali Sungkar dari FKUI. Sebagai moderator adalah dr Aria dari FKM UI (seperti pada foto pertama di atas).
Setelah selesai sesi pertama, sesi kedua merupakan presentasi dari pelbagai institusi yang telah menjalankan Telemedicine seperti:
- FKUI
- Pusat Jantung Terpadu RSCM
- PJN Harapan Kita
- RS PIK
- dll

Demo Telekardiologi & Teleradiologi
Pada sesi terakhir / workshop, di demonstrasikan secara live / real time, pemanfaatan telekardiologi dan teleradiologi.

PENGUMUMAN
Bagi para dokter (khusus dokter) yang berminat dengan Telemedicine bisa meng-email penulis (dr_erik_tapan@yahoo.com) dengan menyertakan: nama lengkap, spesialisasi, tempat tinggal, e-mail address aktif, no HP aktif.
Posting Komentar