Instant messenger @ Nokia E90 Commuicator

There is one icon in the Nokia Communicator E90, which until a few moments ago, I did not know could be used for anything. Forms a yellow icon that consists of 2 pieces discussions boxes (like the box containing conversations in the comics). Icon called "IM" can be found by clicking "Menu" then "Connectivity" and see icon "IM" or "Instant Messaging".
(please pardon the reader, until this moment I have not found the icon images on google.'s funny. :-()




Ada satu icon di Nokia Communicator E90 yang hingga beberapa saat lalu, saya tidak tahu bisa digunakan untuk apa. Bentuk icon berwarna kuning tersebut terdiri dari 2 buah kotak diskusi (semacam kotak yang berisi percakapan di komik-komik). Icon yang dinamai "IM" ini bisa ditemukan dengan mengklik "Menu" kemudian "Connectivity" lalu ketemu icon "IM" atau "Instant Messaging".
(mohon maaf pembaca, sampai detik ini saya belum menemukan gambar icon tersebut di google. Aneh juga. :-()

Seingat saya, dulu pernah ada satu provider yang menawarkan pemanfaatan IM ini dengan membayar Rp. 2.000 / bulan. Kalau nggak salah provider ini bekerja sama dengan website komunitas e series Nokia yang sekarang sudah almarhum, ecommoe. Sayangnya setelah berlangganan kira-kira beberapa hari, terpaksa saya "unsubscribe". Karena yang terlihat "on" hanya isteri saya (itu pun saya juga yang "memaksa" untuk berlangganan) dan kalau tidak salah dari pihak Nokia (waktu itu), Pak Usun. Saya tidak menemukan teman lain untuk chatting.

Tidak diduga dan tidak disangka, saat sedang mengutak-ngutik ponsel 5310 yang akan dijual, saya menemukan icon IM yang sama. Saat mengklik, ternyata kita diminta untuk memasukan Yahoo ID. Wah, koq semudah itu yha?
Penasaran saya menanyakan ke Bang Herry SW (HSW) di Id-Communicator Mailinglist.

Setup IM untuk Yahoo Messenger
Jika ingin memanfaatkan IM tersebut untuk chatting menggunakan Yahoo Messenger, ternyata sangat mudah. Silakan pemilik Nokia Communicator E90, mengisi seperti di bawah ini (setelah masuk Setting, Servers):
Server Name : YM
Access Point in use: [dipilih-dipilih]
Web Address : imps.next.msg.yahoo.com:80
User ID : [tentu di-isi dengan Yahoo ID Anda]
Password : [tentu dengan password yang hanya Anda yang tahu]

Setelah itu, bisalah kita memanfaatkan icon IM tersebut untuk chatting menggunakan Yahoo Messenger ID.

Selamat berchating ria.
Ditunggu komentarnya......

Links terkait:
- http://www.nokia.co.id/cari-produk/ponsel/nokia-e90-communicator

Video:
Posting Komentar