Memperoleh Internet Sehat Blog Award (ISBA) 2009, thanks

Teman-teman pembaca blog yang baik. Hari ini, saya memperoleh kabar gembira, yaitu hadirnya Internet Sehat Blog Award (ISBA) di blog saya. Sungguh suatu hal yang menggembirakan dan patut disyukuri. Saya katakan patut disyukuri karena memang boleh dikata tidak mudah bekerja di luar main stream.
Sedikit info di bawah ini, mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan Anda, sebenarnya apa yang saya bersama-sama teman sejawat yang se-ide, sedang lakukan saat ini.

Bekerja di luar main stream
Sebagian besar orang kalau ditanya, apa pekerjaan seorang dokter, pastilah menjawab membuka praktek dan melayani masyarakat. Jika ada seorang dokter yang begitu tergila-gila dengan internet hingga melakukan konsultasi kesehatan pun via internet, pasti banyak yang berpikir, ada yang tidak beres dokter yang satu ini.
Memang tidak mudah bekerja di luar main stream. Tidak sedikit rintangan yang ditemui (dan pasti akan ditemui lagi) dalam rangka mewujudkan cita-cita tesebut.
"Emang apa yang dikerjakan dokter internet yha?"
"Main internet melulu, kapan kerjanya?"
"Gitu doank?"

Itulah sebagian dari komentar yang sering saya temui dari mereka yang kebetulan belum mengerti betapa dahsyatnya media informasi seperti internet ini.
Di tengah-tengah keputus-asaan yang sudah mulai mendera (ceritanya), akhir-akhir ini saya banyak menemukan peristiwa-peristiwa yang menyenangkan. Saya percaya dengan adanya peristiwa tersebut, Yang Di Atas sedang memberi pesan bahwa saya sedang berjalan di jalan benar. Tetap lanjutkan dan lebih cepat lebih baik.

Banyak terima kasih kepada segenap pihak yang telah meng-support saya, termasuk Anda yang membaca blog ini, baik yang meninggalkan komentar maupun yang tidak tidak. Tanpa Anda semua, karya -yang menurut saya- besar ini tidak bisa terwujud.

Mendokterkan internet dan menginternetkan dokter
Timbul pertanyaan, sebenarnya apa yang saya kerjakan? Koq serius amat ya? Versi ringkasnya seperti ini:
Jika kita kembali ke 13 tahun yang lalu, yaitu pada tahun 1996, saya bersama teman-teman dokter dan praktisi IT bahu membahu mewujudkan semacam forum diskusi menggunakan internet (yang akhirnya diketahui bernama) mailinglist. Dalam forum ini, netter bisa berkonsultasi mengenai kesehatan. Nama milis yang menggunakan server @itb.ac.id tersebut adalah Mailinglist Dokter Indonesia (MLDI). (baca sejarah MLDI) Untuk mempermudah kegiatan ini, kami namakan "Mendokterkan Internet" atau menjadikan Internet sebagai "dokter".
Selanjutnya pada tahun 2001 setelah makin menjamur situs-situs / mailinglist / forum diskusi mengenai kesehatan, giliran saya bersama beberapa perusahaan IT / Farmasi bahu membahu mewujudkan internet sebagai sebuah tempat yang layak dikunjungi oleh para dokter, atau diringkas menjadi "Menginternetkan Dokter".
Lima tahun kemudian, yaitu dimulai pada tahun 2006 - '07, masuk ke era, "Internet to Go". Artinya mengenalkan kepada dokter dan masyarakat luas bahwa akses internet bisa dari mana saja. Selain dari komputer/notebook/netbook, kita ternyata bisa mengakses internet juga dari handphone atau PDA.

Jadi sebenarnya, inilah benang merah dari isi blog saya ini.

Banyak terima kasih kepada segenap pihak yang telah berpartisipasi / memberi support (tidak hanya yang menyenangkan [saran], namun yang kurang menyenangkan seperti omelan / sindiran) dll., terutama tentu kepada Tim Internet Sehat. Mudah-mudahan harapan kita masing-masing bisa segera terwujud dengan kerjasama ini. Istilahnya win-win solution. Apapun dukungan Anda menjadi pemacu kami untuk terus berkarya dan saya percaya pasti ada balasannya. Amin.

Berikut kutipan dari pengumuman di www.detikinet.com:
Kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya kesehatan belakangan ini dirasakan kian meningkat. Dukungan banyaknya informasi yang bisa didapatkan melalui media cetak, elektronik dan internet (termasuk blog) membuat tingkat kesadaran masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatan diri, keluarga dan lingkungannya semakin berkembang. Untuk semakin memperluas pengetahuan masyarakat awam tentang kesehatan, sangat disarankan apabola dokter, ahli kesehatan dan praktisi kesehatan lainnya membuat blog agar masyarakat dapat memperoleh pengetahuan yang benar dan valid di dunia maya. Hal itulah yang dilakukan oleh Erik Tapan, seorang dokter yang membuat blog http://eriktapan.blogspot.com/. Dalam perkembangannya, fase dokter dan tenaga kesehatan yang menyebarkan informasi di blog akan diikuti oleh membangun komunitas para dokter dan ahli kesehatan untuk berdiskusi dan tukar pikiran, hingga mendorong dokter dan tenaga kesehatan untuk lebih mengikuti tren internet bergerak. Meski demikian, blog ini tak melulu berisi soal info kesehatan. Erik sesekali membahas soal teknologi seperti Nokia OviMail, Twitter atau phishing.

Links:
- http://www.detikinet.com/read/2009/09/08/145013/1199191/404/pemenang-blog-award-minggu-kedua-september-2009
- http://ictwatch.com/internetsehat/
- http://mx1.itb.ac.id/mailman/listinfo/dokter (MLDI @ ITB)
- http://id-id.facebook.com/group.php?gid=56370257639 (MLDI @ Facebook)
Posting Komentar