Lowongan kerja pasien Gagal Ginjal


Cuci darah bukan hambatan untuk berkarya

Apakah di antara Anda, ada yang bertanya bisakah pasien gagal ginjal yang sudah cuci darah bekerja normal? Bagaimana kalau kita lewatkan saja pertanyaan di atas, masuk ke yang lebih dalam. Pekerjaan apa yang bisa dilakukan pasien gagal ginjal yang seminggu 2 - 3 x melakukan cuci darah (selain dari itu bisa bekerja layaknya orang sehat)?

Banyak lowongan kerja yang setiap hari bisa kita baca, beberapa di antara pasien HD berharap ada perusahaan yang membuka kesempatan bagi mereka untuk berkarya. Sayang kalau boleh saya tekankan JANGAN terlalu berharap ada perusahaan yang dengan senang hati mau menerima Anda menjadi karyawan/watinya. Hampir tidak ada. Ini fakta teman!!

Pekerjaan yang bisa dilakukan

Pasien HD yang bekerja di satu perusahaan ada beberapa kemungkinan:
  1. Sudah terlanjur. Tentu jika suatu saat karyawan/wati jatuh sakit dan perlu cuci darah, tidak mungkin perusahaan secara terang-terangan mengeluarkan karyawan tersebut
  2. Perusahaan tidak tahu, kalau ybs adalah pasien HD. Jadi saat mendaftar menjadi karyawan, pasien HD tidak mengatakan kalau dia perlu cuci darah. Proses cuci darah dilakukan pada sore atau malam hari dan Hari Sabtu.


Hal di atas akan berjalan selama pasien HD bisa menjaga kondisi tubuhnya. Namun saat ini dengan aturan BPJS harus bolak-balik ke Puskesmas , akan makin sulit pasien HD untuk bekerja tanpa sering ijin / cuti.

Lalu bagaimana jika pasien HD ingin / harus bekerja?
Jangan sedih dan cemas, Bpk/Ibu pasien HD. Dunia tidak selebar daun kelor. Masih ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan:

  1. Bekerja membantu keluarga / saudara yang memiliki usaha
  2. Bekerja sebagai tenaga marketing lepasan, termasuk di dalamnya: driver online, MLM, Asuransi, dll.
  3. Mulai melakukan pekerjaan wiraswasta lainnya sesuai ketrampilan dan peminatan, misalnya jualan bakso, telur asin, dll. Dengan perkembangan Teknologi Informasi, banyak jualan yang bisa dilakukan di depan gadget, tanpa ada rutinitas untuk ke kantor.
  4. Menjadi Vlogger. Buatlah video menarik seputar kehidupan dan perjuangan Anda bersama mesin HD atau bisa juga dengan Hobi Anda.


Kesimpulan
Yang perlu dilakukan pasien-pasien HD saat ini adalah membuka mata, telinga dan hati untuk mencari kesempatan berbisnis DIBANDINGKAN mencari-cari lowongan kerja perusahaan yang mau menerima pasien HD.

Jadi jikalau suatu saat, melihat ada penawaran suatu produk, janganlah melihat hal itu sebagai konsumen namun lihatlah itu sebagai suatu POTENSI BISNIS.

Sebagai contoh, misalnya ada penawaran Lotion Anti Gatal. Jika sebagai konsumen, akan berpikir ah…ngapain saya nggak gatal ini. Namun sebagai orang yang ingin berusaha / berbisnis akan bertanya, seberapa laku kalau saya tawarkan lotion anti gatal itu? Apakah si penjual itu adalah tangan pertama?

Ok, teman-teman pembaca Koran Ginjal, tetap semangat. Dunia tidak selebar daun kelor.

Jika ada teman-teman yang ingin berusaha, simpan tulisan ini dan hubungi Dr Ali untuk tanya-tanya, klik https://WA.me/628111399899 .

Tidak ada komentar: