Jalan tergopoh-gopoh / Brisk Walking


Istilah jalan tergopoh-gopoh, pertama kali saya dengar dari sahabat dan guru saya dr. Handrawan Nadesul. Intinya kita berjalan secepat mungkin. Mungkin sama seperti kalau kita kebelet atau datang terlambat pas meeting sudah dimulai. 

Aktifitas olahraga ini selalu saya anjurkan ke pasien-pasien saya yang belum pernah dan akan memulai berolahraga. Nggak perlu muluk-muluk, cukup minimal 30 menit per hari di udara terbuka yang sehat.  Dan ini dilakukan secara bertahap tentunya, misalnya hari pertama 15 menit, hari kedua 20 menit dan seterusnya. Jangan lupa lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudahnya. 

Sudah banyak yang melakukannya, salah satunya sahabat saya,  Bpk Anton Thedy. Menurut pemilik TX Travel ini yang melakukan jalan tergopoh-gopoh, 50 - 60 menit per hari, manfaat yang diperoleh adalah:

  1. Lingkar perut mengecil
  2. Daya ingat meningkat
  3. Tidur menjadi lelap, tidak bangun bangun
  4. Tidak bangun tengah malam untuk buang air kecil
  5. Stamina tubuh meningkat, jarang kecapaian walaupun beraktifitas seharian


Jadi, apa salahnya kita mulai melakukan aktivitas jalan tergopoh-gopoh. 

Bagi yang ingin terus mengikuti info-info kesehatan yang sederhana, istilahnya yang pengen sehat tapi nggak pengen jadi atlit, yang biasa-biasa aja, silakan masukan data Anda di sini: http://bit.ly/formETN dan follow account instagram kami di @eriktapan.

Informasi Kualitas Udara Jakarta dan sekitarnya bisa klik:




#jalantergopohgopoh
#briswalking
#halodoc
#dokterinternet
#dokteronline

Tidak ada komentar: