Seminar IKCC dalam rangka Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2020

Prof Suhardjono dlm acara World Kidney Day 2020

World Kidney Day atau Hari Ginjal Sedunia yang tahun ini ditetapkan pada Kamis, 12 Maret 2020 diperingati Indonesia Kidney Care Club (IKCC) dengan acara Seminar Awam di RS Carolus Jakarta, Sabtu 7 Maret 2020. Dalam acara ini juga, tampil salah satu pasien ginjal, Ary Krisnawati dari Komunitas Hidup Ginjal Muda.

Pembicara pertama, Prof  Dr. dr. Suhardjono, Sp.PD, KGH, KGer menjelaskan bahwa seringkali Penyakit Ginjal Kronik (PGK) tidak bergejala hingga tahap akhir. Sedangkan nyeri pinggang bukan gejala utama penyakit ginjal kronis, guru besar FKUI ini meluruskan. Oleh saat ini, sangatlah penting melakukan Medical Check Up Ginjal agar bisa seawal mungkin mengetahui penyakit ini karena pada tahap akhir, gejala bersifat berat dan dapat mengancam nyama.

Tampil sebagai pembicara kedua, dr Bettia M. Bermawi, Sp.PK, ahli patologi klinik RS Carolus Jakarta yang menjelaskan bahwa pemeriksaan laboratorium dalam penanganan PGK memegang peranan penting dalam tahap:
  • Skrining atau deteksi dini
  • Penegakan diagnosis (dan penentuan derajat/staging)
  • Evaluasi perjalanan penyakit dan terapi

Sebelum mengakhir acara yang penuh dengan doorprizes hingga total jutaan rupiah, diputar film kehidupan dari Ary Krisnawati sekaligus tanya jawab dengan salah satu nara sumber terajin di Komunitas Hidup Ginjal (HGM) ini.

Akhirnya selamat merayakan Hari Ginjal Sedunia 2020. Tetap sehat selalu dan jangan lupa melakukan medical check up secara rutin berdasarkan anjuran dokter.



#WorldKidneyDay
#WorldKidneyDay2020
#HariGinjalSedunia
#IKCC
#RSCarolus
#Ginjal
#GGK
#PGK




Tim Produksi:
  1. Ibu Clara Lila
  2. Ibu Shinta Hapsari
  3. dr Erik Tapan

Liputan Media:

Tidak ada komentar: