Meskipun sudah agak longgar, namun tetap harus hati jika ingin makan di luar




Meskipun saat ini yg berwenang sudah mulai melonggarkan pembatasan aktifitas karena pandemic Covid-19, namun sebaiknya masyarakat jangan lengah. Dari info yang beredar di internet di bawah ini, terungkap bahwa salah satu hal yang bisa menimbulkan sumber penularan adalah saat makan bersama.

Catatan dr Diah Handayani Sp.P seperti yang kita bisa baca di Social Media menunjukkan kebanyakan pasien tertular Covid-19 saat sedang makan. Di mana tak seorangpun bisa melakukan aktifitas menggunakan masker.

Nah, ternyata di tengah-tengah hambatan tersebut, ada satu Rumah Makan yang menyediakan fasilitas makan di mobil dengan menggunakan meja khusus. Kemudian pelanggan akan diberi hand sanitizer sementara tempat duduk mobil di desinfektan oleh petugas yang menggunakan masker, faceshield dan kaos tangan. Makanannya pun disajikan dalam wadah tertutup.

Salut untuk layanan inovatif dari Restoran Angke tersebut


-----------

Catatan Dr. Diah Handayani, Sp.P

Saat memeriksa pasien dr. Diah Handayani menanyakan ke beberapa pasien Covid-19 yg ditangani nya.

Bertemu atau kontak dengan pasien covid-19 dimana, pak/bu?

Pasien 1 - sepertinya waktu makan2 ada yg ultah Dok, kebetulan waktu makan buka masker semua dan pas foto

Pasien 2: ga paham Dok, saya patuh pakai masker, tp sempat makan di resto makan steak, “sendirian?” Dijawab lagi: ramai2 sama teman2 lama ga ketemu..

Pasien 3: kemarin waktu rapat Dok di kantor, tapi jaga jarak kok... cuma ramai sih.. “kok bisa?? Ga pakai masker ? Tanya saya lagi, trus makan bareng Dok, krn makan semua lepas masker

Pasien 4: saya wfh 3 bulan, baru kemarin masuk rapat pimpinan, (wah boss nih) apa dalam rapat ada yg ikutan positif rekan kantornya pak? Ga tahu Dok, cuma ada yg dirawat.. minggu berikut pas kontrol..Dok termyata 4 dari 6 yg rapat positif tp cuma 2 dirawat,
Lainnya tdk.

Pasien 5: saya sempat rapat, ada makan2? Ga ada, cuma waktu nyanyi2 bbrp lepas masker dan waktu foto foto, semua disuruh lepas masker

Pasien 6: mbak ada ikutan rapat pak ? Ga sih Dok, cuma krn udah lama ga ketemu pulangnya mampir mal makan bareng... apa itu kali Dok? Soalnya pas makan aja buka masker

Pasein 7: saya ga ngerti Dok, tapi saya periksa krn teman seruangan ada yg positif di kantor, tapi saya disiplin pakai masker kok...

Pasien 8: saya di rumah aja Dok, cuma suami udah mulai wfo, trus suami positif? Lagi diperiksa Dok..

Pasien 9: mungkin ga Dok di kereta, sekaramg kereta udah padat, trus kalo ga naik kereta bisa naik motor? Or mobil? “Ga punya Dok”

Pasien 10: saya ga tahu Dok, tapi yg barengan sama saya satu unit ada 3 yg sakit.. kami sering makan bareng ke warteg, trus istirahat dulu biasa lah Dok, nongkrong sebentar, sambil merokok ya? Hehehe dokter tahu aja, makan dan merokok ga pakai masker dong ya.. trus sumbernya siapa dong? Ga jelas dok, kami ga ada yg merasa sakit, kamu kerja naik apa? Kereta Dok, abis macet klo naik angkot,”

Tetap waspada para sahabat. Disiplin melakukan 3M, InsyaAllah kita tidak tertular Covid-19

1M. Menjaga jarak
2M. Memakai masker
3M. Mencuci tangan

Selamat pagi sahabat. Salam sehat bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fw: Detox Kaki: Terapi atau Penipuan?

Ber-bahaya-kah generator ozone itu?

Mengurus Surat Tilang di PN Jakarta Timur