CRM (aplikasi database) yang murah meriah yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Kisah ini nyata tentang bagaimana seorang pengusaha yang belum memiliki dan mengelola database pelanggannya. Saya punya kenalan pemilik bengkel di Kelapa Gading Jakarta Utara. Bengkelnya rame banget. Setiap ke bengkel saya perlu antri kurang lebih 2 - 3 jam baru bisa dilayani. Apalagi week end

Suatu saat bengkelnya harus pindah karena tanahnya akan dibangun ruko (namanya Ruko Kirana). Untung saya masih sempat menanyakan alamat barunya. Betapa kaget saya di alamat barunya, bengkelnya sepi banget. Enak memang, datang langsung dilayani. Tapi kasihan ybs. katanya belum sempat memberitahu pelanggan-pelanggannya mengenai alamat barunya. 


Bisa gunakan Smartphone

Sebagai pebisnis pemula (mungkin gara-gara  pandemi Covid) cara yang paling mudah dan praktis sebenarnya mengelola data base pelanggan dengan smartphone. Namun pernahkah terpikir suatu waktu HP yang berisi data pelanggan Anda, hilang atau kecebur atau musibah lainnya? 

Saat ini banyak ditawarkan software / aplikasi yang berjenis Customer Relation Management (CRM).

Perdefinisi disebut, CRM stands for Customer Relationship Management. It's a technology used to manage interactions with customers and potential customers. A CRM system helps organisations build customer relationships and streamline processes so they can increase sales, improve customer service, and increase profitability.

Atau secara sederhana, CRM adalah teknologi yang digunakan untuk berinteraksi dengan (potensial) pelanggan. Tentu hasil akhir adalah membangun hubungan yang bisa sama-sama menguntungkan. Secara praktis, kita jadi mudah menyapa pelanggan, reminder, dll. via WA.

Skala aplikasi CRM itu sangat luas, bagi pelaku UKM seperti saya tentu tidak mungkin membeli CRM level Corporate. Selain rumit harganya pun lumayan. 

Bagi teman-teman yang ingin berdiskusi mengenai jenis-jenis CRM, dan aplikasi yang cocok, murah meriah untuk skala bisnis Anda, silakan kontak kami via WA (only), https://WA.me/6285157701658?text=Saya%20ingin%20tahu%20tentang%20CRM

Mudah-mudahan kami bisa memberikan solusi terbaik.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fw: Detox Kaki: Terapi atau Penipuan?

Ber-bahaya-kah generator ozone itu?

Mengurus Surat Tilang di PN Jakarta Timur