Ingin rencana Anda berjalan lancar, berdermalah

Ingin rencana Anda berjalan lancar, sedekahlah!!

Hal ini yang selalu diulang-ulang oleh mentor saya Pak Didik Mulato dari Komunitas Bisnis Digital (KBD). Derma atau sedekah menempati urutan teratas bagi beliau agar supaya segala urusan (termasuk bisnis) bisa berjalan lancar. Sedekah itu sendiri tidak harus selalu dalam bentuk uang atau materi. Sedekah ilmu pengetahuan, meng-forward informasi yang inspiratif juga termasuk sedekah.


Saya langsung teringat pernyataan Master Chen Yen dari Yayasan Tzu Chi yang mengatakan bahwa:

  1. kita harus berterima kasih kepada orang yang mau menerima sedekah kita berarti kita jadi memiliki ladang untuk menebar benih kebaikan
  2. saat memberi, kita harus memberikan yang terbaik BUKAN barang yang kita sendiri sudah tidak bisa menggunakannya lagi


Kalau kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya dalam pergaulan di Whats’app Group atau Forum Diskusi. Seberapa sering kita meng-forward berita yang kita sendiri tidak tahu kebenarannya (hoax?), atau berita-berita yang justru menimbulkan perpecahan? Pernahkah kita berpikir ada banyak orang yang bisa menerima informasi dan terpengaruh informasi kita? Apakah mereka akan jadi lebih baik atau sebalkinya?

Meng-forward berita bisa jadi ladang berkah buat kita, tapi kalau kita salah menggunakannya bisa jadi sebaliknya. Hanya dengan sesederhana itu teman.

Bagaimana pendapat Anda?


Mudah-mudahan kita semua diberi rejeki agar bisa melakukan aktifitas berderma / sedekah. Dan yang kita dermakan adalah hal yang terbaik.


Video 

  1. Latar Belakang Komunitas Bisnis Digital (KBD), https://www.youtube.com/watch?v=uzi2Ma3hdhY
  2. Yayasan Tzu Chi, http://www.tzuchi.or.id/
  3. Profil dr Erik Tapan, http://bit.ly/CVErik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fw: Detox Kaki: Terapi atau Penipuan?

Ber-bahaya-kah generator ozone itu?

Mengurus Surat Tilang di PN Jakarta Timur