Jumat, November 20, 2020

Tanda penumpukan kalsium pasien hemodialisis. Penting dibaca pasien Cuci Darah!!


Salah satu yang harus diwaspadai pasien hemodialisis atau cuci darah adalah penumpukan kalsium di pembuluh darah tubuh termasuk di pembuluh darah jantung. Demikian penjelasan dr Johny, SpPD-KGH, MKes MM., pada acara Round Table Discussion, Jumat 20 November 2020.


Orang-orang yang mengalami kalsifikasi pembuluh darah, risiko kematiannya meningkat. Dari mana tahunya? Apakah secara awam ada tanda-tanda awalnya?


Ada, jelas dr Johny yang berpraktek di RSPAD Gatot Soebroto (RSPAD Gatot Soebroto) Jakarta. Tekanan nadi pasien menjadi lebar lebih dari 60mmHg. Tekanan nadi adalah hasil pengurangan tekanan atas (sistole) dengan tekanan bawah (diastole). Secara standard selisih Sistole dan Diastole adalah 120 - 80 = 40mmHg. Tetapi jika sudah di atas 60mmHg sebaiknya berkonsultasi dengan dokter segera untuk diperiksa lebih lanjut.


Hubungan Calsium, Phosphat dan PTH

Pada pasien-pasien Dialisis, terjadi ketidakseimbangan metabolisme Calcium, Phosphor dan PTH karena itu untuk mencegah komplikasi lebih lanjut, sebaiknya pasien mengontrol kadar 3 zat ini secara periodik, minimal 3 - 6 bulan sekali. Standard kadar Phosphor (phosphor an organic) adalah 3,5 - 5,5 mg/d, sedangkan Calcium 8,4 - 9,5mg. Untuk PTH adalah 150 - 300 mg/mL. 


Lalu bagaimana dengan suplemen pengikat fosfor yang mengandung kalsium, apakah baik untuk dikonsumsi?

Yang paling ideal lanjut dr Johny, carilah suplemen pengikat fosfor yang non calsium jika:

- nilai fosfor darah lebih dari 5,5mg/dL dan

- nilai calcium darah lebih dari 9,5mg


Adakah cara-cara menghindari kelebihan fosfat dok?

  1. Jauhi makanan yang berbumbu dan makanan / minuman awetan: supermie, snack, dll.
  2. Fosfat dari bahan makanan tumbuhan lebih sedikit dari di ikan maupun di daging
  3. Pengeluaran fosfat sukar dikeluarkan lewat hemodialisis biasa (meskipun durasi ditambah), sebaiknya sekali-kali lakukan hemodialisis dengan highflux atau pun HFR, baca RS / Klinik tempat HD Highflux / HFR di: https://s.id/listhfr



Sahabat pejuang Ginjal yang berbahagia

- Fosfat yang paling bagus 3,5 - 5 di darah. terlalu tinggi tidak baik, terlalu rendah juga tidak baik

- Kalsium score / kalsium di arteri coronary makin tinggi makin tidak baik.


KABAR GEMBIRA bagi member KORAN GINJAL

Ada paket pemeriksaan metabolisme tulang, Koran Ginjal bekerjasama dengan Laboratorium ternama di Indonesia, dapatkan pemeriksaan Fosfor Anorganik, Calcium Darah dan PTH dengan harga discount. Voucher discount bisa diperoleh dengan mengirim WA ke: https://WA.me/6285157701658?text=Voucher%20Lab%20tulang . Discount hanya berlaku selama bulan November 2020.



Cara Daftar menjadi member KORAN GINJAL, klik https://s.id/koranginjal























Tidak ada komentar:

Tanda penumpukan kalsium pasien hemodialisis. Penting dibaca pasien Cuci Darah!!

Salah satu yang harus diwaspadai pasien hemodialisis atau cuci darah adalah penumpukan kalsium di pembuluh darah tubuh termasuk di pembuluh...