Jumat, Desember 11, 2020

Sebaiknya Vaksin Covid-19 diberikan pada kelompok yang 3M-nya sudah jalan

 

Sebaiknya vaksinasi Covid-19 diberikan ke komunitas yang sudah menjalankan protokol kesehatan (Menggunakan Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan) secara baik. Demikian dijelaskan oleh Bpk. Ahmad Utomo Ph.D, Ahli Biomolekuler dan Konsultan Independen pada Zoom Meeting DAGA#12, Jumat 11 Desember 2020 dengan Tema “Pemanfaatan Media Sosial untuk Menyosialisasikan Vaksinasi 2021”.


Dengan topik “Komunikasi publik ilmiah lewat Youtube dan Media Sosial", Ahmad  sang Youtuber Scientific, menjelaskan bahwa selama ini efektifitas vaksin hanya mengambil parameter orang sakit, sehingga keefektifan vaksin sekarang ini belum diketahui untuk mengurangi daya infeksi virus. Seperti kita ketahui, grafik infeksius COVID-19 berbeda dengan infeksius SARS misalnya, yaitu, sudah berkurang daya infeksinya dengan berkurangnya gejala penyakit. Pada pasien COVID-19, bisa saja tanpa gejala tapi infeksius (bisa menginfeksi orang lain).

Untuk itulah selain memilih komunitas yang akan di-vaksin, sebaiknya mereka yang sudah divaksin tetap menjalankan 3M tersebut, tutup Ahmad.

Tidak ada komentar:

KOWAS: Seminar Stemcell 2021

Untuk kesekian kalinya KOWAS akan mengadakan lagi seminar lewat zoom perihal stem cell atau sel punca. Mengapa demikian? Sudah dipahami bahw...