Sabtu, September 25, 2021

Yuk gairahkan kembali Operasi Transplantasi Ginjal di Indonesia

 

Grafik Transplantasi Ginjal

Suasana Zoominar Transplantasi Ginjal

Mengikuti Zoominar dari RS Siloam Group, Sabtu & Minggu, 11 & 12 September 2021, penulis banyak mendapat pencerahan mengenai perkembangan terakhir Transplantasi Ginjal di Indonesia.


Acara yang bertajuk Webinar Siloam Doctor Summit 2021: “URO-NEPHROLOGY DOCTOR SUMMIT: Diagnostik & Penatalaksanaan Terbaru di Bidang Uro-Nefrologi” membuat pengetahuan penulis bertambah. Kalau selama ini, penulis mengetahui bahwa satu-satunya RS Swasta yang rajin melakukan operasi Transplantasi Ginjal adalah RS PGI Cikini, sekarang rupanya sudah tidak lagi  Sementara RS PGI Cikini telah melakukan operasi transplants ginjal sejumlah 300-an*, kini ada satu lagi RS Shasta yang cukup rajin melakukan operasi transplantasi ginjal yaitu,  RS Siloam khususnya Siloam Asri. Menurut acara tersebut hingga saat ini, sudah dilakukan lebih dari 120-an operasi Transplantasi Ginjal.


Penulis ucapan selamat kepada RS Siloam Asri dan mari kita berlomba-lomba melakukan operasi transplantasi ginjal di Indonesia, karma banyak pasien yang memerlukannya.


dr Erik Tapan,

Pengasuh Koran Ginjal

Pengurus Indonesian Kidney Cate Club (IKCC)


*Jumlah transplantasi ginjal di RS PGI Cikini, http://www.rscikini.com/article/rs-pgi-cikini-sebagai-rs-rujukan-ginjal-hipertensi-dan-rs-taman

Tidak ada komentar:

Benarkah Asus marketing bagus tapi kualitas produk & after sales part-nya jelek?

  Benarkah Asus marketing bagus tapi kualitas produk & after sales part-nya jelek? Saya bukan seseorang yang fanatik merk tertentu. Kala...