Selasa, Mei 31, 2022

Lansia dilarang mandi dengan Air Panas

Lansia dilarang mandi menggunakan air panas dan dilarang juga menggunakan sabun antiseptik, demikian penjelasan DR. Dr. Lili Legiawati  SpKK(K), FINDS, FAADV pada acara PERDOSKI memperingati HLUN 2022.

Hal itu dijelaskan dokter spesialis kulit dari FKUI/RSCM bersama DR Dr Yuli Kurniawan, Sp. KK(K), FINSDV, FAADV saat membawakan presentasi pada Temu Daring Nasional PERDOSKI yang mengambil tema, Gatal pada Lansia, Minggu 29 Mei 2022. Jika ingin mandi gunakan air hangat dan sabun yang berpelembab. Kalau bisa yang diperuntukkan untuk lansia. 

Menurut Dr Lili, kulit kering pada lansia adalah masalah yang umum terjadi dan merupakan penyebab utama gatal hingga luka-luka jika digaruk. Kulit lansia sudah menipis sehingga jaringan lemak dan lapisan pengikat cairan pun sudah berkurang.  Karena itu sangat penting penggunaan lotion pelembab sehari-hari. Pelembab penting untuk memberi perlindungan dan hidrasi, serta menyokong perbaikan sawar kulit, lanjutnya. 

Berikut ciri-ciri pelembab ideal (https://www.eriktapan.com/2022/06/penyebab-kulit-kering-pada-lansia-dan.html). 

Selain pelembab, Lansia juga harus melindungi  diri terkena sinar matahari langsung yang berlebihan. Saat berada di tempat terbuka, gunakan pakaian lengan panjang, topi  kacamata hitam dan tabir surya. 


Pesan sponsor dari penulis:

Tersedia lotion pelembab, skincare (termasuk facial wash, sunscreen, dll.) khusus LANSIA. 


Semoga bermanfaat dan sehat selalu.


Artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Ini daftar Rumah Sakit & Laboratorium Stemcell yang telah diakui Pemerintah RI

  Menurut DR. Dr Ferdiansyah, Sp OT(K) terapi Stemcell hendaknya dilakukan dengan sumber yang benar (produk harus teregistrasi) dan dilakuka...