Rabu, Mei 25, 2022

Webinar KOWAS HLUN 2022: Agar Lansia mau menggunakan tongkat

Webinar KOWAS (Komunitas Warga Senior) dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia HLUN 2022, Sabtu 21 Mei 2002 ada satu member KOWAS, Bpk Julius mengajukan pertanyaan.
"Dok bagaimana caranya agar orang tua saya mau menggunakan tongkat?"
Jawaban Dr Erik:
Sungguh suatu niat yang tulus dari Ananda Bpk Julius yang ingin menjaga kesehatan orang tuanya.
Sayangnya meskipun sama-sama alat bantu, penggunaan tongkat belumlah sepopuler kacamata misalnya.
Orang tua memang sebaiknya menggunakan alat bantu seperti tongkat untuk menjaga keseimbangan tubuhnya. Sayangnya tongkat diidentikan dengan invalid atau kecacadan. Padahal sebenarnya tidak selalu.
Untuk itu yang perlu ditumbuhkan dahulu motivasi penggunaan tongkat pada orang tua. Pelan-pelan tanamkan betapa pentingnya menggunakan tongkat itu.
Risiko jika orang tua jatuh bukanlah sesuatu yang ringan. Jatuh pada orang sehat paling-paling biru lebam. Tetapi pada orang tua bisa menyebabkan patah tulang. Patah tulang pada orang tua itu susah sembuhnya. Dan bukan tidak mungkin akan cacad seumur hidup dan menjadi tergantung pada orang lain dengan kursi roda. Tentu pemahaman ini tidak bisa sekaligus, harus diulang-ulang. Dokter percaya dengan niat baik dari Ananda Bpk Julius, pasti orang tua Bpk pelan-pelan mau menggunakan tongkat. Toh ini demi kebaikan bersama.
Tahukah bahwa jika menggunakan tongkat, penggunanya sering memperoleh keistimewaan? Dan kemungkinan di- prank orang juga bisa terhindar.
Tetap semangat memberi motivasi ya pak.

Artikel lansia lainnya:



Tidak ada komentar:

Pertama di Indonesia: Periksa Laboratorium Online

  Periksa Laboratorium Online Tahu dong kalau Dokter Internet senang utak-atik kemajuan teknologi untuk bisa digunakan di bidang kesehatan. ...