Rabu, Juni 08, 2022

Skincare pasien ginjal cegah jerawatan

 Tips cegah jerawatan pasien gagal ginjal dengan skincare pasien ginjal


"Sejak saya cuci darah koq jadi jerawatan dok? Padahal nilai ureum dan fosfat saya setelah HD normal-normal aja."

Itulah keluhan yang disampaikan beberapa pasien. 

Kita tahu semua penyebab jerawatan / komedoan pada pasien gagal ginjal itu bisa dibagi atas 2 bagian besar: (1) dari dalam tubuh sendiri dan (2) dari luar tubuh. 

Yang dimaksud dari dalam tubuh yaitu kondisi pasien yang jika belum adekuat proses dialisisnya bisa menyebabkan banyak kotoran / hasil metabolisme tubuh yang menumpuk dalam tubuh. Hasil kotoran ini berusaha untuk keluar dalam bentuk jerawat / komedo. Solusi pada keadaan ini, lakukan hemodialisa secara adekuat. Caranya bisa konsultasi dengan perawat / dokter di ruang hemodialisa. 

Faktor kedua, jika memang hemodialisa sudah dilakukan adekuat, adalah kebersihan wajah. Kondisi polusi, jarang membersihkan wajah secara benar, penggunaan masker terus menerus bisa membuat kulit pasien sering jerawatan / komedoan. 

Untuk mengobati atau mencegah hal ini, lakukan perawatan wajah dengan skincare khusus pasien ginjal

Karena diperuntukkan untuk pasien ginjal, tentu bahan-bahan yang terkandung di dalamnya sudah aman dan tidak berbahaya bagi mereka yang menderita sakit ginjal maupun yang berkulit sensitif. Diformulasi oleh dokter tetapi bisa dibeli tanpa resep dokter. 

Semoga bermanfaat. 

Artikel terkait: https://www.eriktapan.com/2022/04/testimoni-pengguna-set-scs-lmelia.html




Tidak ada komentar:

Ini daftar Rumah Sakit & Laboratorium Stemcell yang telah diakui Pemerintah RI

  Menurut DR. Dr Ferdiansyah, Sp OT(K) terapi Stemcell hendaknya dilakukan dengan sumber yang benar (produk harus teregistrasi) dan dilakuka...