Minggu, September 18, 2022

Transplantasi Ginjal BUKAN solusi jeleknya kondisi pasien



Ada keluarga pasien yang mungkin karena sudah frustasi mengurus pasien cuci darah yang sudah komplikasi paru, jantung, lalu memikirkan, alangkah baiknya jika pasien di-transplantasi. Pasti sesudah transplantasi, urusan jadi beres. 

Apakah benar demikian? 

Pasien gagal ginjal itu mutlak memerlukan Terapi Pengganti Ginjal (TPG) seperti Cuci Darah (Hemodialisis), Cuci Perut (CAPD) atau Transplantasi. Ketiga metode tersebut cara pengurusannya relatif sama. Sama2 repotnya. Hanya saja bagi pasien, CAPD lebih tidak sering ke RS daripada Cuci Datah. Begitu pula dengan Transplantasi, pasien bisa lebih produktif. Namun dibalik keuntungan masing-masing TPG tersebut ada kelemahannya. Jadi sebenarnya jika pasien / keluarga belum mampu menangani "kerepotan" menjalani HD/CAPD, pikir-pikir lagi deh untuk menggunakan cara Transplantasi. 

Sesudah transplantasi bukan segalanya jadi beres. Pasien masih harus berhadapan dengan minum obat penekan kekebalan tubuh seumur ginjal transplantasi tersebut. Ini diminum setiap hari dan tidak boleh putus. Konsekuensinya, pasien harus berusaha untuk tidak kena infeksi. Makan / minum harus dijaga kebersihannya. Menjauhkan diri dari lingkungan yang kebetulan ada orang sakit seperti Flu, TBC, Cacar, dll. Yang bagi orang umum tidak apa2, tetapi bagi pasien transplantasi, akan mudah tertular. 

Apa yang terjadi jika tertular infeksi? Sukar sembuhnya, bisa berulang hingga ginjal transplantasinya berhenti bekerja, alias reject. Kalau sudah demikian, terpaksa cuci darah kembali. 

Itu tadi aktifitas sesudah transplantasi. Ada juga yang harus diperhatikan yaitu persiapan sebelum operasi. Usahakan kondisi pasien se-fit mungkin. Tidak ada masalah dengan jantung, paru, liver dan lambung. Karena operasi transplantasi sama seperti operasi lainnya, membutuhkan daya tahan tubuh. Begitu pula konsumsi obat-obatan sesudah operasi sangat membutuhkan lambung dan liver yang sehat. 

Jadi rencanakan program transplantasinya bahkan sebelum cuci darah.

Bagi yang tertarik menerima informasi seputar Kesehatan Ginjal, bisa mengisi form ini: https://s.id/koranginjal

Bisa juga menonton VT di: https://vt.tiktok.com/ZSRuvKSsa/



Minggu, September 11, 2022

Video Edukasi Dokter Internet di TikTok

Penonton Youtube
Penonton Tiktok



Dokter adalah orang yang senang memanfaatkan Teknologi Informasi untuk edukasi kesehatan. Hal ini sudah dokter lakukan sejak masih ko ass (tahun 1988) yang dilanjutkan dengan blog pada tahun 1992. Waktu itu masih web sederhana. 


Lihat liputan salah satu media di sini, https://bit.ly/CVErik

Saat ini, Dokter sangat antusias dengan media socmed Tiktok


Riset kecil-kecilan yang Dokter lakukan, dengan upaya yang sama, Dokter posting video edukasi di Tiktok dan YouTube.  Dan hasilnya dalam sehari, yang menonton video Dokter di Youtube, hanya 7 orang, sedangkan di Tiktok 650 lebih. Artinya hampir 100x lebih banyak. 

Kalau Anda seorang content creator, pilih yang mana? 


Ayo join bersama Dokter Internet, unduh aplikasi Tiktok di sini:

https://vt.tiktok.com/ZSRaNYgPp/

Dan follow account Dokter @eriktapan







Selasa, September 06, 2022

Daftar Lengkap Video Tiktok (VT) Tips Pasien Cuci Darah

 Daftar Lengkap Video Tiktok (VT) Tips Pasien Cuci Darah




Halo apakabar? 

Salam sehat selalu. 

Punya kenalan / anggota keluarga yg sdh menjalani cuci darah dan masih bingung? 

Mari belajar bersama kami. 

Semoga bermanfaat. 



Video Tiktok (VT) Tips Pasien Cuci Darah, yang sudah bisa ditonton bagi pasien / keluarga pasien Cuci Darah pemula adalah:



1. Perkenalan + anjuran operasi cimino sebelum memulai kegiatan rutin cuci darah,  https://vt.tiktok.com/ZSRPjHmMq/


2. Keuntungan CAPD dibandingkan Cuci Darah,   https://vt.tiktok.com/ZSRPjXnHg/


3. Efek Cuci Darah, suara jadi parau dan tidak bisa kencing seharian,  https://vt.tiktok.com/ZSRPjQPM8/


4. Makanan/minuman yg harus dihindari pasien cuci darah,  

https://vt.tiktok.com/ZSRP6eKXP/


5. Akibat pasien yg tidak peduli dg metabolisme kalsium fostor,  https://vt.tiktok.com/ZSRP66GLp/


6. Jika sdh dianjurkan untuk cuci darah, lakukan segera!! , https://vt.tiktok.com/ZSRP66Q6p/


7. Terapi Stem cell untuk Pasien Gagal Ginjal, https://vt.tiktok.com/ZSRP6Mhts/


8. Pemeriksaan Lab Pasien Cuci Darah, https://vt.tiktok.com/ZSRPjKvWt/


9. Tips atasi Ascites Pasien Cuci Darah, https://vt.tiktok.com/ZSRPjEkd8/


10. Terapi Alternatif Gagal Ginjal, https://vt.tiktok.com/ZSRPjwdqS/


11. Tips Atasi Susah Makan pasien gagal ginjal, https://vt.tiktok.com/ZSRP6JCN4/


12. Waktu yang tepat suntik EPO,  https://vt.tiktok.com/ZSRP6BMpJ/


13. Daftar makanan tinggi Kalium, https://vt.tiktok.com/ZSRP6rM5h/


14. Memilih binder fosfat, https://vt.tiktok.com/ZSRPjwwhW/


15. Penyebab Gatal, https://vt.tiktok.com/ZSRP6r1Yn/


16. Cuci darah yg bersih agar tidak gatalan, https://vt.tiktok.com/ZSRP6kcTx/


17. Hati-hati fosfor meningkat, https://vt.tiktok.com/ZSRP6MEJ9/


18. Gatal karena kulit kering, https://vt.tiktok.com/ZSRPfVNRh/


19. Cara mencapai adekuasi cuci darah,  https://vt.tiktok.com/ZSR5jd4Es/


20. Jenis-jenis binder fosfat, https://vt.tiktok.com/ZSR55Jxxg/


21.  BPJS Kesehatan dan biaya Cuci Darah, https://vt.tiktok.com/ZSRuydx4E/


22. Berat Badan Kering, cara mencapai dan manfaatnya, https://vt.tiktok.com/ZSRuyBTCR


23. Cara mencari referensi, https://vt.tiktok.com/ZSRuWg3xQ/


24. Fakta ttg Transplantasi Ginjal, https://vt.tiktok.com/ZSRuWpAj4/


25, Doa, bersyukur & bermanfaat, https://vt.tiktok.com/ZSRu7pLbv/


26. Tips atasi kulit kaki kering & pecah2, https://vt.tiktok.com/ZSRxa4G41/


27.  Stadium / derajat Penyakit Ginjal Kronik, https://vt.tiktok.com/ZSRxaXCND/


28. Tips atasi Penyakit Ginjal Kronis stad. 1 s/d 4, https://vt.tiktok.com/ZSRxaG1rn/


29. Tips menjaga aksesibilitas Cuci Darah / Cimino, https://vt.tiktok.com/ZSRxa4NBM


Caranya:

1. Download aplikasi Tiktok  melalui ini: https://vt.tiktok.com/ZSRAjLEsv/


2. Follow account Tiktok @eriktapan


Silakan share jika informasi ini dirasakan bermanfaat sehingga makin banyak yang bisa terbantu. Terima Kasih dan Sehat Selalu.


Mengenai Erik Tapan: https://bit.ly/CVErik


Tulisan Ginjal dari Erik Tapan, https://www.eriktapan.com/search/label/Ginjal?m=1







Rabu, Agustus 10, 2022

Pertama di Indonesia: Periksa Laboratorium Online

 Periksa Laboratorium Online



Tahu dong kalau Dokter Internet senang utak-atik kemajuan teknologi untuk bisa digunakan di bidang kesehatan. Ada info menarik nih. Ternyata sekarang, Laboratorium Klinik Prodia sudah menyediakan fitur permintaan pemeriksaan laboratorium (atas rujukan dokter) melalui aplikasi.

Hanya perlu menginformasikan: nama, jenis kelamin, tgl lahir, alamat email serta keluhan / rencana pemeriksaan. Setelah itu pasien akan di-email seperti yg ada di akhir video dengan no kode khusus (kodenya dihapus diganti dengan no WA Dokter Internet) yang bisa ditunjukkan ke Customer Services (petugas) Laboratorium Prodia terdekat. 

Ada yg berminat? 

Segera kirim WA dg data di atas ke: https://WA.me/6285172151109


Semoga bermanfaat. 

Nikmati pengalaman baru periksa Laboratorium. 

Dr. Erik Tapan, MHA

Dokter Internet Indonesia


Pertanyaan yang sering ditanyakan:

1. Tetap harus ke Prodia ya? 

Jawab: iya untuk pengambilan darah / specimennya.


2.  Apakah peneriksaan Laboratorium tersebut ditanggung BPJS Kesehatan? 

Jawab: Sepengetahuan Dokter Internet, belum ditanggung. 


3. Periksa lab nya yg rutin aja atau sampe yg spesifik dok?

Jawab: sesuai dengan kompetensi Dokter pemberi rujukan. Karena ybs yang berkewajiban menjelaskan ke pasiennya. 


4. Saya koq nggak pernah menggunakan Surat Rujukan Dokter, hanya ditanya nama dokternya saja? 

Jawab: memang kadang-kadang pihak Laboratorium memberi privilege. Terutama kalau pasiennya sudah senior atau langganan, tapi jawaban pihak Prodia, "Seharusnya ada pengantar dokter  atau hasil chat di aplikasi Prodia".


Nah, dengan adanya kemudahan ini,, pihak Prodia terus memperbaiki diri mengikuti aturan yang berlaku. Mari kita dukung. 


#laboratoriun #nonBPJS #prodia #rujukan #online

Jumat, Agustus 05, 2022

Suplemen pengikat fosfat yang ideal

 Suplemen pengikat fosfat yang ideal

Perbandingan Kandungan Kalsium di antara binder fosfat di Indonesia

Untuk saat ini bisa dikatakan binder fosfat yang paling ideal adalah yang tidak mengandung kalsium, seperti: Renvela / Fosbin maupun Fosrenol. 

Itu sdh mutlak. Semua pasti setuju. 

Namun kenyataan di lapangan tidak semua pasien sanggup membeli suplemen tersebut, apalagi jika tidak menggunakan BPJS. 

Kalau pada kondisi seperti ini, dan saat level kalsium darah pasien rendah / normal, manakah fosfat binder yang mengandung kalsium yang paling baik. Ternyata selain mencari binder fosfat yang non kalsium, para ahli juga mengembangkan binder fosfat yang mengandung kalsium. Terus diperkecil kadar kalsiumnya tapi tidak mengabaikan malah bisa meningkatkan efektifitas pengikatan fosfatnya. Tentu ini menjadi lebih efisien.


Berikut tabelnya berdasarkan riset penulis, seperti bisa dilihat di atas.


Prinsip yang penulis pakai, makin kecil kandungan kalsium, makin baik. Kebutuhan kalsium berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) orang Indonesia adalah 1.100 mg/hari untuk orang dewasa normal. 


Pertanyaan yang muncul, kenapa sih Calcium Acetate mesti dikombinasi dengan Magnesium? Bikin repot aja. Benar tidak? 

Ini jawabannya:

Ternyata kombinasi Calcium (dalam hal ini Calsoum Acetate yang lebih baik dari Calsium Carbonate), ada maksudnya. Bukan supaya Magnesiun jadi laku, pastinya. Tapi memang sudah berdasarkan penelitian. Ternyata penambahan dosis kecil Magnesium bisa bermanfaat untuk meningkatkan efek daya ikat fosfat maupun mengurangi efek kalsifikasi pembuluh darah dan jantung. Daya ikat fosfat kombinasi CaMg ternyata bisa disamakan dengan suplemen pengikat fosfat yang non kalsium seperti Sevelamer Carbonate. Bayangkan konsumsi suplemen pengikat fosfat seharga yang menganding kalsium tapi memperoleh manfaat seperti yang non kalsium. 

Sudah banyak penelitiannya *, antara lain bisa dibaca di sini:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2957591/

(artikel lainnya, bisa di-google dg kata kunci, "calcium magnesium combination for dialysis patients".) 


*logika saja, tidak mungkin suplemen (yang baru diperkenalkan di Indonesia) ini dijual di luar negeri kalau tidak ada yang membutuhkannya. Di Indonesia baru mulai diperkenalkan. 

Yang penting sesuaikanlah dengan situasi dan kondisi masing-masing. 

Anda yang paling tahu tentunya. Pilihan terserah Anda, mau ngotot dengan suplemen berkalsium tinggi kalau belum bisa membeli yang non kalisum?


Cara membaca tabel:

Kebutuhan kalsium pada orang dewasa menurut AKG (Angka Kecukupan Gizi) adalah 1.100 mg / hari.  Konsumsi lebih dari itu berisiko menumpuk dan menyebabkan kalsifikasi. 

1. Suplemen pertama, CaCO3 yang kadar Ca Carbonate-nya 1.250mg. Itu setara dengan kadar kalsium 500 mg

2. Suplemen kedua,  (CH3COO)2 yang kadar Calsium Acetate-nya 667mg atau setara dengan 169mg kalsium

3. Suplemen ketiga, kadar Calsium Acetate-nya hanya 435mg atau setara dengan 110 mg kalsium. 

Itulah sebabnya, suplemen pertama maksimal hanya bisa diminum 2x sehari yang kurang cocok digunakan bagi pasien yang makan 3x.


DISCLAIMER

Binder Fosfat hanya diperlukan saat kadar fosfat darah pasien melebihi normal. Dan ini tergantung pola makan. Jadi tidak semua pasien ginjal perlu Binder Fosfat.


Artikel lain:

1. Pentingnya Menggunakan Suplemen Pengikat Fosfat / Binder Fosfat, https://www.eriktapan.com/2022/01/pentingnya-menggunakan-suplemen.html

2. Lenal Ace, sudah stop impor, apa penggantinya, https://www.eriktapan.com/2022/08/sudahkah-indonesia-di-ambang-krisis.html

3. Suplemen Pengikat Fosfat yang ideal, https://www.eriktapan.com/2022/08/suplemen-pengikat-fosfat-yang-ideal.html


Sudahkah Indonesia di ambang krisis obat impor? Ini tips antisipasinya

 Sudahkah Indonesia di ambang krisis obat impor? Ini tips antisipasinya

Kebijakan pemerintah untuk menggalakkan produksi dalam negeri (TKDN) ternyata berimbas juga ke sektor kesehatan, khususnya obat-obatan impor. 

Contohnya di kalangan pasien ginjal ada suplemen pengikat fosfat, Calsium Acetate. Suplemen yang diimpor dalam bentuk jadi tersebut (mungkin bisa dianalogikan dengan CBU di bidang otomotif) Lenal Ace, saat ini sdh tidak diimpor lagi. Tidak ada alasan resminya, tapi sudah sangat sukar memperolehnya. 

Akibatnya, pasien-pasien ginjal yang memerlukan suplemen pengikat fosfat yang berkualitas tetapi relatif ekonomis menjadi kelimpungan. Mereka harus beralih ke preparat suplemen yang generasi sebelumnya. Di mana daya ikat fosfatnya tidak sebaik Calcium Acetate, atau menggunakan preparat non calcium yang tidak ekonomis lagi. 


Contoh yang lain, terdengar kabar, salah satu perusahaan farmasi dunia melakukan kerja sama dengan farmasi Indonesia untuk cabangnya di Indonesia. Apalagi kalau tidak ingin mempertahankan pangsa pasar obat-obatannya yang kemungkinan akan segera diproduksi di pabrik Indonesia. 


Tips Antisipasinya

Lalu bagainana pasien-pasien khususnya yang rutin konsumsi obat impor, mengantisipasinya? 

Berikut beberapa tipsnya:

Yang pertama harus dilakukan adalah mengecek obat rutin yang Anda konsumsi, apakah impor atau tidak. Jika ada yang masih impor bisa lakukan (sesuai situasi, kondisi dan kemampuan) hal-hal berikut ini:


1. Segera stok obat-ibatan tersebut sebelum menghilang dari pasar (resmi). Jangan lupa memperhatikan jumlah kebutuhan dan expired datenya. 


2.  Mulai mencari produk sejenis yang diproduksi oleh farmasi Indonesia. Jenis obat namanya Me Too. Info mengenai hal ini akan dijelaskan pada tulisan berikutnya. Silakan ikuti terus. 


3. Speak Up / bersuara

Kalau bisa buat heboh. Dengan teknologi saat ini, sangat mudah menyuarakan kebutuhan pasien di berbagai social media, Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, dll. 

Adakah manfaatnya? 

Seperti diketahui, perusahaan farmasi itu memiliki bagian riset. Jadi jika banyak yang bersuara, tentu bisa dimonitor oleh perusahaan farmasi dan tertarik untuk segera memproduksinya. 


Sekian informasinya. Semoga bermanfaat. 

Tulisan berikutnya, jenis-jenis obat: originator, patent, generik, me too, dll.  Dan bagaimana kualitasnya? 



Erik Tapan, dokter bukan Pesulap Merah

Berbeda dengan Pesulap Merah, kami berusaha memberi info2 yang jarang diketahui orang (bukan rahasia hanya jarang diekspise) dari industri kesehatan / farmasi, untuk tujuan edukasi.


Artikel lain:

1. Pentingnya Menggunakan Suplemen Pengikat Fosfat / Binder Fosfat, https://www.eriktapan.com/2022/01/pentingnya-menggunakan-suplemen.html

2. Lenal Ace, sudah stop impor, apa penggantinya, https://www.eriktapan.com/2022/08/sudahkah-indonesia-di-ambang-krisis.html

3. Suplemen Pengikat Fosfat yang ideal, https://www.eriktapan.com/2022/08/suplemen-pengikat-fosfat-yang-ideal.html


Selasa, Agustus 02, 2022

In Memoriam Kris Biantoro cuci darah 38 tahun, mitos atau fakta?

Kris Biantoro cuci darah 38 tahun

"Kata siapa pasien cuci darah tidak bisa bertahan lama, bisa lihat Pak Kris Biantoro, yang melakukan cuci darah selama 38 tahun," begitu saya mendengar pemaparan salah satu nara sumber pada acara komunitas pasien ginjal. 

Benarkah demikian? 

Mari kita telusuri lebih lanjut. 

Namun ijinkanlah saya melakukan disclaimer terlebih dahulu maksud tulisan saya ini. 

Pertama, memang benar pasien cuci darah bisa hidup lama. Dan yang kedua, info ini bukan bermaksud mengecilkan peran Kris Biantoro yang kita tahu semua, dia adalah salah satu pasien ginjal yang sangat getol meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penyakit ginjal. Kami sendiri pun, pernah mengangkat beliau menjadi Brand Ambassador Komunitas Pasien Ginjal. Jadi tidak perlu diragukan lagi peran beliau. 

Menurut info dari internet, Kris Biantoro lahir pada tanggal 17 Maret 1938. Beliau meninggal pada usia 75 tahun, 13 Agustus 2013.

Dari buku yg ditulis pada tahun 2011, terdapat info bahwa pada tahun 2007, beliau berusaha untuk melakukan operasi cangkok ginjal di Tiongkok tapi sayangnya tidak berhasil. 

Akhirnya pada tahun 2010, beliau baru mau melakukan Terapi Pengganti Ginjal alias Cuci Darah. 

Selama ini, 38 tahun lebih, beliau melakukan perawatan konvensional yang didampingi istri tercinta, orang Vietnam. 

Beliau pernah menulis buku dengan judul, " Belum Selesai " dengan sub judul, "Kisah 38 Tahun Perjuangan Pendekar Ginjal Soak”


Buku tersebut dijual ke perusahan2 yang seluruh hasil penjualannya disumbangjan ke Komunitas Pasien Ginjal. 


Selamat jalan, sahabatku, Pak Kris Biantoro. Semangat mu kan kukenang. 




Referensi:

https://www.eriktapan.com/2011/04/review-buku-kris-biantoro-belum-selesai.html?m=1

Sabtu, Juli 16, 2022

PENTING Tips Menjaga Ginjal Kita

 Pada 1 November 2012, Dokter mewakili Indonesian Kidney Care Club (IKCC) diwawancarai oleh Radio DFM tentang Tips Menjaga Kesehatan Ginjal. 

Klik: https://s.id/1cbR0



Sabtu, Juli 09, 2022

Manfaat Kartu Reminder Kt/V GRATIS

 

Untuk apa Kartu Reminder Kt/V? 

Tanya jawab

1. Apa manfaat Kartu Reminder Kt/V? 

Agar petugas kesehatan mengetahui bahwa saat itu, mesin sedang diukur Kt/Vnya. Kadang-kadang, karena petugas yang berbeda, jadi saat terminasi, hasil Kt/V, lupa dicatat. Kartu digantung di mesin HD.


2. Apa itu Kt/V? 

Kt/V adalah salah satu parameter pengukuran kebersihan proses cuci darah (istilah kerennya adekuasi). Namanya cuci, ya harusnya hasilnya bersih. Dari mana pasien bisa tahu, kalau darahnya sudah tercuci bersih? Parameter lain, nilai ureum di bawah 50, diperiksa sesudah HD yang diambil dari darah yang keluar dari tubuh, BUKAN darah yang masuk ke tubuh dari mesin. 


3. Apa yang diperlukan dalam mengukut Kt/V? 

Umumnya mesin HD saat ini sudah memiliki program pengukuran Kt/V. Yang diperlukan hanya mencatat: berat badan kering, tinggi badan, usia, jenis kelamin dan berapa kali cuci per minggu. 


4. Apa manfaat Kt/V? 

Pertanyaan yang bagus. Manfaat mengetahui nilai Kt/V adalah untuk mengetahui apakah darah kita sudah tercuci bersih atau belum. Jika belum mencapai nilai standard sesuai yang ada di kartu tersebut, berarti belum tercuci bersih dan berisiko mengalami komplikasi jangka panjang. 


5. Ada komplikasi jangka pendek kalau cuci darah kuarang adekuat?

  • Anda akan merasa sakit, lemas, nafsu makan berkurang, susah tidur
  • Kulit bisa berubah kuning.
  • Anda dapat mengalami gatal-gatal
  • Kaki Anda dapat membengkak karena cairan.
  • Anda dapat mengalami sesak nafas.
  • Anda dapat merasa depresi
  • Daya pikir melambat


6. Seberapa sering harus diperiksa Kt/V? 

Idealnya setiap kali cuci, tapi kalau sudah tahu rata-rata hasilnya, cukup sebulan atau dua bulan sekali, kalau berat badan kering sudah berubah atau usia atau parameter lainnya.


7. Emang kalau belum mencapai nilai Kt/V standard, apa yang perlu dilakukan? 

Banyak hal, bisa QB dinaikkan, durasi ditambah hingga lebih sering melakukan cuci darah dalam seminggu. Bisa juga menggunakan dialiser high flux. 


8. Bagaimana memperoleh Kartu Reminder Kt/V secara GRATIS tersebut? 

Bisa mengirim WA ke 08111-399-899. Syarat dan ketentuan berlaku. 


Tujuannya agar menghindari komplikasi cuci darah baik jangka pendek maupun jangka panjang. 

Semoga bermanfaat. 

Sehat selalu.


Catatan:

Untuk membantu Pak Pos, paket akan dikirim menggunakan jasa Pak Pos.

 

Ingin terupdate info cuci darah via WA, daftar di sini: https://s.id/koranginjal 

Minggu, Juni 19, 2022

Ini daftar Rumah Sakit & Laboratorium Stemcell yang telah diakui Pemerintah RI

 

Menurut DR. Dr Ferdiansyah, Sp OT(K) terapi Stemcell hendaknya dilakukan dengan sumber yang benar (produk harus teregistrasi) dan dilakukan oleh dokter yang kompeten pada penyakit yang sesuai dengan cara yang tepat. Hal itu mengemuka dalam tanya jawab Webinar Stemcell oleh IDI / REJASELINDO (Rekayasa Jaringan dan Terapi Sel Indonesia,  organisasi dokter seminat), Minggu 19 Juni 2022 yang diikuti oleh lebih dari 400 peserta dari seluruh pelosok tanah air via Zoon dan YouTube. 

Selain ahli Stemcell dari RSUD Dr Soetomo Surabaya tersebut tampil juga pembicara lain seperti:

- Dr. Poengky Dwi Poerwantoro Sp. BP-RE,  MM,  Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi Aestetik RS Medistra

- Dr Sandy Qlintang, Kepala Stemcel and Cancer Institute, Kalbe Farma

- Dr Meriana Virtin,  Medical Advisor PT Cordlife Indonesia


Daftar Rumah Sakit dan Laboratorium Stemcell yang sudah diakui Pemerintah

Kini masyarakat Indonesia tidak perlu bersusah-payah lagi mencari pelayanan terapi stemcell di luar Indonesia. Berikut daftar Rumah Sakit dan Laboratorium* yang sudah mendapatkan penetapan untuk melakukan penelitian berbasis pelayanan Stemcell di Indonesia:


a. Sesuai dengan Kepmenkes no 32 tahun 2014 :

  1. RSUP dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta
  2. RSUD dr. Sutomo, Surabaya
  3. RSUP dr M. Djamil, Padang
  4. RS Jantung dan Pembuluh Darah, Jakarta
  5. RSUP Fatmawati, Jakarta
  6. RS Kanker Dharmais, Jakarta
  7. RSUP Persahabatan Jakarta
  8. RSUP dr. Hasan Sadikin, Bandung
  9. RSUP dr Sardjito, Jogjakarta
  10. RSUP dr.Karyadi, Semarang
  11. RSUP Sanglah, Bali


b. Sesuai SK Menkes no. HK.02.02/I/5190/2019 :


1. RSPAD Gatot Subroto, Jakarta


2. Laboratorium sel punca yang sudah berizin :

  1. Lab ProSTEM
  2. Lab Regenic
  3. Lab Dermama
  4. Lab Asia Stem Cell
  5. Lab Hayandra
  6. Lab RSCM ( masih proses)
  7. Lab Sutomo (masih proses)

Sementara itu, hanya ada dua rumah sakit yang telah ditunjuk Kemenkes sebagai Pusat Pengembangan Pelayanan Medis, Penelitian dan Pendidikan Bank Jaringan dan Stemcell sejauh ini, yaitu RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta, dan RSUD Dr. Soetomo, Surabaya.

Catatan:
Karena daftar ini selalu mengalami update, bagi Bpk/Ibu yang punya data lebih update, tolong diinformasikan. Thanks.
* [masukan dari pembaca] Kata laboratorium sebaiknya diganti dg produksi krn laboratoium itu lebih ke research sedangkan produksi adalah memproduksi suatu obat atau sel dg standar GMP yg tinggi utk keamanan dan biasanya adalah industri farmasi yg memilikinya didapat dari BPOM. Ijin masukkan dari saya dr Erik



Referensi:

- https://www.liputan6.com/health/read/2156778/baru-11-rs-yang-legalkan-prosedur-sel-punca





Jumat, Juni 17, 2022

Perbedaan Menjual dan Menolong



Sering menerima penawaran bertubi-tubi? Apapun kondisi kita, si penjual terus saja ngerocos. Inilah yang membedakan kita apakah ingin menjual sesuatu atau menolong. 

Prinsipnya sama. Sama2 menukar uang dengan kebutuhan konsumen. Tapi ada hal yang berbeda jika motivasi kita menjual dibandingkan menolong. 


Menjual

Target sebanyak mungkin produk yang dijual. Tidak terlalu peduli apakah yang membeli benar-benar membutuhkan. Tak jarang ada info yang disembunyikan / dilebih-lebihkan agar produknya laku.  


Menolong

Hanya menawarkan kepada yang memerlukannya. Benar-benar melihat kebutuhan konsumen. Cocok atau tidak. Disertai info yang sejelas-jelasnya, kelebihan / kekurangan produk tersebut. 


Menjual

Tidak senang dengan adanya kompetitor, apalagi jika harga yang ditawarkan kompetitor lebih ekonomis. 


Menolong

Tidak masalah jika ada kompetitor, malah senang berarti produk kita digemari orang (baca: laku / bermanfaat). Jika ada yang menawarkan harga lebih kompetitif, mengevaluasi diri, apakah ada prosedur yang bisa lebih diefisienkan. Jika tidak, nggak masalah. 


Informasi ini disampaikan L'Melia Handbody HD, lotion pelembab anti gatal untuk yang selalu bekerja di ruang berAC. Kulit akan cepat menua / keriput.


Info dan order, klik: https://linktr.ee/LMeliaHandbodyHD



Sabtu, Juni 11, 2022

Webinar Stemcell REJASELINDO, Minggu 19 Juni 2022

Apakah Anda tertarik dengan penawaran Stemcell?

Tahukah Anda, begitu menjanjikan terapi Stemcell hingga banyak produk dilabeli dengan Stemcell. Begitu pula, dengan label Stemcell membuat produk (yg sebenarnya bukan Stemcell) tersebut bergengsi dan berkhasiat.

Guna mengantisipasi penawaran yang tidak bertanggungjawab (bahkan kalangan medis pun sering dikelabui), maka Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melalui oraganisasi dokter seminat yang mendalami Stemcell (Rekayasa Jaringan dan Terapi Sel, REJASELINDO, https://Rejaselindo.com) akan menyelenggarakan Webinar untuk masyarakat luas: 

🌺Rumah Sakit, 

🌸Klinik, 

🌼Dokter Spesialis,  

💚Dokter Umum, 

🌹Paramedis, dan 

🌺Masyarakat Umum


Topik Webinar: Fakta Terapi Stem Cell & Pemanis Promosi

Yang akan dibahas al. :

🌺 Apa itu Stem Cell

🌸 Cermati Pilihan Stem Cell

🌼 Produk Stem Cell yang baik & benar 

Acara akan diadakan:

✅Minggu, 19 Juni 2022 Jam 10.00-12.00 WIB 

📶via Zoom & Youtube

Tempat terbatas, segera daftar:

https://bit.ly/KALBEXREJASELINDO_19JUN



#rejaselindo #stemcell #selpunca #webinar 

Rabu, Juni 08, 2022

Skincare pasien ginjal cegah jerawatan

 Tips cegah jerawatan pasien gagal ginjal dengan skincare pasien ginjal


"Sejak saya cuci darah koq jadi jerawatan dok? Padahal nilai ureum dan fosfat saya setelah HD normal-normal aja."

Itulah keluhan yang disampaikan beberapa pasien. 

Kita tahu semua penyebab jerawatan / komedoan pada pasien gagal ginjal itu bisa dibagi atas 2 bagian besar: (1) dari dalam tubuh sendiri dan (2) dari luar tubuh. 

Yang dimaksud dari dalam tubuh yaitu kondisi pasien yang jika belum adekuat proses dialisisnya bisa menyebabkan banyak kotoran / hasil metabolisme tubuh yang menumpuk dalam tubuh. Hasil kotoran ini berusaha untuk keluar dalam bentuk jerawat / komedo. Solusi pada keadaan ini, lakukan hemodialisa secara adekuat. Caranya bisa konsultasi dengan perawat / dokter di ruang hemodialisa. 

Faktor kedua, jika memang hemodialisa sudah dilakukan adekuat, adalah kebersihan wajah. Kondisi polusi, jarang membersihkan wajah secara benar, penggunaan masker terus menerus bisa membuat kulit pasien sering jerawatan / komedoan. 

Untuk mengobati atau mencegah hal ini, lakukan perawatan wajah dengan skincare khusus pasien ginjal

Karena diperuntukkan untuk pasien ginjal, tentu bahan-bahan yang terkandung di dalamnya sudah aman dan tidak berbahaya bagi mereka yang menderita sakit ginjal maupun yang berkulit sensitif. Diformulasi oleh dokter tetapi bisa dibeli tanpa resep dokter. 

Semoga bermanfaat. 

Artikel terkait: https://www.eriktapan.com/2022/04/testimoni-pengguna-set-scs-lmelia.html




Selasa, Juni 07, 2022

Samsat Mal Artha Gading MAG tutup

Samsat Mal Artha Gading MAG tutup



Tanpa diketahui ternyata Samsat yang ada di Mal Artha Gading (MAG) sudah ditutup. Akhirnya perjalanan memperpanjang STNK mobil dilanjutkan ke Gerai Samsat Jakarta Timur. Jl. Mayjen Panjaitan, Jakarta Timur.
Sistem perpanjangan STNK di sini, Drive Through.

jadi tidak sampai 10 menit sudah selesai. Tidak perlu fotokopi, cukup tunjukkan (asli) : KTP, STNK dan BPKB.
Hebat... Ini baru paperless. Mestinya sih bisa bayar online.


Pengalaman saya dulu bayar STNK online, perlu menukar bukti pembayaran dengan STNK asli di Samsat.

Waktu itu, sama aja bo'ong. Nggak tahu deh kalau sekarang.
Bagaimana pengalaman Anda memperpanjang STNK kendaraan?

Untuk mengecek nilai rupiah yang harus kita bayar bisa cek di sini: https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/

Semoga membantu untuk rekan-ekan yang hendak mempernjang STNK di Samsat Mal Artha Gading (MAG).

Sabtu, Juni 04, 2022

Webinar PDSI: Perbaikan Vitalitas Pria dengan Testosteton, Vit. D dan Stem cell

Melewati usia 30 tahun kadar hormon kelaki-lakian (Testosteton) akan mulai menurun.  Untuk itu tetap berpikiran positif, tidur yang cukup serta exercise dan diet yang baik sangatlah penting. Namun demikian jika sudah melakukan hal-hal di atas, tetap juga tidak mampu mempertahankan kepriaannya, maka menurut Prof. Dr. Deby Vinsky, MSC, PhD, pada acaraa Webinar Sabtu 4 Juni 2022, seseorang harus mau memanfaatkan Teknologi Kedokteran. Salah satu Teknologi Kedokteran yang masih jarang di dunia adalah, Quantum Stem cell Transplantation, Autologues Closed System

Berbeda dengan teknologi stem cell konvensional, menurut Wakil Ketua PDSI (Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia) tersebut, bangsa Indonesia harus berbangga karena telah memiliki teknologi terkini di bidang stem cell yang belum banya dimiliki bangsa lain. Harapannya pusat-pusat layanan stem cell di Indonesia bisa menarik minat wisatawan medis manca negara.


Jangan sia-siakan tali pusar anggota keluarga Anda

Ada hal menarik yang disampaikan Prof Deby. Menurut Queen of Anti Aging Medicine tersebut, jika ada anggota keluarga Anda yang melahirkan (anak / cucu), segera disimpan tali pusarnya karena bisa dimanfaatkan untuk meremajakan orang tua / kakek neneknya. Tentu prosesnya melibatkan teknologi modern, bukan secara tradisional.


Info selengkapnya: menyusul youtube dari panitia.


Artikel lainnya:

Jumat, Juni 03, 2022

Lotion pelembab anti gatal yang ampuh, langsung hilang gatalnya

Dari seorang reseller, saya memperoleh info seperti ini. Ada pelanggannya yang mengatakan,

"Lotionnya sangat manjur. Kaki saya yang sering gatal begitu saya oles sekali saja langsung hilang gatalnya.

Akibatnya sampai sekarang saya tidak pakai lagi... 😁"


Bagaimana pendapat Dokter?


Jawaban dr Erik:

Dokter bersyukur bahwa masalah gatal yang dialami pelanggan sudah hilang. Memang lotion pelembab anti gatal LMelia Handbody HD dibuat untuk mereka yang gatal karena kulit kering. Bisa saja oleh satu dan lain hal, ada pasien yang mengalami kulit kering dan setelah dioles kulitnya menjadi normal kembali. Karena kondisi tubuh pasien tersebut masih sehat dan normal, maka keluhan gatalnya otomatis menghilang.

Hal yang berbeda jika terjadi pada orang tua dan mereka yang membatasi minumnya. Kulit pada orang-orang seperti ini membutuhkan pelembab terus menerus agar tidak gatal. Umumnya 2 minggu pertama harus dioles rutin, setelah itu, bisa diselang-seling.

Rata-rata 1 btl Lotion Pelembab LMelia Handbody HD, akan habis dalam 3 - 4 bulan jika menggunakannya secara rutin.

Kulit akan tampak lebih sehat, gatal dan bruntusan menghilang.


Komposisi LMelia Handbody HD antara lain: air, Centella Asiatica Extract, glycerin, sorbitol, urea, asam hyalurinat, asam stearic, trigliseride dan zat-zat lainnya yang bermanfaat menjaga kelembaban dan kesehatan kulit Anda. 


Semoga bermanfaat.




L'Melia HandBody HD
(baca: el melia hen bodi ha de)




Keunggulan L'Melia HandBody HD:

  • lotion pelembab yang diformulasi oleh Dokter tetapi bisa diperoleh tanpa resep Dokter
  • mengandung bahan air, vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kelembabab kulit
  • bahan-bahannya aman bagi kulit / tubuh
  • nyaman di kulit
  • tidak mengandung pewangi / aroma / parfum
  • sudah teregistrasi di BPOM
  • sudah digunakan ratusan pasien sejak pertama kali diluncurkan akhir tahun 2019
  • tersedia di Marketplaces seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, dll
  • bisa diperoleh dengan searching kata kunci (tanpa tanda kutip) " pelembab pasien HD ".




Manfaat L'Melia HandBody HD:

  • menyembuhkan dan mencegah gatal karena kulit kering
  • melembabkan kulit
  • menyegarkan kulit
  • mencerahkan kulit
  • kulit menjadi lebih elastis
  • menyembuhkan dan mencegah kulit pecah-pecah terutama di tumit
  • mencegah bruntusan pada wajah


Kemasan L'Melia Handbody HD:
  • diproduksi oleh mesin dalam pabrik yang telah memperoleh sertifikat Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB) dari BPOM
  • dalam bentuk botol putih non transparan dengan ukuran 200ml
  • tutup botol dibuat anti tumpah sehingga lebih hemat dan tidak boros




Tulisan lainnya, bisa dibaca:





Rabu, Juni 01, 2022

Penyebab kulit kering pada Lansia dan Solusinya

Data menunjukkan bahwa Lansia banyak yang menderita kulit kering hingga gatal. Sayangnya jika tidak dicermati, banyak Lansia yang mengobati gatal dengan obat anti gatal biasa tanpa berusaha memperbaiki kondisi kulit keringnya. Akibatnya begitu khasiat salep / obat minumnya habis, gatal timbul lagi dan tanpa memeriksa diri ke dokter lagi, pasien menebus sendiri obat / salep anti gatal tersebut. Atau karena nggak sembuh-sembuh, maka orang tua menerima sebagai takdir saja. 


Beberapa penyebab kulit kering dan gatal:

- kondisi jaringan kulit & metabolisme orang tua yang membuat cenderung kulit kering

- tinggal di tempat berudara dingin dan kering

- paparan langsung dari AC / pemanas

- sering terpapar langsung sinar matahari

- penyakit kronis spt hipotiroid, ginjal, kencing manis, dll

- akibat radiasi atau kemoterapi

- faktor genetik seperti penyakit autoimun, dll

- faktor sistemik seperti kanker, malnutrisi, dll


Solusi mengatasi Kulit Kering

1. Mengatur kelembaban udara hingga 45 - 60 %

2. Mengatur suhu udara serendah mungkin yang dirasakan nyaman

3. Berendam dg air hangat / suam2 kuku (bukan air panas), sekitar 10 menitan  

4. Mandi jangan lebih dari 15 menitan

5. Jangan gunakan sabun mandi yg berminyak

Gunakan sabun mandi yg bebas parfum dan berpelembab seperti yg mengandung gliserin, hyaluronic acid dan lanolin

6. Jangan gunakan sabun atau bedak yg bisa mengeringkan kulit

7. Hindari menggaruk, cukup usap2 saja atau gosok dengan pelembab

8. Gunakan lotion pelembab 2 - 3 x (sehabis mandi & sebelum tidur) . 


Pelembab kulit kering yang ideal

Pelembab kulit kering yang ideal adalah pelembab yang mengandung air, bebas parfum, mengandung Centella Asiatica Extract, glycerin, sorbitol, urea, asam hyalurinat, asam stearic, trigliseride dan yang penting harga terjangkau. 


Semoga bermanfaat. 








Artikel lainnya:
Artikel lansia lainnya:
1. https://www.eriktapan.com/2022/03/saat-tangan-yang-biasa-membimbing-anda.html
2. https://www.eriktapan.com/2022/03/lotion-pelembab-untuk-para-senior-orang.html
3. Artikel lainnya: https://www.eriktapan.com/search/label/Lansia

Selasa, Mei 31, 2022

Ary Krisnawati Kidney Warrior Sejati

Ary Krisnawati

Bagi pasien gagal ginjal, nama Ary Krisnawati pasti sudah familiar. Orangnya ramah dan senang membantu. Tapi siapa sangka dibalik itu semua mba Ary menyimpan kisah yang tidak bisa dibilang ringan. Memulai perjalanan gagal ginjal sejak tahun 1996, saat mba Ary masih di tingkat 2 Fakultas Kedokteran, sudah banyak suka dan duka yang dilaluinya seperti yang dipaparkan Mba Ary pada video ini mulai menit ke 45:00. 

Mari kita support usaha Mba Ary via Toko Onlinenya, Selain menjual alkes (tensimeter, dll.), juga suplemen (protein kapsul, fosfat binder, dll.), juga lotion pelembab khusus pasien HD tersedia di toko tersebut. 

Semoga mba Ary dan kita semua sehat selalu. Terus berkarya ya mba.



Short cut video (bisa di-klik pada Deskripsi Video Youtube):

00:00 Materi dr Jonny

45:00 Riwayat Hidup Mba Ary Krisnaaati

1:03:40 Tanya Jawa



Lansia dilarang mandi dengan Air Panas

Lansia dilarang mandi menggunakan air panas dan dilarang juga menggunakan sabun antiseptik, demikian penjelasan DR. Dr. Lili Legiawati  SpKK(K), FINDS, FAADV pada acara PERDOSKI memperingati HLUN 2022.

Hal itu dijelaskan dokter spesialis kulit dari FKUI/RSCM bersama DR Dr Yuli Kurniawan, Sp. KK(K), FINSDV, FAADV saat membawakan presentasi pada Temu Daring Nasional PERDOSKI yang mengambil tema, Gatal pada Lansia, Minggu 29 Mei 2022. Jika ingin mandi gunakan air hangat dan sabun yang berpelembab. Kalau bisa yang diperuntukkan untuk lansia. 

Menurut Dr Lili, kulit kering pada lansia adalah masalah yang umum terjadi dan merupakan penyebab utama gatal hingga luka-luka jika digaruk. Kulit lansia sudah menipis sehingga jaringan lemak dan lapisan pengikat cairan pun sudah berkurang.  Karena itu sangat penting penggunaan lotion pelembab sehari-hari. Pelembab penting untuk memberi perlindungan dan hidrasi, serta menyokong perbaikan sawar kulit, lanjutnya. 

Berikut ciri-ciri pelembab ideal (https://www.eriktapan.com/2022/06/penyebab-kulit-kering-pada-lansia-dan.html). 

Selain pelembab, Lansia juga harus melindungi  diri terkena sinar matahari langsung yang berlebihan. Saat berada di tempat terbuka, gunakan pakaian lengan panjang, topi  kacamata hitam dan tabir surya. 


Pesan sponsor dari penulis:

Tersedia lotion pelembab, skincare (termasuk facial wash, sunscreen, dll.) khusus LANSIA. 


Semoga bermanfaat dan sehat selalu.


Artikel lainnya:

Rabu, Mei 25, 2022

Webinar KOWAS HLUN 2022: Agar Lansia mau menggunakan tongkat

Webinar KOWAS (Komunitas Warga Senior) dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia HLUN 2022, Sabtu 21 Mei 2002 ada satu member KOWAS, Bpk Julius mengajukan pertanyaan.
"Dok bagaimana caranya agar orang tua saya mau menggunakan tongkat?"
Jawaban Dr Erik:
Sungguh suatu niat yang tulus dari Ananda Bpk Julius yang ingin menjaga kesehatan orang tuanya.
Sayangnya meskipun sama-sama alat bantu, penggunaan tongkat belumlah sepopuler kacamata misalnya.
Orang tua memang sebaiknya menggunakan alat bantu seperti tongkat untuk menjaga keseimbangan tubuhnya. Sayangnya tongkat diidentikan dengan invalid atau kecacadan. Padahal sebenarnya tidak selalu.
Untuk itu yang perlu ditumbuhkan dahulu motivasi penggunaan tongkat pada orang tua. Pelan-pelan tanamkan betapa pentingnya menggunakan tongkat itu.
Risiko jika orang tua jatuh bukanlah sesuatu yang ringan. Jatuh pada orang sehat paling-paling biru lebam. Tetapi pada orang tua bisa menyebabkan patah tulang. Patah tulang pada orang tua itu susah sembuhnya. Dan bukan tidak mungkin akan cacad seumur hidup dan menjadi tergantung pada orang lain dengan kursi roda. Tentu pemahaman ini tidak bisa sekaligus, harus diulang-ulang. Dokter percaya dengan niat baik dari Ananda Bpk Julius, pasti orang tua Bpk pelan-pelan mau menggunakan tongkat. Toh ini demi kebaikan bersama.
Tahukah bahwa jika menggunakan tongkat, penggunanya sering memperoleh keistimewaan? Dan kemungkinan di- prank orang juga bisa terhindar.
Tetap semangat memberi motivasi ya pak.

Artikel lansia lainnya:



Sabtu, April 23, 2022

Webinar KOWAS: Cegah Penyakit Ginjal pada Senior, Sabtu, 23 April 2022

 

Pasien gagal ginjal didominasi lansia

Anda yang berusia 55 tahun ke atas, berhati-hatilah. Karena menurut penelitian, sebagian besar pasien ginjal berusia di atas 55 tahun. 

Masalah ginjal pada Lansia, menurut Dr Jonny, SpPD-KGH adalah: Infeksi Saluran Kemih, Penggunaan Kateter, Kelemahan Otot Panggul, Penyakit Ginjal Kronis dan Gangguan Ginjal Akut.

Hal ini disampaikan Kepala Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSPAD Gatot Soebroto Jakarta pada acara Webinar dari Komunitas Warga Senior (KOWAS) yang bekerjasama dengan Indonesian Kidney Care Club (IKCC), Sabtu 23 April 2022.

Dalam pemaparannya, Dr Jonny juga menjelaskan:

Testimoni acara dr Jonny

- Fungsi ginjal dan apa saja yg bisa digantikan dengan mesin bagi yang bermasalah dengan ginjalnya

- Bagaimana teknologi terbaru yang sedang dikembangkan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta untuk menolong pasien ginjal kronis meningkatkan GFR-nya

- Tips menjaga kesehatan ginjal pada orang tua / lansis

Tak ketinggalan pada acara ini juga ada testimoni seorang pasien ginjal yang telah bergelut dengan penyakitnya selama lebih dari 26 tahun, mba Ary Krisnawati, seorang pengusaha toko online di: https://tokopedia.link/arykrisnawati


Berikut link video lengkapnya:


Selamat menyaksikan, semoga bermanfaat. Jangan lupa Like, Subscribe dan Share.

Ingin update mengenai kesehatan ginjal, daftar di https://s.id/koranginjal 


Rabu, April 20, 2022

Webinar KOWAS IKCC: Cegah Penyakit Ginjal pada Senior

 FREE Webinar Cegah Penyakit Ginjal pada Senior

Organ ginjal adalah organ yang sangat low profile. Berbeda dengan liver, sakit sedikit saja, tubuh langsung menguning, pasien ginjal jarang merasakan keluhan hingga sudah sampai tahap akhir atau Gagal Ginjal Terminal (sering disebut dengan istilah Gagal Ginjal saja). Begitu sudah sampai tahap Gagal Ginjal, kerepotan demi kerepotan pun terjadi. Bukan hanya pasien yang repot bahkan keluarga yang mendampingi pun bisa kerepotan. Yang sayang meskipun melalui berbagai pengobatan, Gagal Ginjal tidak bakal sembuh. 

Hal yang paling utama yang perlu dilakukan, JANGAN SAMPAI SAKIT GINJAL. Ketahuilah apa yang harus dilakukan agar terhindar dari Gagal Ginjal.

KOWAS (Komunitas Warga Senior) bersama IKCC (Indonesia Kidney Care Club) akan menyelenggarakan webinar bertema Cegah Penyakit Ginjal pada Senior di hari Sabtu, 23 April 2022 bersama Dokter Spesialis Ginjal dari RSPAD Gatot Soebroto,

Dr. Jonny SpPD-KGH, M. Kes, MM. Hadir pula Any Krisnawati yang telah 26 tahun menjadi pasien ginjal. 

Yuk segera daftar!!

https://bit.ly/WebinarKOWAS_23April2022



Webinar Blogger Hangout oleh Bloggercrony - de ja vu

Webinar Blogger Hang Out bersama Blogger Crony
Kemarin, 19 April 2022, saya cukup beruntung diundang ke acara #bloggerhangout57 bersama Bloggercrony, https://bloggercrony.com/ dengan disponsori ID Cloud Host, https://idcloudhost.com/

Mendengar pemaparan dari nara sumber, Ihsan Mufti, tentang ketertarikannya dengan dunia blog dan kemudian berubah profesi menjadi web developer, saya jadi ingat masa-masa saya ngeblog.

Saya memulai dengan membuat website sederhana dengan HTML. Setiap hari, website itu saya update dengan cara manual, yaitu artikel/posting hari kemarin saya masukan ke bagian Arsip.

Kalau dipikir-pikir, mungkin ini adalah awal mula website berbentuk blog ya?

Bagaimana pendapat para aktifis blogger?


Salah satu weblog idola saya adalah web blog milik Pak Peter Gontha, https://gontha.com/


Yang mau lihat webblog saya bisa akses https://ErikTapan.com. Usahakan melihat dengan format full / web version (bukan mobile).


Semoga bermanfaat.


Sukses untuk acara #bloggerhangout57 .

Mari kita aktifkan kembali aktifitas Blog.

Tulisan ini didekasikan juga untuk:

- Pak Michael Sunggiardi, https://mikesgd00.wordpress.com/tentang-michael-s-sunggiardi/

- Pak Enda Nasution, http://enda.goblogmedia.com/

- Pak Onno Purbo, https://lms.onnocenter.or.id/wiki/index.php/Onno_W._Purbo

- Pak Hasnul Suhaimi, 

#bccxidcloudhost #BCCSquad


Artikel lainnya:

  1. Blog Hasnul Suhaimi , https://www.eriktapan.com/2010/01/indonesian-ceo-blog-hasnul-suhaimi.html
  2. Memperoleh Award, https://www.eriktapan.com/2009/09/memperoleh-internet-sehat-blog-award.html
  3. Bagaimana cara membuat blog, https://www.eriktapan.com/2005/10/bagaimana-cara-membuat-blog-seperti.html








Minggu, April 17, 2022

Testimoni Pengguna set SCS LMelia skincare untuk pasien gagal ginjal

Seri SCS LMelia, skincare untuk pasien Gagal Ginjal, Kanker, Autoimun, orang tua, dll, yang kulitnya kering dan sensitif.

Berikut testimoni salah satu penggunanya, semoga bermanfaat.

"Pernah ngerasain kulit wajah penuh dengan jerawat, sampe males banget mau megang muka sendiri. Hampir putus asa di tanya" inbox temen" HD, pake ini itu tapi tetep aja malah beruntusan/jerawat makin banyak, akibat fosfor yang tinggi, mungkin efek pasien beda" ya.. tapi serius ini tu dulu ga nyaman bangeeet....... 

Ahirnya ketemu sama dr. Lalan rekomendasi dari dr Erik Tapan  Alhamdulillah aku pakai skincare husus untuk pasien sekarang jerawatnya pada kabur, mulai PD lagi dong tentunya 🥰🥰. 

Terima kasih L Melia

Seri SCS LMelia, terdiri dari:

  • Milk Cleanser
  • Facial Wash
  • Face Tonic
  • Sunscreen
Bisa beli satuan di Tokopedia.
Catatan: 
Untuk pasien gangguan ginjal, pastikan ureum dan fosfor Anda dalam batas yang bisa ditoleransi.


Pertanyaan yang masuk:

"Kok ada 4 jenis cara makainya gimana keempatnya ini?"

Jawab:
Yang namanya skincare itu terdiri dari 4 atau lebih produk dalam 1 set. 
Cara pakainya secara umum adalah seperti yang tertera di web ini
(coba tanya ke saudara perempuan / Ibu / isteri Anda yang sering menggunakan skincare)
Secara khusus akan dijelaskan saat telah terjadi pembelian. Petunjuk pemakaian ini juga tertera di kemasannya koq.
Prinsip dasarnya sama seperti penggunaan skincare pada umumnya.


L'Melia SCS (for specific condition skin)
(baca: el melia es ce es)


Keunggulan L'Melia SCS:
  • skincare yang diformulasi oleh Dokter tetapi bisa diperoleh tanpa resep Dokter
  • bahan-bahannya aman bagi kulit
  • sudah teregistrasi di BPOM
  • tersedia di Marketplaces seperti Tokopedia, Shopee, dll

Kemasan L'Melia Handbody HD:
  • diproduksi oleh mesin dalam pabrik yang telah memperoleh sertifikat Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB) dari BPOM


Order, klik:


Artikel lainnya:

2. Pasien kanker aja, aman menggunakan SCS ini:













Rabu, April 13, 2022

Rambut menipis sekarang ada solusinya

Rambut menipis sekarang ada solusinya

Salah satu kecemasan baik pada pria terutama wanita adalah rambut rontok dan menipis. Banyak hal yang menyebabkannya.

Untuk mereka yang mengalami hal demikian (asalkan belum botak), bisa berkonsultasi dengan Dokter Kecantikan di Klinik Kecantikan kami. Mudah-mudahan masih bisa menjadi lebat kembali.

Perjanjian ketemu dokternya bisa dilakukan di 021-428-7576-8 mulai pkl. 10:00 s/d 15:00 WIB, setiap hari kecuali Hari Minggu.

Ayo, buruan buat perjanjian, jangan sampai telat lho.

Selasa, April 05, 2022

Efek samping L’Melia Handbody HD


Efek samping LMelia Handbody HD



Tidak disangka-sangka, awalnya hanya untuk menghilangkan rasa gatal, Oma 79 tahun ini meggunakan lotion pelembab anti gatal, L’Melia Handbody HD.

Ternyata setalah sebulan menggunakan L’Melia Handbody HD, Oma ini berubah menjadi lebih muda,

Bagaimana dengan Anda?


Lihat, apa yang dilakukan Oma di sini: https://youtube.com/shorts/W2eiiQ_3-SE?feature=share





Catatan:

  • efek yang diperoleh bisa berbeda pada setiap orang
  • artikel ini mengandung parodi










Jumat, April 01, 2022

Sebenarnya berapakah berat yang harus ditarik saat cuci darah?




Pertanyaan yang selalu ada saat sebelum pasien melakukan HD adalah, mau tarik berapa?

Simpang siur jawabannya.

Ada yg menjawab, kalau nggak bengkak berat yang ditarik harus kurang dari yang naik. Misalnya kalau naik 2kg, maka tarik 1 kg aja.

Ada juga yang mengatakan, saya sih biasanya 2,5 kg.

Mana yang benar dari jawaban tersebut?

Untuk menjawab hal tersebut kita sebaiknya mengetahui berapa berat badan kering kita terlebih dahulu. 

Berat badan kering itu adalah berat yang kita rasakan enak dan nyaman selesai HD. Dengan berat badan ini, hampir tidak ada keluhan hingga proses HD berikutnyanya, misalnya bengkak atau ngos-ngosan.  Berat badan kering ini tidak statis tapi umumnya tidak mudah berubah (naik/turun) dengan hanya 1 atau 2 kali HD saja. 

Berat badan kering bisa di-adjust setiap dua hingga tiga bulan sekali.

Sekali kita sudah tahu berat badan kering kita, untuk selanjutnya, seberapa besar tarikan, adalah selisih berat badan terakhir dengan berat badan kering ditambah 300 - 500 mg saja.

Contohnya: berat badan kering kita adalah 53,3 kg. Saat kita timbang sebelum HD adalah 55,2 kg. Maka berat yang perlu ditarik adalah 55,2 - 53,3 = 1,9 ditambah 300 (atau 500mg, tergantung berat ringan kita makan dan minum saat HD) atau 2,2 kg.

Semoga bermanfaat.

Artikel ini dipersembahkan untuk KORAN GINJAL. Cara berlangganan, isi formnya di https://s.id/koranginjal



Sabtu, Maret 19, 2022

Pengalaman nyata dengan obat expired

Saya pernah bekerja di perusahaan Farmasi yang memproduksi obat hormon suntik (sebut saja namanya obat A)

Suatu waktu kami pernah diberitahu ada obat A diperjualbelikan di antara sesama pasien dengan harga yang murah. Kami pun heran, kecuali pedagangnya jual rugi, nggak mungkin obat A bisa diperoleh dengan harga segitu. Kami pun membeli obat A tersebut yang dijual murah. (Catatan: karena saking biasanya pasien2 menyuntik obat A, jadi penjualan obat A di antara pasien sudah dianggap lumrah. Padahal untuk penanganannya sendiri perlu cold chain, tapi sudah nggak ada yang peduli, sedih hiks!!).

Dugaan pertama kami, obat palsu.

Ternyata setelah diselidiki, kemasannya asli, spuitnya asli, semuanya asli. Masih disegel pula saat kami buka. Heran, kenapa bisa ya?

Akhirnya karena penasaran, kami periksa kode produksinya. Nah ketemu. Ini obat expired, tapi telah diubah sedemikian rupa tanggal kadaluarsanya.


Apa risiko belanja obat tidak melalui jalur resminya?

  • bisa memperoleh obat palsu
  • bisa memperoleh obat expired
  • bisa memperoleh obat yg telah rusak karena melalui prosedur penyimpanan yang tidak sesuai

Akibatnya uang yang Anda keluarkan (dengan tujuan menghemat) menjadi malah tidak bermanfaat sama sekali kalau tidak keracunan.

Semoga bermanfaat.


Lalu bagaimana cara memperoleh obat yang baik dan benar, bisa membaca ini: https://www.eriktapan.com/2019/02/jenis-jenis-obat-dan-pola-distribusinya.html


Ini juga kalau tertarik bisa dibaca:

https://www.eriktapan.com/2022/02/hsti-hati-belanja-obat-online-berisiko.html




Tulisan lainnya, bisa dibaca:

  1. Skincare untuk pasien kanker, pertama & satu-satunya di Indonesia, https://www.eriktapan.com/2022/02/4-february-2022-lmelia-memperkenalkan.html
  2. Apa itu Skincare, https://kliniklmelia.com/2022/02/02/apa-itu-skincare/
  3. Tips memilih bingkisan saat menjenguk pasien, https://www.eriktapan.com/2022/02/tips-memilih-bingkisan-saat-menjenguk.html








Rabu, Maret 16, 2022

Klaim online JHT BPJS TK


Pernahkah Anda mengurus klaim di BPJS Ketenagakerjaan? Saya pernah. 

Meskipun sebenarnya tidak ribet, tapi proses menunggunya itu lho, makan waktu berjam-jam.

Tak disangka dan tak dinyana, ternyata klaim ke BPJS TK sekarang sudah bisa dilakukan secara online.

Saat tulisan ini dibuat, saya masih dalam  proses pengurusan, namun yang ingin saya sampaikan bahwa untuk pengurusannya cukup mudah dan bisa dilakukan secara online.

Mudah-mudahan proses realisasinya tidak dipersulit karena semua persyaratan sudah saya masukkan.

Thanks sebelumnya ke BPJS TK yang selalu berusaha melayani klien-kliennya.


PROSEDUR PENGURUSAN JHT BPJS TK:



Perihal prosedur klaim Jaminan Hari Tua (JHT), dapat kami informasikan syarat klaim JHT sebagai berikut:
  1. Sudah tidak aktif bekerja;
  2. Sudah melewati masa tunggu satu bulan sejak kartu nonaktif;
  3. Peserta mencapai usia pensiun 56 tahun;
  4. Peserta mengundurkan diri;
  5. Peserta mengalami pemutusan hubungan kerja;
  6. Kepesertaan 10 tahun (pengambilan sebagian 10%);
  7. Peserta meninggalkan wilayah Republik Indonesia (WNI).
Silakan mengajukan melalui link berikut https://lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id apabila saldo di atas Rp 10.000.000,00,- dan apabila saldo dibawah Rp  10.000.000,00,- silakan untuk klaim melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO). 
Jika membutuhkan informasi lebih lanjut silakan hubungi Contact Center 175 atau email ke care@bpjsketenagakerjaan.go.id.

Prakteknya
Saya pun mengikuti anjuran di atas. Tak lama kemudian, masuk email untuk melakukan wawancara secara ONLINE. Yup benar, saya tak perlu datang lagi ke kantor cabang BPJS TK terdekat. Cukup wawancara online. Begitu isi emailnya. 

Semoga semuanya berjalan dengan lancar.











 


Transplantasi Ginjal BUKAN solusi jeleknya kondisi pasien

Ada keluarga pasien yang mungkin karena sudah frustasi mengurus pasien cuci darah yang sudah komplikasi paru, jantung, lalu memikirkan, alan...